Jadwal Entry Data EMIS Madrasah PD Pontren 2023

Jadwal Entry Data EMIS Madrasah PD Pontren 2023

Jadwal Emis entry data tahun ajaran 2022/2023 PD Ponten dan Madrasah
Pontren.com informasi jadwal entry EMIS Madrasah TPQ Madin Pondok Pesantren tahun ajaran 2022-2023 berdasarkan surat pengantar pemutakhiran data emis semester ganjil tahun pelajaran saat ini.

Baca;
Browser yang disarankan Team EMIS Jakarta untuk entry data emis
Ngaku NKRI dan cinta tanah air tapi tidak entry data emis, apa kata dunia?
10 Nilai Terbaik UN Madrasah Aliyah Keagamaan Provinsi Jawa Tengah

Lembaga yang wajib melakukan pemutakhiran Data EMIS

Adapun pemutakhiran data EMIS diberlakukan bagi seluruh entitas data dibawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang Meliputi;

EMIS Madrasah

Terdiri dari RA, MI, MTs, MA dan Pengawas Madrasah berada dibawah koordinasi Bidan Madrasah/Pendidikan Islam (Pendis) pada tngkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Seksi Pendidikan Madrasah/Pendis di Kemenag Kabupaten Atau Kota sesuai dengan tipologi masing masing Kanwil dan Kankemenag.

EMIS PD Pontren

Terdiri dari data Pondok Pesantren (Pontren), Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ), Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Program Wajardikdas (PPS Wajar Dikdas), Pendidikan Diniyah Formal (PDF), dan satuan pendidikan Muadalah (SPM) berada dibawah koordinasi Bidang PD Pontren/Pakis/Pendis baik Kanwil maupun Kemenag sesuai dengan tipologi masing-masing.

ilustrasi operator emis Pondok Pesantren

Sebagai catatan bahwasanya EMIS PD Pontren tidak melakukan pendataan program Paket A, B maupun C yang dikelola PKBM dibawah naungan Pondok Pesantren.

Pendataan Penyelenggara program paket ini melalui DAPODIK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

EMIS PAI (Pendidikan Agama Islam)

Terdiri dari Guru PAI, Pengawas PAI dan Penyelenggara PAI di sekolah berada di bawah koordinasi Bidang PAI/PAKIS/Pendis pada Kanwil atau Kemenag Kabupaten menyesuaikan tipologinya.

Adapun untuk mengakses pendataan EMIS secara online dapat mengunjungi halaman situs sebagaimana dibawah ini;

Untuk data Satuan Pendidikan Pesantren, PKPPS, SPM, PDF, MDT dan LPQ melalui laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pdpontren.

Untuk data Satuan Pendidikan Mahad Aly melalui laman http://emispendis.kemenag.go.id/mahadaly.

Untuk data Guru PAI, Pengawas PAI, Satuan Pendidikan Sekolah melalui laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai.

Sanksi terhadap lembaga dan personal yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS

ini adalah surat pada tahun-tahun sebelumnya yang memuat sanksi bagi mereka yang wajib entry data namun tidak melakukannya. untuk tahun ini ada sanksinya atau tidak yang jelas dalam surat edaran tidak menyebutkan konsekwensi yang tidak entry data.

Bagi satuan pendidikan RA, MI, MTs, MA, Pontren, MDT, LPQ, PPS Wajar dikdas, PDF dan SPM serta person Guru PAI, Pengawas PAI dan Pengawas Madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran Data EMIS tidak berhak untuk mendapatkan layanan dalam bentuk apapun dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Jadwal Entry Data EMIS 2023

dalam suratnya menyampaikan bahwa

Dengan hormat disampaikan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Agama Republik Indonesia akan melaksanakan kegiatan pemutakhiran data EMIS PD-Pontren dan PAI Tahun
Pelajaran 2022/2023.

Dengan ini kami mohon kepada seluruh Satuan Pendidikan Pesantren, Guru PAI, dan Pengawas PAI serta satuan pendidikan (Sekolah/SLB) untuk segera melakukan pemutahiran data melalui laman web tautan yang sudah anda ketahui.

Pemutakhiran data sebagaimana dimaksud dalam tahun akademik 2022/2023 akan berlangsung selama 2 periode, yakni periode Semester Ganjil yang akan dimulai pada tanggal 18 Juli 2022 dan akan dipublikasikan berdasarkan data transaksi terakhir tanggal 30 Desember 2022.

Adapun pada periode Semester Genap yang akan dimulai pada tanggal 6 Januari 2023 dan akan dipublikasikan berdasarkan data transaksi terakhir tanggal 30 Mei 2023.

Entry data ini akan menjadi salah satu dasar pengambilan kebijakan bagi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Selain itu, hasil pendataan ini juga akan dipergunakan oleh para pemangku kebijakan pendidikan di Indonesia, dalam rangka layanan integrasi data terhadap layanan-layanan sistem berdasarkan permintaan cut-off data dari masing-masing pemangku kebijakan pendidikan.

untuk melihat seperti apa surat edaran ini bisa anda baca pada tampilan preloved sebagai berikut;

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

4 Comments on “Jadwal Entry Data EMIS Madrasah PD Pontren 2023

  1. kalau semester ganjil tidak mengisi data emis pontren..apakah bisa mengisi emis semestr genapnya

  2. Maaf kenapa saya input data itu gagal terus ya,
    Mau mengerjakannya malam ataupun siang tetap tidak bisa terinput..

    Mohon arahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*