Ucapan Bela Sungkawa Menggunakan Bahasa Arab (Duka Cita)

pengumuman berita duka obituary
Share

Ucapan bela sungkawa menggunakan bahasa Arab bisa copy paste berdasarkan kopas dari duka cita pada saat Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi meninggal dunia. Yang ucapannya ditulis atau disampaikan oleh salah satu Dosen UIN Sunan Kalijaga dan alumni dari Universitas Al Azhar Kairo Mesir.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu. inna lillahi wa inna ilaihi roojiun, Telah Meninggal Dunia Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi, insya Allah Husnul Khatimah dimasukkan Jannatun Na’im tanpa hisab, Aamiin

begitulah ungkapan dukacita salah seorang Doktor yang menjadi pengajar pada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kalau melihat gambar dan tulisannya, ucapan ini adalah forward dari grup sebelah.

Kemudian ucapan bela sungkawa dalam Bahasa Arab yang berbunyi sebagaimana dalam doa salat jenazah sebagai ungkapan duka cita berbahasa Arab.

Berikut ucapannya.

إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُوْلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ، اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ وَاجْعَلِ الْجَنَّةَ مَأْوَاهُ، آمِـيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ، له الفاتحة…..

Ucapan duka cita Menggunakan Bahasa Arab (Bela Sungkawa)

Kemudian alumni dari Universitas al Azhar Cairo Mesir dan juga menjadi mudir pada salah satu pesantren di Tengaran Kabupaten Semarang menimpali di bawahnya dengan tulisan arab yang mendoakan semoga beliau mendapatkan keluasan rahmat Allah Subhaanahu Wa Ta’aala.

Juga memohonkan ampunan atas semua dosa dan kesalahan beliau. Mendapatkan posisi surga yang tinggi berada bersama para nabi, syuhada dan shalihin.

Adapun ucapannya dalam Bahasa Arab beserta arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ini.

تغمد الله شيخنا و إمامنا القرضاوي بواسع رحمته و غفر له ذنوبه و أسكنه فسيح جناته مع النبيين والشهداء والصالحين
و إنا لله و إنا إليه راجعون

Semoga Allah SWT meliputi Syaikh Dr Yusuf Qardhawi dg keluasan rahmat-Nya. Allah ampuni dosa-dosanya, dan tempatkan beliau di surga-Nya bersama para nabi, para syuhada dan para salihin.

Demikianlah contoh ucapan duka cita dalam Bahasa Arab ada yang berharakat. Adapula dalam tulisan arab gundul yang lengkap dengan artinya terjemah Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *