Ra’su Sanah Hijriyah Artinya Contoh Percakapan dan Karangan Cerita

Share

Ra’su Sanah Hijriyah Artinya Contoh Percakapan dan Karangan Cerita mata pelajaran bahasa arab kelas 3 MTs jenjang pendidikan level 9 (sembilan) beserta kosakata mufrodat untuk memudahkan pembelajaran lengkap dengan terjemah dalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh. Jika anda mengartikan secara letterlijk atau menerjemahkan perkata maka ra’su = kepala. Adapun Sanah (sanatun) artinya adalah tahun. Merupakan istilah Arab yang maksud ra’su sanah hijriyah artinya adalah Tahun Baru Kalender Hijriyah.

Nah sekarang sudah paham arti ra’su-s sannati-l hijriyyati yaitu tahun baru Hijriyah. Biasa perayaannya pada tanggal 1 Muharram.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai kosakata, contoh percakapan dan cerita karangan tentang ra’su-s sanah hijriyah.

Langsung saja berikut daftar tulisan yang akan kami haturkan untuk kakak adik mas mbak yang ganteng cantik rajin menabung dan baik hati.

Ada banyak dan mungkin lumayan panjang untuk anda menyimaknya, selamat bersabar dan semoga maskuk kategori orang-orang yang bersabar dalam apapun serta mendapatkan ridha-Nya.

Selamat menikmati tulisan ini.

ra'su sanah hijriyah

Kosakata bahasa arab tentang Tahun Baru Hijriyah ra’su sanah

Berikut ini merupakan mufrodat kosakata Bahasa Arab tentang Tahun Baru Hijriyah. Atau ra’sus sannatil hijriyati dalam buku mata pelajaran Bahasa Arab kelas 3.

Bahasa IndonesiaTeks LatinBahasa Arab
MeninggalkanTaraka – yatrukuتَرَكَ – يَتْرُكُ
SampaiWashola – yashiluوَصَلَ – يَصِلُ
MelarangMana’a – yamna’uمَنَعَ – نَمْنَعُ
MenjagaHafidla – yahfadluحَفِظَ – يَحْفَظُ
MeloloskanNajjaa – yunjiiنَجَّي – يُنَجِّيْ
MembunuhQotala – yaqtuluقَتَلَ – يَقْتُلُ
MenyampaikanAlqoo –yulqiiأَلْقَيْ – يُلْقِيْ
TahunSanatunسَنَةٌ
KalenderAt taqwiimالتَّقْوِيْمُ
CeramahAlmuhaadhorohالْمُحَاضَرَةُ
MerayakanIhtafalaاِحْتَفَلَ
Pindah/hijrahAlhijrotuالْهِجْرَةُ
Hari hijrahYaumul hijrotiيَوْمُ الْهِجْرَةِ
MengusahakanHaawalaحَاوَلَ

Nah itulah beberapa kosakata Bahasa Arab tentang tahun baru Islam alias ra’sus sanah hijriyah pada buku mapel B. Arab.

Setelah mengetahui beberapa mufrodat baru berkenaan dengan tahun Hijriyah. Mari kita menginjak-injak tulisan selanjutnya yaitu contoh kalimat tahun Baru Hijriyah dalam Bahasa Arab Ro’su sanah hijriyah.

Contoh Kalimat Bahasa Arab tentang Tahun Baru Hijriyah

Langsung saja tanpa basa basi berikut contoh dalam Bahasa Arab. Lengkap dengan teks tulisan latin dan terjemah Bahasa Indonesia kalimat berkenaan dengan Tahun Baru Islam.

Taraka-n nabiyyu wa ashhaabuhu wathonahum wa amwaalahum artinya Nabi dan para Sahabatnya meninggalkan tanah air dan harta bendanya.

Haawala-l kuffaaru an yamna’uu –n nabiyya wa ashhaabahu minal hijroti artinya orang-orang kafir berusaha untuk melarang nabi dan sahabat-sahabatnya dari berhijrah.

Yaumul hijrati awwalu yaumin fii taqwiimi-l ‘aami-l hijriy artinya bari hijrah adalah awal mula hari dalam kalender tahun Hijriyah.

Hafidla wa najjaahu Allahu-n nabiyya wa-l muhaajiriina fil hijrati Allah menjaga dan meloloskan Nabi beserta para orang yang berhijrah dalam hijrah.

Yastami’u-l muhaadhiruuna ilaa-l muhaadhoroh artinya orang-orang yang hadir mendengarkan kepada ceramah.

Almuslimuuna yahtafiluuna bissanah hijriyyah jadiidah fil awwali min syahri muharram. Artinya Orang orang Islam merayakan tahun Baru hijriyah pada awal bulan Muharram

Kaanat-il hijratu haaditsatun ‘adhiimatun fi-taariiki-l islaamiyyi artinya Hijrah adalah peristiwa yang sangat besar pada tahun Islam.

Nah itulah contoh kalimat seputar hijriyah tahun baru Islam yang merupakan salah satu peristiwa besar dalam dunia Islam.

Sekarang kita lanjutkan contoh percakapannya. Yaitu percakapan bahasa Arab tentang Tahun Baru Hijriyah ra’su sanah hijri.

Kami mengambil contoh percakapan antar adua orang perempuan bernama Sabila Fatwaningrum dengan Naila Kinani Bilqis Azzahira. Kita saja Sabila dengan Kinan

Percakapan Bahasa Arab tentang Ra’sus Sanah Hijriyah Tahun Baru

Contoh percakapan Bahasa arab tentang tahun baru Islam antara dua orang perempuan yang bisa anda ubah menjadi laki-laki dengan penyesuaian fi’il kata kerja yang ada.

Seperti apa contohnya? Monggo sampean simak.

Sabiilaa : hal ihtafalti bihuluul sanatin jadiidatin? Artinya apakah kami merayakan kejadian tahun baru?

Kiinan : na’am, ihtafaltu fil usbuu’il maadhii fii qoo’atil madrasati. Ana wa ashdiqooi nadldlomna-l karoosiyya fiihaa. Wa zayyannaa bil azhaari wa-r rusuumaatil jamiilati. Artinya Iya, aku merayakannya semingguu yang lalu di gedung sekolahan. Saya beserta temanku menata kursi didalamnya. Dan kami menghiasnya dengan bunga-bunga dan gambar-gambar yang indah.

Sabila : man alqaa-l muhaadharata-d diiniyyata? Wa ma-l maudhuu’u-l muhaadhorotu? Artinya siapakah yang menyampaikan pidato keagamaan? Dan apa judul pidato tersebut?

Kinan : al ustaadz Ungguu Raadityuu wal maudhuu’u : Hijrotur-rosuuli artinya Ustadz Onggo Radityo, dan judulny yaitu Hijrah Rasulullah.

Sabila : maadzaa ‘arafti ‘an hijratir rasuuli? Artinya apa yang kamu ketahui tentang hijrah rasul?

Kinan : taraka-r rasuulu wa ashhaabuhu wathonahum wa buyuutahum wa amwaalahum fi makkata wa haajaruu ilal madiinat mukhlishiinallah. Wa haawala-l kuffaaru mana’a-r rasuula wa ashhaabahu min an yuhaajiruu ila-l madiinati, bal araada-l kuffaaru an yaqthuluu- rasuula walaakinnallaaha najjaa-r rasuula wa washola ila-l madiinati saliiman. Wa kadzaalika ashaabuhu.

Artinya Nabi dan para sahabatnya meninggalkan negaranya, rumah rumahnya dan harta bendanya di Mekkah dan berpindah ke Madinah. Dan orang-orang Kafir berusaha melarang rasul dan sahabat-sahabatnya untuk berhijrah ke Madinah. Orang orang kafir hendak membunuh nabi. Akan tetapi Allah meloloskan Rasulullah dan sampai ke Madinah dengan selamat. Dan begitu pula dengan para sahabatnya.

Sabila : apakah di madinah ada rumah rumah untuk kaum muslimin?

Kinan, Tidak ada, akan tetapi kaum ansor mengundang menjadi tamu pada rumah rumah mereka dan menjadikan rumah di Madinah rumah bagi orang orang Muhajirin dan ansor.

Dan Madinah juga menjadi negara bagi orang yang Hijrah dan kaum ansor. Dan orang orang Muhajirin beserikat dengan kaum Ansor dalam harta benda serta perdagangan.

Hijrah adalah peristiwa yang besar pada kalender Islam dan kaum muslimin menjadikan hari Hijrah sebagai awal penanggalan Hijriyah.

Sabila : siapakah yang meletakkan kalender Hijriyah?

Kinan : Umar bin Khattab r.a.

Nah itulah percakapan antara dua orang nak perempuan dalam tahun baru Hijriyah. Monggo anda ubah seperlunya untuk pembelajaran.

Setelah rampung membikin percakapan bahasa arab tentang kalender hijriyah tahun baru Islam saatnya membuat karangan cerita.

Karangan cerita Bahasa Arab tentang Perayaan Tahun Baru Islam

Berikut adalah teks kisah cerita karangan Bahasa Arab tentang Tahun Baru Hijriyah ra’sus sanah hijriyyah.

Langsung saja berikut kisah cerita mengarang dalam teks Bahasa Arab.

Sanatun hijriyyatun jadiidatun tahun Baru Hijriyyah

Alyauma huwa awwalu min syahri muharromin, wal muslimuuna yahtafiluuna bisanatin hijriyatin jadiidatin. Artinya pada hari ini adalah awal bulan Muharram, dan kaum muslimin merayakan tahun Baru Hijriyah.

Kaum muslimin berkumpul pada masjid dan menyimak kepada pidato keagamaan yang disampaikan oleh Ustadz Lutfi Chakim, Lc.

Qoola-l ustaadzu : sauhditsukumu-l yauma ‘an hijrati-r rasuul min makkata ila-l madiinah artunya Ustadz berkata dalam pidatonya : saya akan menceritakan hari dimana rasul berhijrah dari Mekkah ke Madinah.

Haajara-rasuulu wa ashhaabuhu min makkata ilal madiinah, tarakuu wathonahum wa buyuutahum wa amwaalahum wa tijaarotahum fii makkata.

Rasulullah saw dan sahabat-sahabatnya berhijrah dari Mekkah ke Kota Madinah, meninggalkan tanah kelahirannya, rumah-rumahnya, harta bendanya, dan perdagangannya di Kota Makkah.

Haawala-l kuffaaru an yaqthuluu-nabiyya shollaahu ‘alaihi wa sallam. Wa haawaluu an yamna’uuhu wa yamna’uu ashhaabahu minal hijroti.

Artinya : orang-orang kafir berusaha membunuh Nabi Muhammad saw, dan berusaha melarangnya dan melarang para sahabatnya dari berhijrah.

Walaakinna-llaaha hafidla-n nabiyya shollallaahu ‘alaihi wa sallama wa najjaahu wa najjaa shoohibahu fi-l hijroti abaa bakrin rodhiyallahu ‘anhu kamaa najjaa-llaaha-sh shahaabata-l muhaajiriina wa ja’alahum yashiluuna ilal madiinati saalimiina.

Artinya : akan tetapi Allah menjaga Nabi (Muhammad) saw dan meloloskan sahabatnya dalam hijrah Abu Bakar r.a. sebagaimana Allah meloloskan para sahabat muhajirin dan membuat mereka sampai ke Madinah dengan selamat.

Kaanati-l hijratu haaditsatun ‘adhiimatun fi-taariikhi-l islaamiyi, lidzaa ja’ala-l muslimuuna yauma-l hijrati awwala yaumin fii taqwiimi – ‘aami-l hijriy.

Wa awwalu man wadho’a-t taqwiima-l hijriyyata huwa “Umar ibn Khattaab radhiyallahu.

Dan pertama kali meletakkan kalender Hijriyah dia adalah Umar bin Khattab r.a.

nah seperti itulah cerita Bahasa Arab Mengarang Karangan tentang Tahun Baru Hijriyah Islam ro’su sanah hijri. kami ambilkan berdasarkan buku Bahasa Arab kelas 9 ataun MTs kelas 3.

Nama nama Bulan Hijriyah Qamariyah

Berikut ini adalah nama nama bulan kalender Hijriyah Tahun Islam dalam tulisan arab dan artinya teks latin.

12 Nama Bulan Hijrah Hijriyah Tahun Islam

مُحَرَّمٌ Muharam
صَفَرٌ Safar
رَبِيْعُ اْلأَوَّلِ Robiul Awal
رَبِيْعُ الثّانِي Robiuts Tsani
جُمَادَى اْلأُوْلَى Jumadal Awal
جُمَادَى اْلآخِرَةِ Jumadal Akhir
رَجَبٌ Rojab
شَعْبَانٌ Sya’ban
رَمَضَانُ Ramadhan
شَوَّالٌ Syawal
ذُو اْلقَعْدَةِ Dzulqo’dah
ذُو اْلحِجَّةِ Dzulhijjah

Sekiranya ini saja yang bisa kami haturkan kepada kakak yang ganteng dan cantik pada kelas tiga MTs, semoga sukses dalam ujian nasional dan menjadi pribadi yang soleh solihah.

Salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *