Angon Ulat Ngumbar Tangan Tegese Paribasan

cangkriman linggok sunder
Share

Angon Ulat Ngumbar Tangan Tegese Paribasan Basa Jawa yaiku ngulatake utawa maca kahanan yen wis limpe utawa lena banjur dicolong, utawa tegese bebasan iki yaiku ngulat ulati limpenane wong sing tujuane arep njupuk barang kang dilimpekake mau. Kalebu jenise paribasan bebasan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng sonten para pandyawara utawi pamaos internet. Kali ini kita akan membahas tentang pepatah alias paribasan atau bebasan yang maksudnya seseorang yang mencari terlenanya atau lengahnya orang lain untuk mencuri barang ang di incar.

Apabila kita artikan paragraf pertama diatas maka terjemah artinya dalam bahasa Indonesia adalah menggembalakan penglihatan (memperhatikan dengan seksama) mengumbar tangan artinya adalah mempehatikan situasi keadaan, apabila sedang lengah selanjutnya diembat alias di curi.

Dengan kata lain menyimak situasi dengan seksama telenanya atau lengahnya seseorang dengan tujuan untuk mengambil barang yang di incarnya.

Jadi, dalam hal ini merupakan peribahasa yang memberikan sifat dan sikap seorang pencuri yang nyolowadi atau misterius dalam artian negatif yang memperhatikan keadaan sekitar, disaat orang orang lengah dan aman untuk mengambil barangnya tersebut.

Arti Angon Ulat Ngumbar Tangan

Mari kita artikan satu persatu perkata pada kalimat ini, tegese tembung ana ing ukara paribasan iki.

  • Angon tegese yaiku ngengon, dalam bahasa Indonesia menggembalakan.
  • Ulat artinya bukan hewan yang menjadi kupu kupu, namun asal kata dari ngulati, yang maknanya memperhatikan, melihat
  • Ngumbar artinya adalah membiarkan, membebaskan
  • Tangan, alat tubuh manusia yang untuk memegang, mengambil dan lain sebagainya.

Maka angon ulat artinya adalah menggembalakan pengelihatan, maksudnya yaitu dengan sengaja memperhatikan situasi sekitar, mengamati keadaan.

Ngumbar tangan tegese atau artinya adalah membiarkan tangan, membebaskannya, tidak mencegah dari apapun yang dia perbuat.

Maka artinya secara ringkas yaitu memperhatikan keadaan dan disaat orang lengah dia mencuri.

Begitulah makna paribasan ini.

Tulisan aksara Jawa Angon Ulat Ngumbar Tangan

Gawea utawa tulisen nganggo aksara Jawa ukara tembung bebasan paribasan kang unine Angon ulat ngumbar tangan.

Bagaimanakah tulisannya dalam huruf aksara Jawa paribasan di maksud ing ngisor utawa ndhuwur kuwi mau?

Berikut adalah tulisannya dalam huruf aksara Jawa.

Demikianlah informasi mengenai paribasan bebasan sing ukarane yaiku angon ulat ungumbar tangan tegese lan tulisane aksara Jawa. Wilujeng sonten, selamat belajar salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.