Bapak Pocung Anane ing Tanah Kudus Batangane Lan Tegese

Bapak Pocung Anane ing Tanah Kudus Batangane Lan Tegese

Bapak pocung anane ing tanah kudus Pinter nyimpen toya Mangka tumpakaning jalmi Gigir mbrenjul suku panjang gulu dawa batangane cangkriman tembang iku yaiku onta utawa unta lan tegese beserta artinya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi para pemirsa internet yang budiman.

Kali ini kita akan membahas tentang cangkriman bapak pucung batangane unta utawa onta.

Untuk mengetahui arti dan terjemah dalam kata tebak-tebakan pada lagu berbahasa Jawa ini mari kita mengurai satu persatu yang ada dalam bait kalimatnya.

Anane ing tanah kudus tegese si pucung utawa pocung iku mau ana ing Mekkah, yaiku kutha kang suci kanggo umat Islam, artinya adalah adanya di kota yang suci, maksudnya yaitu Makkah di Arab Saudi.

Pinter nyimpen toya tegese yaiku bisa nyimpen banyu kang akeh, artinya adalah pandai menyimpan air, maksudnya bisa banyak menyimpan air (pada tubuhnya).

Mangka tumpakaning jalmi tegese yaiku dadi tumpakane utawa kendharaane manungsa, menjadi alat berkendara manusia.

Gigir mbrenjul tegese yaiku geger kang mlenthuk, maksute yaiku punuk kang ana gegere kewan iku mau.

Suku panjang tegese yaiku sikil kang dawa artinya adalah kaki panjang, gulu dawa tegese yaiku gulune dawa, ora pendhek, kewan mau nduweni gulu kang dawa. Basa kramane gulu yaiku jangga.

Apa wangsulane cangkriman tembang pocung Bapak Pocung anane ing tanah kudus

Nah dari sini kita mengetahui bahwasanya jawaban dari tebakan kata dari cangkriman sinawung tembang pucung kang kalebu macapat ini yaiku kewan onta utawa unta?

Kenapa? Melihat dari fakta petunjuk yang ada dalam bait kalimatnya yaitu;

Bahwasanya dia berada di kota yang suci yaiku Makkah di Arab Saudi sana. Di negara Arab, sudah semenjak dahulu hewan ini menjadi peliharaan serta berbagai macam fungsi semisal pengangkut, alat transportasi dan lain sebagainya.

Jadi maksudnya kudus di tebakan ini bukanlah nama salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah tempat Djarum super bercokol, namun kudus maksudnya yaitu arti kata untuk suci.

Yang kedua petunjuknya berupa pandai menyimpan air (pinter nyimpen toya). Sekali minum, unta dapat 76 – 113 liter sekaligus atau kisaran 30 galon dalam waktu hanya 13 menit. Suatu jumlah yang sangat besar untuk ukuran hewan meminum air. Setara dengan kapasitas tangki mobil.

Petunjuk ketiga yaitu sebagai kendaraan atau alat transportasi manusia (Mangka tumpakaning jalmi tegese yaiku dadi kendaraane manungsa). Tidak banyak hal untuk penjelasan ini, onta sudah menjadi kendaraan, alat transportasi, dan juga ekspedisi di Negara gurun pasir semenjak dulu kala.

Clue selanjutnya yaitu adanya punyuk di punggungnya (gigir mbrenjul tegese yaiku geger ora rata amarga ana punuke). Tambahan info, punuk ini sangat bermanfaat bagi hewan ini karena menjadi cadangan minuman dan makanan.

Bahkan unta mampu bertahan selama 2 bulan tanpa makan dan minum dengan mengambil cadangan makanan minuman yang ada di punuknya.

Petunjuk yang akhir yaitu gambaran tentang bentuk kaki dan lehernya yang panjang, yang dalam bait lagu berbunyi suku panjang tegese yaiku nduweni sikil kang dawa, suku basa ngokone yaiku sikil.

Menawa gulu basa krama aluse yaiku jangga. Jadi dia berada di kota suci, ahli menyimpan air, menjadi kendaraan manusia, memiliki punuk, leher dan kakinya panjang, dan jawabannya adalah onta.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal wilujeng enjang dan wassalamu’alaikum.

Tegese bausastra Basa Jawa Kata kata sulit dan artinya Indonesia

  • Tanah kudus tegese yaiku kutha kang suci artinya adalah kota suci maksudnya yaitu Makkah.
  • Toya tegese yaiku banyu artinya adalah air.
  • Tumpakaning asale saka tembung lingga tumpak tegese yaiku sarana numpak, artinya adalah alat transportasi.
  • Jalmi tegese yaiku manungsa artinya adalah manusia.
  • Gigir tegese yaiku geger (papan panggonan) artinya adalah punggung.
  • Mbrenjul tegese yaiku ora rata maksute punuk onta kang mbrenjul ana gegere artinya adalah tidak rata, merujuk kepada punuk onta yang menonjol, biasanya ada 2 namun ada pula yang hanya 1 punuk.
  • Suku basa krama alus saka tembung sikil artinya kaki
  • Panjang tegese yaiku dawa, tegese ora pendhek, artinya ya itu tadi, panjaaaaaaannnngggg.
  • Gulu basa krama inggile yaiku jangga artinya adalah leher.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*