Batangane Cangkriman Tulus Kerda Tegese Bedhekane

cangkriman tulus kerda
Share

Batangane Cangkriman Tulus Kerda Tegese Bedhekane yaiku watu alas di sengker walanda, kalebu jenise cangkriman kang awujud apa? Mangga disimak jawabannya sebagai berikut ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng dalu semuanya utamanya para peminat budaya jawa maupun siswa siswi pada Madrasah Tsanawiyah maupun anak didik murid sekolah menengah pertama (SMP).

Kali ini kita akan membahas salah satu teka teki bahasa Jawa yang bunyinya yaitu tulus kerda, ternyata jawabannya (bedhekane utawa batangane yaiku) adalah watu alas disengker walanda.

Apaan sih artinya?

Kalau watu alas mungkin sampean paham, untuk walanda mungkin orang tua atau kakak paham maksudnya.

Namun untuk kata disengker belum tentu semuanya mengetahui apa maksudnya.

Baiklah, tanpa basa basi arti watu alas yaitu watu sing ana ngalas. Watu artinya dalam bahasa Indonesia batu, sedangkan alas adalah hutan, maka artinya watu alas yaitu batu hutan, maksudnya adalah batu yang berada atau berasal dari hutan.

Kalau disengker apa tegese?

Kemarin saya membolak balik internet, akhirnya ketemu juga makna disengker ini, yaitu dilarang keluar, dipingit, diamankan. Intinya diawasi tidak boleh kemana mana.

Walanda adalah sebutan orang jawa untuk bangsa (penjajah) Belanda.

Anda tentunya ingat dulu motivasi penjajah menguasai bumi pertiwi dengan semboyan Gold Glory Gospel atau apalah dibolak balik kata tersebut urutannya saya kurang hafal.

Ada dalam pelajaran sejarah, jika sejati cinta Indonesia tentu anda paham maksud dalam gold glory and gospel ini.

Tulus Kerda Klebu Jenise Cangkriman Wancahan

Ukara tembung unen unen iki yaiku tulus kerda klebu jinise cangkriman apa? Jawabane yaiku klebu jenise cangkriman kang wujud utawa awujud wancahan, utawa bisa diarani cangkriman cekakan.

Tebak tebakan kata bahasa Jawa yang sedang anda baca ini masuk dalam kategori teka teki singkatan (dalam bahasa jawa disebut wancahan atau cekakan).

Yaitu tebakan atau cangkriman yang merupakan singkatan (wancahan) kata dalam jawabannya sehingga menjadi untaian kata.

Ini dia penjelasan singkatannya.

Tulus saka tembung wancah tu yaiku watu lan lus cekakan saka alas. Kata tulus berasal dari singkatan tu (watu yang artinya batu) dan lus (yaitu alas yang artinya hutan, saya agak bingung kenapa tulus, bukan tulas, wah jadi ingat sang mantan, si Tulas …. hihiii).

Sedangkan kata kerda yaiku gabungan saka tembung ker wancahan seka tembung disengker lan da yaiku cekakan ukara walanda.

Adapun kata kerjda merupakan gabungan dari kata ker yang merupakan singkatan dari kata disengker (diawasi/dipingit/tidak boleh keluar) dan da adalah comotan kata dari walanda (belanda).

Makanya tulus kerda klebu jenise cangkriman wancahan amarga kasusun saka wancahane tembung sing dadi batangane utawa bedhekane.

Demikian informasi malam ini untuk melengkapi koleksi jawaban cangkriman bahasa Jawa untuk kelas 1 atau 7 SMP MTs.

Akhirnya selamat malam, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *