UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PAI MATERI SHALAT GERHANA DI KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH MLANGI KABUPATEN SLEMAN DENGAN MENGGUNAKAN GAME QUIZIZZ

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PAI MATERI SHALAT GERHANA DI KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH MLANGI KABUPATEN SLEMAN DENGAN MENGGUNAKAN GAME QUIZIZZ

written by : Ila Listiyani. Salah satu faktor ekstrinsik prestasi belajar adalah adanya media pembelajaran yang tepat dan efisien. Dengan “Kurikulum Merdeka” Guru dapat memilih metode pembelajaran yang memungkinkan inovasi.

Media pembelajaran yang menarik dan meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan pembelajaran dengan permainan.

Salah satu edugame yang menarik adalah edugame Quizizz. Edugame Quizziz terdiri dari fitur-fitur yang menarik.

Yaitu adanya tampilan penuh warna, suara music yang seru, reward (hadiah) bagi yang hasilnya bagus, meme (kartun) avatar yang bisa bebas dipilih untuk identitas siswa, papan peringkat dari hasil nilai yang selalu berubah seusai hasil, bonus bantuan jawaban, pilihan untuk mengerjakan soal secara online (LIVE) bersama ataupun dibuat PR sendiri.

Kelas 4 SD Muhammadiyah Mlangi tergolong rendah dengan rata-rata nilai raport hanya 65.

Kemudian guru PAI menggunakan media Quizizz untuk mengatasi hal tersebut.

Sehingga guru PAI sebagai peneliti dan pelaksana tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas 4C SD Muhammadiyah Mlangi.

Dalam pelaksanaan seru sekali karena anak-anak antusias terhadap media pembelajaran ini, saat disurvey semua merasa senang dan seru.

TUJUAN PENELITIAN UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PAI MATERI SALAT GERHANA

gerhana matahari
Total Solar Eclipse – Eclipsegeeks.com

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi shalat gerhana kelas IV SD Muhammadiyah Mlangi Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 2 (dua) siklus, Ada 4 langkah dalam setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kemudian diulang lagi selama 2 siklus.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan interview untuk mendapatkan gambaran awal, angket/survey, observasi dan tes untuk mengetahui kognitif siswa.

Populasi diambil dari siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mlangi Sleman Yogyakarta sebanyak 88 siswa dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 29 siswa. Analisis data terdiri dari pre test dan post pada masing-masing siklus.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 (satu) hasilnya 65% dengan asumsi masih di bawah KKM. Dan setelah diadakan refleksi dan dilanjutkan ke siklus 2, hasilnya menunjukkan 78% sudah melebihi KKM.

Kendala yang dihadapi adalah adanya siswa yang tidak diperbolehkan bawa HP, keterbatasan kuota, dan fitur HP yg kurang memadai.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Quizizz

Tampilan muka Quizizz sebagai guru mudah untuk memahaminya.

Awal mula; guru membagikan membuat tugas yg berisi kode nomor untuk dikirim: https://quizizz.com/join?gc=12088669

Kuisku:soal2ku

Ada pilihan untuk mengerjakan secara live(online spt game online), ada pilihan dijadikan PR (sendiri2).

secara Tampilan hasil tugas siswa juga tidaklah menyulitkan para murid untuk menjawab soal dalam pertanyaan yang ada.

Tentang

Santri kelas 1 PKPPS Wustha pada Pondok Pesantren Darul Mubtadi-ien Kebakkramat Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*