Emboke Dielus-Elus Anake Diidak-Idak Batangane Cangkriman

cangkriman batangane andha
Share

Yen ana cangkriman sing ukarane Emboke Dielus-Elus Anake Diidak-Idak iku Batangane bedhekane utawa jawabane yaiku andha, ana sik nulis ondo, sak karepmu lah endi sik bener, sing penting tegese kang bener kuwi mau.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, kali ini kita akan membahas mengenai teka teki bahasa Jawa tebak tebakan kata berkenaan dengan situasi anak dan ibunya.

Dalam tebakan ini menyebutkan bahwasanya emboke tegese yaiku ibune yang dalam bahasa Indonesia dalam kondisi dielus-elus,

Namun anaknya yang dalam bahasa Jawa yaitu anake malah di idak idak yang artinya yaitu di injak-injak.

Apa jawabannya dari teka teki kang kalebu jinise contoh cangkriman irib iriban utawa pepindhan iki?

Cangkriman pepindhan utawa irib-iriban yaiku unen unen bedhekan sing ngemu kaya, memper, lan sak piturute. Artinya adalah suatu tebakan kata yang mengandung arti semisal, seperti, mirip, dan seterusnya.

Batangane sing bener yaiku andha, ondo, dalam bahasa Indonesia adalah tangga, yaitu suatu alat untuk memanjat atau menuju ke tempat yang tinggi.

Arti tegese Batangane cangkriman Emboke Dielus-Elus Anake Diidak-Idak

Mboke Dielus-Elus Anake Diidak-Idak merupakan gambaran orang yang menaiki tangga untuk memanjat atau naik ke tempat yang lebih tinggi, misalnya saat memanjat pohon kelapa, mengecat dinding tembok rumah maupun atap dan lain sebagainya.

Jadi gambaran anake dalam cangkriman ini adalah anak tangga yang jumlahnya banyak dan letaknya melintang, menghubungkan dua buah kayu atau besi maupun bahan lainnya sehingga bisa menyangganya.

Pada saat sekarang, bahan untuk tangga banyak yang terbuat dari aluminium dan bisa di ringkas ataupun dilipat sehingga praktis dibawa kemana mana.

Adapun sebutan emboke adalah dua bilah kayu bambu atau besi yang mana menjadi pegangan orang memanjat.

Dalam memanjat ini tentunya orang akan berpegangan pada kedua sisi tangga yang dalam cangkriman atau tebak tebakan bahasa Jawa merupakan gambaran dari emboke alias ibu dari tangga tersebut.

Demikian informasi mengenai ukara tembung unen unen cangkriman mboke dielus-elus anake diidak-idak bedhekane batangane yaiku andha. Selamat malam, wilujeng dalu, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *