Struktur Organisasi dan Personalia PAUDQU

Share

Struktur Organisasi dan Personalia PAUDQU Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an unduh gratis free download dalam format doc ms word bisa edit tinggal isi nama personel dalam kolom untuk membuatnya.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, lembaga PAUDQU masih baru eksis keberadaannya. Sayangnya launchang lounching berbagai paudqu pada kota maupun kabupaten seantero Jawa Madura bahkan Indonesia ada kebingungan pengelolanya disitu.

Kenapa bingung?

Yang pertama perihal kurikulum, sepanjang yang saya tahu, sampai saat ini belum ada panduan yang memudahkan para pengelola maupun guru ustadz ustadzah dalam mengarahkan anak didik pada pembelajarannya.

Coba sampean lihat kepada RA/BA bahkan kepada tetangga yaitu PAUD TPQ.

Mereka mendapatkan petunjuk teknis yang menjadi pegangan dalam kegiatan belajar mengajar.

kurikulum paudqu

Kalau PAUDQU?

Sampai saat ini (tanggal 13 Agustus 2021) saya belum pernah melihat meskipun itu draft mengenai panduan kurikulum pendidikan anak usia dini.

Lucunya, dalam mendaftarkan lembaga ini ke Kemenag, ada syarat satu set kurikulum dalam lampiran sebagai salah satu persyaratannya.

Makanya saya jadi heran, bagaimana para guru ini dengan hebat gegap gempita menyusunnya.

Kalau ada yang punya mbok saya dibagi contoh kurikulum yang telah dibuat oleh pengelola yang telah mendapatkan izin operasional Paudqu.

Selanjutnya yaitu mengenai administrasi.

Adakah afirmasi dari PD Pontren untuk Paudqu dalam administrasi?

Jawabnya pasti ada, tapi kapannya saya tidak tahu.

Struktur Organisasi dan Personalia PAUDQU adaptasi milik RA dan BA

Daripada ngomongin kurikulum maupun afirmasi administrasi lembaga, mari kita nyontek saja milik madrasah perihal beberapa administrasi. Salah satunya adalah mengenai bagan struktur organisasi dan personalia RA BA.

Selanjutnya kita adaptasikan ke PAUDQU.

Kenapa harus nyontek?

Halah kalau ada panduan nanti (mungkin lebaran idul fitri atau adha, tahun hijriyahnya enggak tahu) paling banter juga tidak jauh-jauh dari Madrasah.

Makanya bagi pengelola lembaga yang hendak membuat bagan struktur organisasi dan personalia PAUDQU, maka sampean bisa mempertimbangkan milik Raudhatul Athfal sebagai ajang sampean untuk melakukan plagiat susunan kepengurusan.

Kalau mau menunggu juknis dari PD Pontren ya monggo saja, tetapi semenjak juklak lembaga pendidikan Al-Qur’an muncul, sampai sekarang belum nampak berbagai petunjuk yang datang menolong.

Padahal paudqu sudah berjalan, meski grayak grayak.

Sederhananya begini, dalam struktur organisasi pendidikan yang sederhana, mestinya memuat ketua yayasan, kepala paudqu, tata usaha, bendahara, guru, kemudian anak didik.

Mau dibolak balik nunggu juknis nanti juga arahnya kesitu.

Kemudian yang kedua, pada struktur organisasi dan personalia paudqu ada jalur konsultasi dan koordinasi.

Yaitu ketua yayasan dengan pihak Kemenag, dalam hal ini tentunya seksi Pakis atau PD Pontren.

Sedangkan Kepala PAUDQU berkoordinasi dengan dokter umum, dokter gigi, psikologi dan komite.

Selanjutnya untuk jalur perintah, dari ketua yayasan kepada kepala PAUDQU, kemudian turun kepada bagian tata Usaha dan Bendahara serta para guru.

Kira kira gambaran umumnya seperti itu.

Download Struktur Organisasi Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an

Kemudian seperti apa penampakan contoh susunan pengurus dalam bagan struktur organisasi PAUDQU?

Langsung saja begini penampakannya;

Sampean bisa mengunduhnya kemudian memasukkan nama pada kolom yang sudah ada, anda tinggal mengeditnya, saya kira mudah saja tanpa ada masalah.

Jika anda hendak menambahkan kolom, mengubah susunan, bebas saja.

Karena memang ketentuannya sampai saat ini juga belum ada (setidaknya saya belum mengetahui), kalau sudah ada alhamdulillah pokoknya.

Anda bisa mengunduhnya secara langsung melalui tampilan preloved diatas.

Apabila ada kendala, sampean bisa mengunduhnya pada tautan berikut;

Download Struktur Organisasi dan Personalia PAUDQU

Harapan saat ini sih semoga pihak yang berkompeten utamanya para pihak berwenang PD Pontren yang menaungi PAUDQU bisa segera memberikan arahan. Bentuknya berupa juknis yang memudahkan para guru dan pengelola dalam mengembangkan paudqu.

Sukur-sukur bersamaan dengan contoh kurikulum yang bisa menjadi bahan kajian para akademisi maupun pengamat pendidikan segala penjuru dunia.

Dengan adanya kurikulum ini nanti para JFU pada PD Pontren bisa menerangkan apa bedanya PAUDQU dengan RA maupun BA. Bukan hanya pokoke bedo tetapi isi kurikulumnya sama, lak yo guyon tenan.

Lazimnya beda sih, kalau sama saja, ngapain bikin lembaga baru. Begitulah apa yang ada dibenak beberapa JFU PD Pontren atau PAKIS yang sempat kita ngobrol melalui WA maupun ketemu langsung.

Wilujeng dalu, selamat malam dan wassalaamu’alaikum.


Share
Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *