Tegese Adus Kringet, Tuladha Ukara Contoh Kalimat

adus kringet

Tegese adus Kringet yaiku nyambut gawe abot banget utawa tandhang gawe kang abot, kalebu jenise tembung entar, Tuladha Ukara Contoh Kalimat (Tembung Entar) beserta arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi para siswa pada sekolah dasar.

Kali ini kita akan membahas mengenai arti Adus Kringet yang artinya adalah mandi keringat, maksudnya yaitu bekerja atau melakukan pekerjaan yang sangat berat. Masuk dalam kategori jenis tembung entar dalam basa Jawa.

Secara singkat, tembung entar yaiku Tembung kang tegese ngemu surasa entar, ora salugune. Artinya kata yang artinya memiliki atau mengandung arti pemisalan, tidak apa adanya.

Dalam bahasa Indonesia kita mengenal dengan istilah mandi keringat, atau memeras keringat, namun karena berkaitan dengan pekerjaan maka padanan ungkapan dalam Bahasa Indonesia lebih cocok kepada memeras keringat (versi saya).

Dalam Bahasa Jawa, tegese adus yaiku ngrêsiki awak sarana digêbyur (nyilêm lsp) ing banyu. Artinya mandi adalah membersihkan diri dengan cara mengguyur, menyelam dan lain sebagainya dengan air.

Adapun kringet tegese yaiku banyu mêtu saka ing kulit (ing awak), basa krama inggile yaiku riwe. Keringat adalah air yang kelura dari kulit, bahasa halusnya yaitu riwe.

Jadi arti harfiah atau salugu adus kringet adalah bermandikan dengan air yang keluar dari kulit ke sekujur badan. Maksudnya yaitu karena saking beratnya pekerjaan sehingga keluar banyak keringat yang membasahi sekujur tubuh.

Contoh Tuladha ukara adus kringet (Tembung entar Basa Jawa)

Semisal ada perintah dalam Bahasa Jawa gawea ukara tembung entar sing tegese yaiku nyambut gawe abot banget! Buatlah contoh kalimat menggunakan kalimat tembung entar yang maksudnya adalah bekerja dengan sangat keras atau berat sekali!

Untuk membuat contohnya kalimatnya atau ukarane tuladhane buatlah yang mudah dan sederhana saja. untuk memudahkan dalam memilih kata atau tembung.

Berikut contohnya.

Budi bocah sregep banget, anggone makaryo nganti adus kringet, artinya budi adalah anak yang sangat rajin, dalam bekerja hingga bermandikan keringat.

Anggone blandhong ngusungi kayu nganti adus kringet, artinya dalam membawa atau mengangkat kayu blandong (tukang negor kayu ing ngalas / orang yang pekerjaannya menegor kayiu di hutan) sampai-sampai bermandikan keringat.

Demikianlah informasi tegese tembung entar artine atau artinya dalam Bahasa Jawa lengkap dengan tuladha tuladhane contoh contone kalimat ukara ukarane beserta arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *