Meneladani Ketaatan Malaikat Malaikat Allah SWT.

Share

Contoh Perilaku mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat serta hadits ingin meneladani ketaatan Malaikat-malaikat Allah SWT. Kesimpulan, rangkuman, peta konsep mind mapping.

pontren.com – assalaamu’alaikum kakak mbak yang berada pada jenjang pendidikan kelas 1 SMP, selamat malam, salam kenal. kali ini akan membahas mengenai meneladani ketaatan Malaikat Allah SWT.

ingin meneladani ketaatan malaikat malaikat Allah SWT.

Tanpa basa basi berikut materi pembahasan besrta rangkuman kesimpulan peta konsep mind mapping maupun dalil hadits ingin meneladani ketaatan malaikat.

Sifat dan perilaku Malaikat

Sifat-sifat dan perilaku malaikat antara lain:

  1. Selalu patuh kepada Allah Swt. dan tidak pernah berbuat maksiat kepada-Nya.
  2. Malaikat dapat berubah wujud sesuai kehendak Allah. Kadang-kadang Jibril datang kepada Nabi Muhammad saw. menyamar seperti sahabat yang bernama Dihyah al-Kalbi, terkadang seperti sahabat dari Arab Badui.
  3. malaikat tidak makan dan tidak minum.
  4. tidak berjenis kelamin.
  5. tidak pernah letih dan tidak pula berhenti beribadah kepada Allah Swt.
  6. senang mencari dan mengelilingi majelis zikir.
  7. berdoa bagi hamba yang duduk menunggu salat berjamaah.

Hikmah Beriman kepada Malaikat Allah SWT

Beberapa hikmah yang dapat diambil dengan memperhatikan tugas Malaikat antara lain adalah;

  1. Memberi motivasi selalu taat dan bertakwa kepada Allah Swt. Sebagaimana taatnya para malaikat;
  2. Malaikat mengawasi perkataan dan perbuatan manusia, termasuk kita didalamnya;
  3. Memberi dorongan serta rasa optimis selalu berusaha karena Allah Swt. akan memberi ilmu lewat malaikat Jibril dan memberi rezeki lewat malaikat Mikail;
  4. memberikan motivasi selalu beramal saleh karena bekal amal saleh yang kelak akan dibawah pada saat meninggal dunia untuk menghadapi pengadilan Allah Swt.

Contoh Perilaku Beriman Kepada Malaikat Allah

Berikut adalah contoh singkat tentang perilaku beriman kepada Malaikat Allah SWT masing-masing malaikat mengacu kepada tugasnya.

Malaikat Jibril Selalu berusaha mencari dan memohon hidayah kepada Allah. Bersyukur dengan cara banyak berbagi ilmu.

Malaikat Mikail contoh perilaku beriman dengan Berusaha secara maksimal untuk mencari rezeki yang baik dan halal.

Contoh perilaku Iman kepada Malaikat Israfil yaitu dengan cara Selalu memohon kepada Allah Swt. Supaya mendapatkan keselamatan dalam menghadapi kesulitan di dunia, maupun hari kiamat.

Perilaku yang mencerminkan beriman kepada Malaikat Izrail yaitu Berusaha mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Selalu berdoa agar terhindar dari siksaan sakaratul maut (ketika ajal menjemput kita).

Contoh Iman kepada Malaikat Munkar dan Nakir yaitu dengan cara Selalu memohon kepada Allah Swt. agar dilapangkan di alam kubur dan diringankan dari siksa kubur.

Perilaku Iman kepada Malaikat Raqib dalam kehidupan sehari hari contohnya adalah Selalu memiliki niat baik, dalam segala perbuatan, baik ucapan maupun perbuatan.

Iman kepada Malaikat Atid Menjauhi niat buruk, perkataan yang kotor, perbuatan yang jelek dan menjauhi perilaku tercela.

Beriman kepada Malaikat Ridwan dalam praktek kehidupan sehari hari yaitu Selalu memohon kepada Allah Swt. agar masuk surga dengan aman. Menciptakan kedamaian dan ketentraman di dunia ini.

Salah satu Contoh perbuatan Iman kepada Malaikat Malik yaitu Selalu memohon kepada Allah Swt. agar terhindar dari siksaan api neraka.

rangkuman kesimpulan ingin meneladani ketaatan malaikat-malaikat allah SWT.

secara pengertian, yang dimaksud dengan Iman kepada malaikat adalah percaya dan yakin bahwa Allah Swt. menciptakan malaikat dari cahaya (nur) untuk mengatur dan mengurus alam semesta.

Sifat-sifat malaikat, antara lain adalah :hamba Allah Swt. yang mulia, dapat menyamar sesuai kehendak Allah, tidak makan dan tidak minum, tidak memiliki jenis kelamin, tidak pernah letih dan tidak pula berhenti beribadah kepada Allah, tidak mau masuk ke rumah-rumah yang ada anjing dan patung-patung, senang mencari dan mengelilingi majelis zikir, selalu berdoa bagi hamba yang duduk menunggu salat berjamaah.

Nama-nama malaikat yang kita kenali adalah Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar dan Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan.

Beriman kepada malaikat dapat diwujudkan dengan cara mengetahui tugas malaikat kemudian menjadikan tugas malaikat itu sebagai pedoman untuk melakukan perbuatan baik pada kehidupan sehari hari maupun niatan dalam hati.

Gambar Bagan Peta Konsep meneladani ketaatan Malaikat

Berikut ini adalah gambar dalam bentuk bagan menggambarkan peta kosep dalam meneladani ketaatan Malaikat. Silakan anda menyimak.

peta konsep ketaatan Malaikat Allah SWT

Dalil Hadits tentang beriman kepada Malaikat

Berikut adalah Lanjutan dari hadits Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhu, berkenaan dengan Islam utamanya pada tema ini dalil mengenai iman kepada Malaikat.

وَقاَلَ : يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِي عَنِ الإِسْلاَمِ ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ ، وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ ، وَتَحُجَّ البَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً

artinya : Selanjutnya ia berkata, “Hai Muhammad, beritahukan kepadaku tentang Islam.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Islam itu engkau bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Allah, engkau mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengerjakan ibadah haji ke Baitullah jika engkau mampu melakukannya.”

قَالَ : صَدَقْتَ فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ قَالَ : فَأَخْبِرْنِي عَنِ الإِيْمَانِ قَالَ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

artinya : Orang itu berkata, “Engkau benar.” Kami pun heran, ia bertanya lalu membenarkannya. Orang itu berkata lagi, “Beritahukan kepadaku tentang Iman.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Engkau beriman kepada Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada para rasul-Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik maupun yang buruk.” Orang tadi berkata, “Engkau benar.” (Hadits Riwayat Imam MuslimNomor 8)
Sumber :
https://rumaysho.com/16663-hadits-arbain-02-memahami-rukun-iman.html

Soal ingin meneladani Ketaatan Malaikat Allah SWT

Berikut adalah contoh contoh soal uraian dengan tema ingin meneladani ketaatan malaikat.

Uraian Jawablah soal-soal berikut sesuai dengan pernyataan!

  1. Mengapa malaikat selalu taat Allah Swt.?
  2. Tuliskan sebuah ayat beserta terjemahannya yang menegaskan bahwa malaikat tidak merasa letih untuk taat kepada Allah!
  3. Sebutkan sifat-sifat malaikat!
  4. Jelaskan perbedaan malaikat dengan manusia dan makhluk gaib lain (jin dan setan/iblis)!
  5. Sebutkan (minimal 5) contoh pengamalan dari iman kepada malaikat!
  6. Mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt.?
  7. Sebutkan perilaku-perilaku orang yang beriman kepada malaikat?
  8. Sebutkan hikmah beriman kepada malaikat!
  9. Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat Izrail?
  10. Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat Jibril?

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *