Arti kata Sengkuni dalam bahasa gaul (Leda lede)

Arti kata Sengkuni dalam bahasa gaul (Leda lede)

Arti kata Sengkuni dalam bahasa gaul adalah menunjukkan kepada orang yang memiliki sifat iri hati dengki culas suka mengadu domba, memiliki taktik dan cara licik serta menghalalkan segala cara guna meraih tujuannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum, jadi apabila ada yang bertanya Sengkuni itu apa sih? Maka jawabannya yaitu tokoh wayang yang menjadi tokoh paling jahat alias antagonis yang cerdas namun sangat licik yang berada di pihak kurawa dengan kedudukan sebagai patih di kerajaan Hastina atau Hastinapura.

Apakah Sengkuni termasuk Kurawa?

Bergantung bagaimana maksud dari pertanyaan ini. Apabila menyangkut apakah dia masuk dalam saudara kurawa yang berjumlah 100 maka jawabannya adalah bukan.

Karena dia merupakan saudara dari ibu Kurawa yaitu Dewi Gendari yang bersuamikan Prabu Dretarastra yang buta.

Namun jika maksudnya adalah apakah Sengkuni masuk dalam pihak kurawa pada saat perseteruannya dengan Pandhawa lima maka jawabannya adalah iya.

Siapa lawan Sengkuni? Dalam kisah fiksi wayang, yang menjadi musuh dari patih Sengkuni adalah para Pandawa lima, yaitu anak keturunan dari Pandu yang dahulu kala Raja Pandu merupakan raja di Hastinapura.

Adapun kelima pandawa ini adalah Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Sengkuni anaknya siapa?

Jika merujuk kepada kisah Mahbharata India, Sakuni atau Sengkuni merupakan anak dari Subala dengan Sudarma. Adapun dalam pewayangan Jawa nama ayahnya yaitu Suwala.

Prabu Suwala merupakan raja di Kerajaan di Plasajenar.

Jadi sebenarnya Sengkuni merupakan seorang pangeran yang merupakan anak dari Raja di Plasajenar.

Dia mendapatkan nama sengkuni setelah usia dewasa, adapun pada saat kecil Ayahnya memberi nama Trigantalpati, dan nama lainnya yaitu Harya Syuman.

Sebagai seorang pangeran dan keturunan darah biru, Trigantalpati atau Harya Syuman memiliki wajah yang tampan serta postur tubuh yang baik.

Namun kemudian wajah itu menjadi buruk dan tubuhnya menjadi rusak karena lisannya sendiri yang kemudian hari berubahlah namanya menjadi sengkuni.

Alasan Arti kata Sengkuni dalam bahasa gaul merujuk kepada tokoh Jahat

nama lain sengkuni

Adapun kemudian mendapatkan nama Sengkuni yang dalam Bahasa Jawa merupakan saka uni, maksudnya yaitu rusak dan cacat tubuh serta wajahnya karena akibat dari omongannya (yang memfitnah patih Gandamana).

Yaitu dengan memfitnahnya dengan mengabarkan kejadian yang tidak benar serta memasukkan patih gandamana kedalam luweng (sumur) agar dia mati.

Namun karena kehebatan patih gandamana bisa keluar dari sumur ini dan mendatangi patih sengkuni serta menghajarnya sehingga wajahnya menjadi buruk dan tubuhnya menjadi rusak. Begitulah asal usul nama sengkuni dalam versi wayang Jawa.

Banyak kejadian yang menceritakan bagaimana tipu muslihat sengkuni untuk membinasakan keluarga pandawa. Misalnya dengan membakar mereka pada bangunan yang sudah dia siapkan sebagaimana dalam kisah bale sigala gala.

Kemudian juga tipu muslihatnya dalam merebut kerajaan Indraprastha dengan raja Yudhistira. Yaitu dengan memakai permainan dadu yang menyebabkan pandawa harus diusir dari Kerajaan dan melakukan penyamaran selama 12 tahun.

Taktik muslihat jahat patih sengkuni dalam merebut kerajaan Indraprastha atau Ngamarta ini bisa anda cari pada cerita wayang berjudul pandawa dadu.

Jadi singkatnya Arti kata Sengkuni dalam bahasa gaul adalah sebutan untuk orang yang iri hati dan jahat serta mengeluarkan keburukan isi hatinya ini dengan perbuatan berupa mengadu domba, fitnah, dan menghalalkan segala cara untuk meraih keinginannya.

Arti Sengkuni Leda lede

bagaimana dengan arti Sengkuni leda lede dalam lagu bahasa Jawa?

Memiliki makna orang yang jahat dan culas serta tidak memiliki pendirian serta tidak bisa anda pegang apa yang dia omongkan, dalam bekerja juga tidak beres.

Jadi arti leda lede mendekati makna plin plan namun lebih parah.

Yaitu jika berkata susah untuk bisa kita percaya dan apabila bekerja melakukan pekerjaan tidak serius sepenuh hati, kira kira seperti itu arti leda-lede makna dari basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia.

singkatnya dalam perkataan, perbuatan, janji, menjaga amanah nyaris semuanya tidak ada yang beres.

sampai saat ini saya belum menemukan satu atau dua kata yang tepat untuk menerjemahkan leda lede kedalam bahasa Indonesia secara harfiah.

Mungkin anda sudah menemukannya?

Demikian sekilas sekedar berbagi tafsiran mengenai bahasa gaul. Semoga bisa memberikan gambaran sekilas mengenai Sangkuni sebagai puncaknya tokoh antagonis dalam dunia wayang mahabharata. Wassalamu’alaikum.

One thought on “Arti kata Sengkuni dalam bahasa gaul (Leda lede)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top