materi pembelajaran TPQ

Materi Pembelajaran TPQ TPA panduan Kemenag sebagai Pedoman

Share

Materi Pembelajaran TPQ TPA mengacu kepada buku standar nasional Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKQ) Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Kementerian Agama RI Jakarta yang terbit tahun 2013 sebagai acuan dan pedoman.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, jika ada yang bertanya kenapa mengacu kepada buku yang terbit tahun 2013 alias 8 tahun atau sewindu sebelumnya?

Maka saya menjawab karena sampai saat ini saya belum menemukan panduan paling mutakhir sebagai pegangan bagi pengelola TPQ.

Artinya belum menemukan bukan berarti tidak ada, bisa jadi ada tetapi karena keterbatasan pengetahuan kami sehingga informasi panduan paling baru terlewat.

Setidaknya jika kami menemukan buku pedoman yang lebih baru akan kami update informasinya.

Baiklah, kembali lagi mengenai materi pembelajaran TPQ, dalam menyusunnya kami mengacu kepada daftar nama pelajaran dalam raport TPQ atau TPA dalam contoh buku.

Kemudian materi pembelajaran TPQ ini kami ambilkan pada matriks pembelajaran TPQ mulai dari level A, B dan C kemudian kami pilah berdasarkan penekanan dalam pembelajarannya.

Langsung saja berikut materi pembelajarannya.

Bacaan tadarus alquran

Materi Pokok TPQ adalah kegiatan belajar supaya bisa membaca al-Qur’an, diawali dengan pengenalan huruf hijaiyah atau dengan model pembelajaran iqro.

Mengenai materi ini tergantung pengelola menggunakan metode apa, apakah memakai iqro, yambua, tilawati qiroati.

Urutan dalam mengajar atau materi pembelajaran belajar membaca huruf hijaiyah menyesuaikan dengan panduan pembelajaran masing-masing metode.

Paling mudah metode iqro, tidak perlu banyak pelatihan, selama lancar dan fasih membaca al-Qur’an akan cepat bisa mengajarkannya.

ilmu tajwid (Materi Pembelajaran TPQ TPA)

materi selanjutnya adalah ilmu tajwid.

Dalam materi ilmu tajwid untuk TPQ ini mulai pembelajaran untuk TPQ level B. Kira kira level B ini anak usia 8-9 tahun alias kelas 2 SD.

Ya seperti itulah settingan dalam buku panduan.

Dalam materi ilmu tajwid begitu komprehensif dan lengkap, saking lengkapnya saya masih agak ragu, apakah semua guru TPQ bisa menyampaikannya?

Karena pada materi ini awal mula pembelajaran dengan makharijul huruf dan pada jenjang level C (setara kelas 3 SD) sudah seleai pembelajaran bacaan gharib semisal naql, imalah dan lain sebagainya.

Lebih detil mengenai apa saja ini materi sampean bisa membaca pada Materi Ilmu Tajwid untuk TPQ.

Materi Hafalan

materi pembelajaran TPQ hafalan

Yang selanjutnya adalah materi pembelajaran TPQ berupa Hafalan, dalam raport masing-masing ada nilai dengan pembagian yang terperinci untuk;

  • Hafalan bacaan sholat
  • Hapalan surat pendek
  • Hafalan ayat Pilihan
  • Hapalan doa sehari-hari

Kali ini berbagai materi ini kami jadikan satu, yatu berupa hafalan.

Untuk bacaan salat maka bacaan yang anda ajarkan mulai dari niat sampai dengan salam dan dzikir bacaan ba’da shalat wajib.

Sedangkan bacaan hafalan surat pendek, dalam buku panduan kemenag membagi jenjangnya menjadi 3 yaitu level A, B, dan C.

Standar dalam matriks pembelajaran untuk materi hafalan adalah sebagai berikut;

  • TPQ Level A sampai surat At Takatsur
  • TPA Level B sampai dengan surat adh-dhuha plus ayat pilihan
  • TPQ Level C sampai bacaan surah al a’la ditambah ayat-ayat pilihan.

Mengenai ayat pilihan, sudah ada ayat yang dipilihkan sebagaimana dalam buku panduan.

Apa saja ayat pilihannya?

Untuk level B ayat pilihannya adalah Al Baqarah : 255 (ayat qursyi), Al Baqarah : 284-285, Ali Imran : 133 – 136, Al Mu’minun 1-11 dan surat Luqman : 12-15

Sedangkan santri TPQ Level C, ayat pilihannya berupa Surat An Nahl : 65 – 69, Al Fath : 28 – 29, Ar Rohman : 1 – 16, Al Mu’minun 1-11, Al Jumu’ah : 9-11

lebih detil materi ini sampean bisa menyimak pada Materi Hafalan TPQ TPA

Tahsinul Kitabah

Merupakan materi pembelajaran santri dalam mengarahkan supaya isa menulis huruf arab hijaiyah sesuai kaidah yang baik dan benar.

Tentunya gurunya perlu mengetahui dasar dasar penulisan huruf hijaiyah, sukur sukur ahli dalam menulis indah alias khot.

Awal mula untuk anak TKQ yaitu dengan menebalkan dan mewarnai huruf tunggal dengan desain garis garis putus, dan juga angka tunggal.

Pada bagian selanjutnya meningkat dengan menulis dengan cara meniru contoh huruf tunggal, lanjut menyambung huruf dan pada akhir jenjang mencoba menulis ayat dalam al-Qur’an yang mudah ditiru.

Seperti apa materinya?

Anda bisa membaca pada Materi Tahsinul Kitabah untuk TPQ TPA

Dinul Islam (Materi Pembelajaran TPQ TPA)

materi dinul Islam

Pada materi pembelajaran ini sifatnya lebih luas, pada materi dinul islam memuat pembelajaran akidah akhlak, fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam.

Menimbang sempitnya waktu pendidikan pada Taman Pendidikan Al-Qur’an maka pada matriks pembelajaran ini untuk materi Aqidah akhlaq, SKI dan Fikih dijadikan satu menjadi pelajaran dinul Islam.

Dalam materi ini memuat tentang asmaul husna, pembelajaran nama-nama kitab suci, waktu shalat, nama 25 nabi, Ulil Azmi, rukun islam, rukun iman dan yang lainnya.

Lebih detil lagi sampean bisa menyimak pada PELAJARAN DINUL ISLAM UNTUK ANAK TPQ

Muatan Lokal (bisa bahasa inggris, arab, kaligrafi dll)

Dan yang terakhir yaitu materi pembelajaran TPQ muatan lokal. Ini merupakan kebijakan pengelola melihat potensi guru dan minat siswa.

Anda bisa memberikan materi tambahan berupa bahasa inggris, arab, kaligrafi, rebana dan lain sebagainya menyesuaikan kemampuan anda mengajari santri.

Urusan materi dan kurikulum tentu anda merumuskan sendiri karena sifatnya tambahan dan lokal.

Sekedar saran, apabila materi yang anda berikan itu memiliki kesamaan dengan pelajaran pada sekolah atau madrasah, maka seyogyanya anda mendesain supaya muatan lokal anda bisa menunjang peningkatan anak dalam pendidikan pada sekolah umum.

Maksudnya begini, jika anda memberikan muatan lokal bahasa arab, maka silakan anda samakan materi yang anda sampaikan dengan pelajaran bahasa arab pada MI atau SD islam.

Tujuannya supaya pendidikan TPQ mampu menunjang dan meningkatkan kemampuan anak dalam pembelajaran pada sekolah formal.

Nah itulah tulisan tentang materi pembelajaran TPQ TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) mengacu pada matriks pembelajaran TKQ TPQ berdasarkan buku panduan yang dibuat oleh Kementerian Agama.

Wilujeng siang, selamat mempraktekkan apa yang ada dalam panduan, semoga sukses. Salam kenal akhirul kalam wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.