Jadwal Asesmen TPQ Ujian Semester tahun 2023/2024

ujian mid semester tpq

Informasi jadwal pelaksanaan asesmen pada TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) ujian semseter beserta lembaga sejenis semisal TKQ TQA RTQ dan lain sebagainya mengacu kepada juknis dari Kemenag.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi. Apa itu asesmen atau assessment pada Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPQ?

Untuk jawaban sederhananya asesmen TPQ yaitu ujian dan lebih tepatnya lagi ujian semesteran bagi santri TPQ setelah menyelesaikan pembelajaran dalam satu semester. Baik itu ganjil ataupun genap.

Namun lebih detil apa maksud dari assessment pada Lembaga LPQ khususnya TPQ anda bisa lihat dalam penjelasan dari Kemenag dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4439 Tahun 2023 Tentang Kalender Pendidikan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Tahun Pelajaran 2023/2024.

Keberadaan ini bisa menjadi acuan anda dalam merencanakan kegiatan pelaksanaan ujian semester bagi santri TPQ alias jadwal asesmen Taman Pendidikan Al-Qur’an yang semestinya berlaku secara nasional.

Jadi dalam hal ini, dari Dirjen Pendis menjelaskan bahwa Kaldik adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

Sedangkan menurut Kemenag, Asesmen/Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik.

Jadwal Asesmen TPQ Ujian Semester tahun 2023

ujian-TPQ

Kapan penjadwalan ujian semester baik ganjil maupun genap dalam rangka Assessment para santri baik putra maupun putri yang menjadi anak didik pada LPQ, TKQ, TQA, Rumah Tahfidz dan lembaga dengan rumpun yang sejenis?

Mengacu kepada Kaldik TPQ dari Kemenag bahwasanya jadwal ujian pelaksanaan asesmen adalah sebagai berikut;

  • Ujian semester Ganjil = 27 Nov – 09 Des 2023
  • Ujian Semester Genap = 27 Mei – 8 Juni 2024

Dalam istilah kaldik dari Kemenag, ujian ini mempunyai istilah yang sangat erat dengan assesment.

Adapun istilah untuk ujian semester ganjil yaitu Asesmen Sumatif Akhir Semester Ganjil. Sedangkan untuk yang semseter 2 atau genap mempunyai sebutan Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap.

Rentang waktu masa ujian ini lumayan lama. Yaitu 13 hari alias 2 minggu. Namun karena banyak lembaga TPQ memakai sistem oglangan dalam KBM nya.

Maksudnya yaitu tidak masuk setiap hari, maka pelaksanaannya tentu menyesuaikan dengan jadwal masuk siswa sebagaimana pada saat kegiatan belajar mengajar.

Mulai pada hari senin dan berakhir pada hari Sabtu seminggu setelah palaksanaan ujian pertama kali dilakukan.

Apa saja ujiannya? Tentunya materi ujiannya adalah pembelajaran yang sudah anda sampaikan kepada para santri.

Apabila anda idealis, anda bisa merujuk kepada struktur kurikulum TPQ mengacu kepada panduan dari Kemenag yang banyak malang melintang di Internet.

Nah itulah informasi artikel untuk menjawab pertanyaan “Kapan pelaksanaan ujian atau asesmen TPQ baik semester genap atau ganjil? Akhirnya maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *