Mrojol Saka Selaning Garu Tegese Yaiku

Mrojol Saka Selaning Garu Tegese Yaiku

Mrojol saka selaning garu tegese yaiku wong kang luput saka bebaya, Tiyang ingkang uwal saking bebaya. Artinya adalah orang yang lolos dari marabahaya atau celaka.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi. kali ini kita akan membahas tembung bebasan kang ateges uwong kang bisa ucul utawa luput saka bebaya.

Bagaimana ungkapan ini bisa menggambarkan orang yang bisa lepas dari marabahaya?

Untuk itulah mari kita mencermati setiap kata atau tembung yang ada dalam bebasan ini.

Mrojol asale saka tembung brojol, tegese yaiku metu saka sela-selane kang sempit. Artinya mbrojol adalah keluar dari sela-sela yang sempit, kira kira seperti menyelinap diantara dua hal yang tidak begitu lebar.

Saka selaning tegese yaiku saka sela-selane. Artinya adalah dari sela-selanya, atau diantara sesuatu.

Garu yaiku piranti kanggo nggarap sawah, bentuke kaya jungkat utawa sisir ananging gedhe banget. Biasane ditarik karo kebo utawa sapi utawa nganggo traktor. Ana kang digawe saka pring kayu, ana uga kang saka wesi.

Garu merupakan alat pertanian yang bentuknya seperti sisir namun sangat besar, gunanya untuk memecah dan meratakan tanah. Ada yang berasal dari bahan kayu ataupun bambu, adapula yang menggunakan besi untuk pembuatan garu.

Tuladha Ukara Mrojol Saka Selaning Garu

Ada yang menyebut unen unen ini masuk kategori jenis paribasan jenise bebasan. namun lebih menukik lagi sebenarnya lebih pas kalau merupakan jenis bebasan. meskipun bebasan itu merupakan bagian dari tembung paribasan.

Berikut ini adalah contoh kalimat atau tuladhane ukarane nganggo unen-unen tembung bebasan kang nduweni teges wong kang bisa luput lan ucul saka bebaya.

Asti Setyorini telaten banget anggone ngudhari masalah saengga dheweke bisa mrojol saka sela-selaning garu. Artinya adalah si Asti sangat telaten dalam memetakan masalah sehingga dapat berkelit dari marabahaya.

Dalam kondisi sekarang, misalnya ada orang yang sedang menghadapi permasalahan dan sampai ke pengadilan. Namun karena dia memiliki bukti yang kuat sehingga dapat bebas dari segala tuduhan.

Contoh lain yaitu selamat dari kecelakaan yang hebat. Misalnya lakalantas, ataupun bencana alam. Kejadian selamatnya seseorang dari marabahaya ini dalam khazanah Bahasa Jawa ibaratnya seperti bisa melewati diantara sela-sela alat untuk menggaru sawah atau tanah. Demikian informasi kali ini, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*