Kembang Turu, Kembang Gula, Kembang Ati, Kembang Kirim Artine

Kembang Turu, Kembang Gula, Kembang Ati, Kembang Kirim Artine

Artine Kembang Turu, Kembang Gula, Kembang Ati, Kembang Kirim materi pelajaran basa Osing Banyuwangi bagi siswa siswi anak didik Sekolah Dasar (SD) maupun sederajat.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, ada banyak arti atau maksud tentang kembang, misalnya kembang – kempis, dan lain sebagainya.

Namun dalam hal ini maksudnya kembang adalah bunga, yang selanjutnya menjadi kata kiasan atau pemisalan untuk ungkapan dalam Basa Osing atau Using.

Mari kita mengetahui arti setiap kata dalam ungkapan ini.

Kembang turu artine

Kembang turu artine impen. Artinya bunga tidur adalah mimpi.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, mimpi adalah sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur.

Karena sifatnya yang unik, mimpi menjadi sebuah teka teki yang bunyinya yaitu “Siapakah aku, aku Hanya Bisa Dilihat Ketika Mata Ditutup?

Bagaimana mimpi bisa terjadi? Mimpi menjadi salah satu kegiatan mental yang secara alamiah terjadi karena saat tidur otak masih bekerja.

Orang bisa bermimpi yaitu pada saat dia banyak menerima hal baru.

Kembang gula artine

Kembang gula artine permen utawa gulali. Bunganya gula adalah gulali ataupun permen.

Apa itu gulali? Yaitu panganan atau kudapan yang dibuat dari air gula yang sangat kental.

Ada yang menggunakannya untuk tts atau tebak tebakan teka teki yang berbunyi Permen gunung cinta, jawabannya yaitu permen Alpenliebe.

Gawea ukara nganggo tembung kembang gula! Aku tuku kembang gula rikala nyang sekaten. artinya adalah “Saya membeli permen pada saat ke sekaten”.

Kembang Ati Artine

Kembang Ati artine barang hang istimewa. Bunganya hati artinya adalah sesuatu atau hal yang istimewa. Suatu hal istimewa biasanya adalah kesayangan, dambaan jiwa, cinta yang menderu-deru dan lain sebagainya.

Ungkapan ini merujuk kepada tambatan hati atau perasaan dalam hati yang menempatkannya pada posisi yang istimewa.

Contoh misalnya, sliramu dadi kembang atiku. Artinya yaitu kamu menjadi bunga hatiku. Ungkapan ini menggambarkan kedudukan istimewa personal dalam hati seseorang.

Kembang kirim artine

Kembang kirim artine kembang kanggo nyekar. Yaitu bunga untuk menyekar makam saat ziarah ke kuburan.

Biasanya orang nyekar dengan menggunakan kembang mawar ataupun melati.

Istilah nyekar sendiri bisa memiliki makna mengunjungi makam (ziarah) ke kuburan.

Jadi nyekar ini secara harfiah berasal dari kata sekar yang artinya bunga. Nyekar artinya adalah memberikan bunga (menaburkan kembang diatas kuburan pertanda ziarah).

Demikianlah informasi tentang artine Kembang Turu, Kembang Gula, Kembang Ati, Kembang Kirim lengkap dengan penjelasan sekedarnya dalam Bahasa Osing. Wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*