Hubbud dunya artinya adalah cinta dunia secara berlebihan

Share

Penjelasan singkat mengenai Informasi tentang arti hubbud dunya adalah cinta dunia beserta teks dalil hadits tentang penyakit wahn (hubbdud dunya wa karohiyatul mauti.

pontren.com – assalaamu’alakikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, pada saat ramadan maupun ibadah salat jum’at, adakalanya ada khatib yang menyampaikan materi tentang hubbud dunya yang artinya adalah cinta dunia (kehidupan dunia).

artinya hubbud dunya adalah

Hubbud dunya ini merupakan salah satu dari penyakit hati.

Apakah arti hubbud dunya?

Hubbud dunya Artinya

Baiklah, secara bahasa, Hubbuddunya Berasal dari kosakata bahasa arab kata yaitu hubbun yang artinya cinta dan ad dunya yaitu dunia.

Hubbun memiliki akar kata حَبَّ – يَحِبُّ – حُبَّا, Hubbun memiliki arti mencintai, mengasihi.

Sedangkan kata kedua yaitu dunya (ad dunya) mempunyai makna dunia atau keduniaan. Merupakan lawan kata dari akhirat. Menurut Gunawan dalam kamus praktis Bahasa Indonesia halaman 112 dunia artinya adalah jagat, tempat kaki hidup bumi dengan segala isinya.

baca : MAHFUDZOT TENTANG CINTA KATA MUTIARA ARAB DAN ARTINYA

Salah satu pengertian dari hubbud dunya adalah suatu keadaan seseorang yang mengagungkan urusan dunia sehingga membuatnya mengabaikan perkara akhirat, dan lalai untuk berbuat taat kepada Allah Swt.

Singkatnya hubbud dunya artinya adalah cinta dunia yang berlebih lebihan.

Penyebab hubbud dunya

Ada berbagai macam penyebab orang jatuh terperosok kedalam salah satu penyakit hati ini. Mengacu kepada buku pembelajaran Pendidikan Agama, berikut adalah sebabnya.

  • Menganggap dunia sebagai tujuan utama, bukan sebagai sarana mencapai kehidupan akhirat.
  • Hobi dalam mengumpulkan harta benda melalui cara menghalalkan semuanya.
  • pelit serta Kikir terhadap harta, tidak rela hartanya terlepas dari dirinya.
  • Tamak, rakus dan serakah, yaitu selalu ingin mengumpulkan harta walaupun sudah memiliki.
  • Tidak bersyukur dengan karunia dan nikmat Allah SWT.
  • Mendewa dewakan pangkat dan kedudukan strata sosial

dan masih banyak sebab lain yang bisa menjadi penyebab seseorang mencintai dunia secara berlebihan. Dalam pepatah mengatakan “Harta, Tahta dan wanita.

Hadits tentang hubbud dunya

Berikut adalah teks dalil hadits cinta kepada dunia dan takut pada kematian atau istilah lain disebut dengan penyakit wahn.

baca : IGHTANIM KHOMSAN QOBLA KHOMSIN HADITS ARAB LATIN DAN ARTI

Teks hadits hubbud dunya ini dalam tulisan arab beserta artinya dan terjemah bahasa Indonesia.

Hadits Riwayat Imam Abu Daud nomor 4297 dan Imam Ahmad 5: 278, shahih kata Syaikh Al Albani. Silakan melihat penjelasan hadits ini dalam ‘Aunul Ma’bud).

Dalil Hadits tentang hubbud dunya penyakit wahn,

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يُوشِكُ الأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا ». فَقَالَ قَائِلٌ وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ قَالَ « بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزِعَنَّ اللَّهُ مِنْ صُدُورِ عَدُوِّكُمُ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللَّهُ فِى قُلُوبِكُمُ الْوَهَنَ ». فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الْوَهَنُ قَالَ « حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ ».

Artinya dalam bahasa Indonesia : Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hampir saja para umat (yang kafir dan sesat, pen) mengerumuni kalian dari berbagai penjuru, sebagaimana mereka berkumpul menghadapi makanan dalam piring”. Kemudian seseorang bertanya,”Katakanlah wahai Rasulullah, apakah kami pada saat itu sedikit?” Rasulullah berkata,”Bahkan kalian pada saat itu banyak. Akan tetapi kalian bagai sampah yang dibawa oleh air hujan. Allah akan menghilangkan rasa takut pada hati musuh kalian dan akan menimpakan dalam hati kalian ’Wahn’. Kemudian seseorang bertanya,”Apa itu ’wahn’?” Rasulullah berkata,”Cinta dunia dan takut mati.”

Cara Menyembuhkan Hubbud Dunya

Dalam skripsi salah satu mahasiswi fak. Dakwah dan Komunikasi Prodi BPI, merangkum obat penyakit wahn beserta dalil sebagai penguatnya.

Berikut obat untuk menyembuhkan hubbud dunya;

Dalil alquran untuk menyembuhkan penyakit hubbuddunya yaitu ayat-ayat tentang:

  • Takwa (QS. Al-Imran: 14-15),
  • wara’ (QS. Al-Muddatsir: 4),
  • tawadhu’ (QS. Luqmaan: 18),
  • mengingat Mati (QS. Al-Jumu’ah: 8),
  • mementingkan kehidupan akhirat (AlQashash: 77),
  • Dzikir (Al-Ahzab: 41-42),
  • melazimkan bersyukur (QS. Al-Baqarah: 152) dan;
  • Melatih diri dengan memberikan sebagian harta kepada orang lain (QS. Surah Al-Baqarah: 254).

MAGFIRAH NIM. 140402147 Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi Bimbingan Konseling Islam

Demikian informasi singkat mengenai cinta dunia beserta sekilas karohiyatul maut beserta pengertian lengkap dengan dalil dari hadits dan alquran. Wilujeng enjang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Sumber
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8752/1/MAGFIRAH.pdf
https://rumaysho.com/3388-cinta-dunia-dan-takut-mati.html


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *