Njagakake Endhoge si Blorok Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Njagakake Endhoge si Blorok Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Njagakake endhoge si blorok unen unen kasebut tegese yaiku ngarep-arep barang kang durung mesti, kalebu jenise tembung bebasan basa Jawa, klebu purwakanthi guru swara. Artinya adalah mengharapkan telurnya si blorok (jenis ayam jawa), maksudnya atau maknanya adalah menunggu dan berharap sesuatu yang belum jelas juntrungnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam kehidupan ada berbagai macam model manusia dalam menjalani kehidupannya.

Ada yang berusaha keras untuk meraih dan mencapai keinginan pendapatannya. Adapula model yang berharap dan mengandalkan keberuntungan.

Misalnya pada masa dahulu orang yang keranjingan dengan porkas (sejenis per7vdi@n menebak angka) yang mengharap angkanya tembus sehingga bisa mendapatkan uang yang banyak.

Atau ada juga kelompok masyarakat yang berharap jalan depan rumahnya menjadi halus mulus karena janji calon legislatif yang menjanjikan pengaspalan jalan apabila terpilih menjadi anggota dewan.

Jadi dalam ungkapan ini adalah kelompok orang yang berharap-harap terhadap sesuatu yang belum ada kejelasan ataupun kepastiannya.

Tegese njagakake endhoge si blorok yaiku, tuladha ukara

Njagakake asale saka tembung lingga jaga, tegese yaiku ngendelaké utawa mesthèkaké kasaguhaning liyan lsp. Artinya adalah mengandalkan atau memastikan kesanggupannya orang lain atau mengharap kejadian keadaan yang semisalnya.

Endhoge asale saka tembung lingga endhog, tegese yaiku jasad urip kang kabuntel ing kendhangan utawa cangkok bakal dadi kéwan, upama endhog pitik, endhog semut;

Endhog artinya adalah telur, yaitu jasad hidup yang terbungkus cangkang yang menjadi calon hewan, misalnya telur ayam, telur semut dan lain sebagainya.

Si blorok tegese yaiku jenise pitik dudu ras kang corake saemper blirik ananging luwih gedhe lan amba. Artinya si blorok adalah jenis ayam bukan ras yang mempunyai corak seperti blirik dengan pola yang lebih besar atau lebar.

Bagaimana bisa maksudnya adalah mengandalkan atau mengharapkan sesuatu yang belum ada kepastiannya?

Jadi begini, si blorok adalah jenis ayam bukan ras yang mempunyai warna bulu campur-campur. Lazimnya jaman dahulu orang kampung memeliharanya dengan cara melepaskan bebas di lingkungan rumah agar bisa mencari makan sendiri.

Yang jelas, namanya ayam betina, lazimnya pasti dia akan bertelur. Namun waktu kapan dia bertelur kita tidak bisa memastikannya. Karena dia bukanlah jenis ayam ras.

Karena ketidakpastian dia waktu bertelur ini menjadi ibarat bagi orang yang menunggu sesuatu yang tidak jelas.

Gawea tuladha ukara nganggo tembung bebasan unen-unen kang ana ing ndhuwur utawa ngisor iki!

Berikut adalah contoh kalimat atau tuladhane ukarane.

Uwong nek kepengen maju iku aja mung njagakake endhoge si blorok. Artinya adalah “orang jika hendak maju itu jangan hanya mengharapkan sesuatu yang belum jelas kepastiannya”. Maksudnya hendaklah berusaha tanpa menunggu sesuatu yang belum ada kejelasannya. Demikian unen unen bebasan kali ini, maturnuwun sudah mampir dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*