Letak Tanggal Kutipan Akta Nikah

Letak Tanggal Kutipan Akta Nikah
Share

Informasi tentang letak tanggal kutipan akta nikah pada buku nikah yang resmi pencatatannya pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan untuk mengisi formulir maupun keperluan lainnya dalam administrasi kependudukan.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya anda mengetahui apa itu yang dimaksud dengan kutipan akta nikah. Letak tangganya dimana ya? Hayo siapa yang tau?

Jika anda membuka buku nikah sampean yang ada foto berdua. Biasanya dengan background warna biru kemudian ada stempel dari KUA. Pada bagian atas tulisan kecamatan kabupaten ada tulisan yang berbunyi Kutipan Akta Nikah.

Kemudian pada bagian bawahnya adalah terjemahan dalam bahasa Inggris yang berbunyi “excerpt of marriage certificate, Kantor Urusan Agama/Office of Religious Affairs.

Jadi yang dimaksud dengan kutipan akta nikah adalah buku nikah itu sendiri.

Lha akta yang asli yang mana? Akta yang asli yaitu berupa dokumen lembaran berada pada kantor urusan agama.

yaitu KUA Kecamatan tempat anda melangsungkan akad nikah lokasi pencatatan nikah sampean.

Jadi anda Cuma pegang kutipannya saja. aslinya berada di KUA.

Selanjutnya, dimana letak tanggal kutipan akta nikah?

Mari kita bahas bersama-sama.

Letak Tanggal Kutipan Akta Nikah pada Data Suami

letak tanggal kutipan akta nikah berada dibawah nomor akta nikah

Letaknya yaitu berada di halaman dua buku nikah (data suami), berada pada sebelah atas.

Pada halaman ini memuat nomor akta nikah, kemudian juga hari, tanggal bulan serta tahun dalam kalender nasional (masehi) maupun tanggalan Islam yaitu Hijriyah.

Nah itulah letak tanggalnya kutipan pernikahan anda.

Silakan pilih yang tanggalan nasional, karena biasanya pemakaian tanggal untuk dokumen Indonesia bukan kalender Hijriyah namun Syamsiyah.

Singkatnya (seharusnya) hari dan tanggal yang letaknya pada kutipan buku nikah adalah sama dengan waktu pelaksanaan anda. yaitu pada saat ijab kabul yang dihadiri oleh petugas dari Kantor Urusan agama.

Selanjutnya pada bagian mahar atau maskawin ada tanda tangan pejabat (lazimnya Kepala KUA) lengkap dengan tanggal bulan dan tahun.

Dan biasanya sama juga tanggal tanda tangan kepala KUA ini dengan tanggal yang letaknya pada halaman data suami pada dokumen kutipan akta nikah yang kita mengenalnya dengan buku nikah.

Jadi sudah jelas ya, dimana letaknya tanggal kutipan ini, semoga memudahkan dalam mengisi formulir apapun itu pada dusdukcapil maupun instansi lainnya.

Btw informasi ini saya dapatkan dari pegawai yang bekerja pada kantor urusan agama.

Jadi validasi keakuratan informasi tentunya sangat kuat karena bersumber dari petugas atau pegawai yang menangani pernikahan.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.