Surat Keterangan BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) mampu lulus

Share

Download contoh surat keterangan mampu atau lulus BTQ baca tulis al-Qur’an yang artinya bisa membaca dan menulis huruf hijaiyah arab mengacu kepada hasil ujian tes pada lembaga baik Sekolah, TPQ, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren, Kampus Perguruan Tinggi.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, pada beberapa lembaga pendidikan Islam, ada syarat untuk lulus atau mendapatkan ijazah kelulusan selesai dalam menempuh pembelajaran.

Misalnya karya tulis, membuat prakarya, melakukan kegiatan maupun tes ujian untuk membaca dan menulis huruf arab (BTQ/Baca Tulis Al-Qur’an).

Bisa juga surat keterangan ini untuk mendaftarkan pada sekolah pendidikan maupun kampus universitas perguruan tinggi. Dalam suratnya mmeberitahukan bahwa siswa fasih dalam membaca dan menulis.

Kalau membaca sih saya yakin banyak yang bisa. Namun perihal menulisnya, apakah metode ukuran “bisa” dengan mencontoh tulisan yang sudah ada (nurun – red jawa), atau dengan model imla’.

Nah ini yang saya sendiri kurang paham. Tentunya dalam memberikan keterangan ini sudah ada ukurannya sendiri sendiri.

Tanpa basa basi, berikut teks tulisan surat keterangan lulus mampu dalam BTQ sebagai acuan dan pertimbangan anda membuatnya

Teks surat keterangan lulus bisa baca tulis al-Qur’an BTQ

Berikut ini sebagai contohnya kami mencontohkan keterangan dari pimpinan pondok pesantren yang menyatakan santrinya bisa baca tulis al-Qur’an berdasarkan ujian atau tes internal pesantren.

Pada kalimatnya intinya sebagai pimpinan ponpes, pak Kiai memberikan informasi bahwa data santri yang ada dalam surat telah lulus ujian dalam membaca dan menulis serta dinyatakan bisa melakukannya.

surat keterangan BTQ

Ini dia contohnya.

SURAT KETERANGAN
MAMPU BACA TULIS AL QUR’AN
No : 037/PPDM/XI/2021

Yang bertanda tangan dibawah Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Mubtadi-ien Jomblang Kaliwuluh Kebakkramat Kabupaten Karanganyar bahwa :

Nama : Hajuan Flicka A.
Tempat, Tanggal Lahir : Karanganyar, 14 Agustus 2013
Alamat : Pokoh Baru Rt 05 Rw 06 Desa Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar

Tercatat sebagai santri pada Pondok Pesantren Daarul Mubtadi-ien, dan berdasarkan hasil test, santri yang bersangkutan Mampu Baca Tulis Al Qur’an dengan baik dan benar.
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kebakkramat, 14 Agustus 2022
Pimpinan

K.H. Sutarno Asy’ari

Sebagai catatan, silakan sampean ubah kop jenis lembaga sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, seperti misalnya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ atau TPA), Madrasah Diniyah Takmiliyah, Sekolah Islam, Kampus dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan pejabat yang tanda tangan, apakah Kepala TPQ, Pimpinan Pesantren, Rektor Kampus Universitas, Direktur Madin dan lain sebagainya.

Download contoh format doc

Setelah membaca teks diatas, berikut ini adalah penampakan file dalam google drive yang bisa sampean lihat tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Berikut penampakannya

Kami membuatnya dalam format doc ms word dengan tujuan memudahkan bagi yang menginginkan file ini untuk melakukan edit dalam program microsoft office.

Selain itu ukuran size kertasnya adalah A4.

Alasannya saat ini banyak dokumen yang pengirimannya via digital upload kepada situs tertentu.

Jika hendak mengunduhnya, kami siapkan tautannya.

Download contoh surat keterangan Lulus BTQ

Semoga memudahkan para pengelola lembaga pendidikan Islam dalam membuatkan surat keterangan baca tulis al-Qur’an.

Baik sebagai syarat melanjutkan pendidikan pada SD SMP SMA maupun MI MTs MA swasta maupun negeri.

Atau bahkan untuk para mahasiswa mahasiswi perguruan tinggi pada universitas.

Sebagai syarat untuk menempuh ujian munaqosyah pendadaran kelulusan strata 1 2 maupun 3.

Akhirnya, salam kenal, wilujeng siang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullah.


Share

Ibnu Singorejo

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *