Ziyadah Artinya dalam Hafalan Al-Qur’an

ziyadah artinya
Share

Ziyadah artinya dalam hafalan al-Qur’an yang biasanya berpasangan dengan kata murojaah pada pembelajaran tahfidz Qur’an baik pada lembaga pendidikan pondok pesantren salaf, salafy maupun ponpes modern.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, bisa jadi sampean sudah familiar dengan ungkapan kata murojaah maupun ziyadah hafalan.

Sedangkan artinya ada yang sudah tahu dan paham, adapula yang mungkin belum mengetahuinya atau sekedar mudeng saja secara arti.

Apa itu ziyadah hafalan?

Arti Ziyadah artinya dalam Hafalan tahfidz Al-Qur’an

Pengertian Secara Bahasa atau etimologi, Arti ziyadah dalam Bahasa Arab adalah menambah, berasal dari kata zaada – yaziidu ziyaadah (ziyaadatan) yang artinya bertambah.

Teks arabnya sebagai berikut;

زَادَ – يَزِيْدُ – زِيَادَةً

Maksud ziyadaah dalam tahfidz menghafal al-Qur’an adalah merupakan proses menambah hafalan baru.

Kita bisa menyebut bahwa kegiatan Ziyadah dan muroja’ah sudah menjadi suatu tradisi yang rutin setiap hari bahkan bisa dibilang aktivitas teratur setiap waktu di pesantren hafalan al-Qur’an.

Jadi pengertian ziyadah secara istilah adalah menambah hafalan atau menghafal ayat baru. (Pengembangan Metode dan sistem Evaluasi Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Huda Singosari Malang, Volume 1, No.2 Tahun 2017.)

Nah sekarang sudah mengetahui maksud atau pengertian ziyadah secara bahasa maupun istilah.

Metode ziyadah dalam menghafal al-Qur’an

Dalam skripsi SARI HIDAYATI yang berjudul IMPLEMENTASI METODE HALAQAH, ZIYADAH, DAN TAKRIR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AZMANIA RONOWIJAYAN SIMAN PONOROGO menyebutkan bahwa;

implementasi Metode ini salah satunya dengan cara Membaca hafalan lama dari ayat pertama hinga terakhir sebanyak 20 kali juga hal ini supaya hafalan tersebut kokoh dan kuat dalam ingatan, kemudian memulai hafalan baru dengan cara yang sama seperti ayat yang ketika menghafal ayatayat sebelumnya.

Selanjutnya dalam skripsinya menambahkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan metode ziyadah.

Berikut kekurangan dan kelebihan metode ini dalam menghafal al-Qur’an menurut skripsi dimaksud.

Kelebihan

Kelebihan ziyadah dalam metode tahfidz adalah; menumbuhkan minat baca peserta didik atau santri dan lebih giat dalam kegiatan belajar mengajar, pengetahuan yang diperoleh santri atau peserta didik akan tidak mudah hilang karena sudah dihafalnya, juga santri memiliki kesempatan memupuk perkembangan dan keberanian, tanggung jawab dan mandiri.

Kekurangan

Ada kelebihan adapula kekurangan, tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitulah kata pujangga.

Adapun kekurangannya menurut Armei Arif, dalam buku Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam yang terbit di Jakarta oleh penerbit Ciputat Press tahun 2009 pada halaman 9 adalah;

menghafal yang sukar akan mempengaruhi ketenangan mental dan kurang tepat atau membutuhkan perhatian yang lebih diberikan kepada peserta didik yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.

Langkah-langkah metode ziyadah

Berikut langkah-langkah metode menghafal memakai metode ini dalam versi skripsi ini;

  • memperbaiki bacaan dan gunakan metode menghafal yang tepat,
  • dibaca dengan berulangulang 10-20 kali pada tiap ayat, jika ayat tersebut sudah lancar maka boleh melanjutkan ke ayat selanjutnya,
  • memperbanyak mendengarkan murottal dan mengatur waktu khusus untuk menghafal al-Qur’an, dan istiqomah.

Penutup

Demikian informasi mengenai pengertian arti kata ziyaadah artinya dalam bahasa Indonesia beserta pengertian secara bahasa dan istilah.

Kami lampirkan pula kelebihan dan kekurangan metode hafalan al-Qur’anatau pelajaran tahfidz.

Selanjutnya ada tambahan informasi mengenai langkah langkah dalam metode ziyadah versi skripsi mahasiswa JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO

Cukup sekian dan terima kasih, salam kenal wassalaamu’alaikum wa rahmatullah.

sumber;

http://etheses.iainponorogo.ac.id/15279/1/210316087%2C%20SARI%20HIDAYATI%2CSKRIPSI.pdf
https://sipemas.uin-malang.ac.id/blog/merawat-kehidupan-dengan-ziyadah-dan-murojaah
https://media.neliti.com/media/publications/74635-ID-manajemen-pondok-pesantren-tahfidz-quran.pdf


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *