Kemenag siapkan kisi kisi ujian TPQ, bagus untuk Lembaga nih

Share

kemenag siapkan kisi ujian TPQ. Dengan melibatkan para ahli dan praktisi pendidikan al-Qur’an, pada tanggal 17-19 Maret 2021 bertempat pada kota Bekasi, Direktorat PD Pontren Kementerian Agama menyusun kisi-kisi Ujian Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, tentunya termasuk Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ atau TPA).

pontren.com – assalaamu’alaikum pakde bude, ada kabar gembira untuk pengelola TPQ maupun lembaga pendidikan al-Qur’an lainnya (Rumah Tahfidz Al-Qur’an, Ta’limul Qur’an Lil Aulad, Taman Kanak-kanak Al-Qur’an).

kemenag siapkan kisi kisi ujian TPQ

Kabar gembira ini adalah Kemenag RI Jakarta yang menaungi LPQ menyusun kisi-kisi ujian.

Kenapa kabar gembira?

Karena keberadaan kisi-kisi ini memudahkan lembaga untuk menentukan materi pembelajaran dan juga dalam membuat soal ujian bagi para santri siswa siswinya.

Dengan keberadaan batasan yang kongkret ini menurut saya pribadi bisa mengembangkan pendidikan Al-Qur’an melalui lembaga TPQ TKQ TQA maupun Rumah Tahfidz.

Yaitu keberadaan pembelajaran yang lebih mempunyai pola dan arah tujuan yang jelas.

Lembaga menjadi lebih concern terhadap kurikulum beserta materi pembelajarannya.

Tantangan Guru TPQ dalam mewujudkan kisi kisi menjadi bentuk soal ujian

Secercah harapan arah pendidikan yang lebih memiliki pola pembelajaran yang baik.

Perlu dengan imbangan para pengelola untuk mempersiapkan diri dalam mengasah kemampuan membuat soal ujian.

Sebagaimana kita ketahui, dalam hal ini Kemenag hanya menyusun kisi kisinya saja, bukan memberikan master soal kepada lembaga pendidikan al-Qur’an.

Peran serta mitra kerja TPQ tentu menjadi sangat penting semisal Badko TPQ, maupun perkumpulan organisasi yang menaungi TPQ.

ujian akhir madin jateng

Harapannya, adanya organisasi semisal Badko ini bisa memfasilitasi lembaga yang belum mampu memproduksi soal ujian sendiri.

Harapannya keberlangsungan ujian semester, kenaikan kelas serta munaqosyah sebagai ujian akhir kelulusan bisa berlangsung secara kontinyu dan berkesinambungan.

Pada sisi lain, keberadaan ujian yang rutin ini memicu lembaga untuk membuat raport sebagai laporan hasil belajar siswa selama pendidikan pada TPQ.

Adanya Laporan nilai selama pembelajaran (raport) bisa menambah kepercayaan masyarakat kepada pengelola TPQ.

Yaitu dalam hal keseriusan membimbing santri dalam belajar al-Qur’an.

Contoh master soal sebagai default soal ujian bagi lembaga yang belum bisa membuat sendiri

Saya pribadi memiliki harapan kedepan ada contoh soal dari Kemenag yang bisa menjadi pegangan lembaga yang belum bisa menyusun soal sendiri.

Bagi lembaga yang sudah lihai dalam membuat soal tentunya dipersilakan untuk membuat pertanyaan ujian. Hal ini sebagaimana batasan kisi-kisi yang menjadi acuan dalam membuat soal ujian.

Demikian informasi mengenai keberadaan kisi kisi ujian untuk lembaga pendidikan al-Qur’an tentunya termasuk didalamnya TPQ.

Belum ada keterangan apakah model kisi kisi ini untuk ujian semester. Atau hanya panduan dalam membuat soal ujian akhir alias munaqasyah.

Wilujeng dalu, selamat malam, wassalaamu’alaikum.

Sumber : Kemenag Susun Kisi-Kisi Ujian Lembaga Pendidikan Al-Quran


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *