Susunan Acara PKK

Share

Pada lingkungan warga yang aktif berkegiatan, para ibu ibu di kampung atau kota ada yang aktif berorganisasi dalam kegiatan pertemuan PKK maupun organisasi yang lain seperti among tamu jayeng dan semisal.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, kali ini kita akan fokus kepada contoh susunan acara Pertemuan PKK.

rangkaian acara PKK

Kebanyakan jadwal pertemuan PKK dilaksanakan sebulan satu kali alias 12 kali dalam satu tahun.

Apa sih itu PPK, singkatan dari apa? Kepanjangan dari PKK adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, saya yakin para pengurus dan anggotanya banyak yang hafal dan tahu, akan tetapi saya meyakini masih ada juga yang tanya hanya PKK, kepanjangannya lupa entah kemana.

baca : Lagu Mars PKK dan KB Beserta Notasi

Pada masa pandemi wabah corona covid-19 ini kegiatan diatur supaya orang tidak berkerumun, teman saya berkata,” teko, mbayar, mulih.

Maksudnya adalah para pengurus pemegang urusan dan keuangan hadir duluan, kemudian warga anggotanya datang, membayar administrasi dan arisan, terima snack makanan, langsung pulang.

Begitulah kebanyakan suasana arisan PKK tahun 2020 dan (mungkin) di tahun 2021. Untuk menyingkat waktu anda membaca, langsung saja berikut adalah sampel atau contoh susunan acara kegiatan arisan PKK.

Contoh susunan Acara PKK

Berikut susunan kegiatan acara arisan PKK yang lazim dipergunakan oleh organisasi para ibu-ibu di lingkungan yang berdekatan.

  1. Upacara
    • Menyanyikan mars PKK
    • Menyanyikan 1 lagu wajib
    • Pembacaan teks pancasila
    • Pembacaan 10 program pokok PKK
    • Pembacaan pembukaan UUD 1945
    • Doa
  2. Pembukaan sekaligus sambutan oleh tuan rumah.
  3. Informasi.
  4. Laporan (keuangan, administrasi, dan lain-lain).
  5. Isian-isian acara
  6. Penutup

Nah begitulah urutan susunan acara kegiatan PKK yang banyak dipergunakan oleh ibu ibu.

Penjelasan susunan acara PKK

Supaya memahami apa yang dimaksud dan seperti apa isi dari susunan diatas, maka berikut penjelasannya.

Upacara

Para peserta diharap berdiri, kemudian petugas yang mendapatkan sampur bertugas mempersiapkan diri, derigent maju kedepan memimpin untuk menyanyikan lagu mars PKK, KB, 1 lagu wajib (misalnya halo-halo Bandung, 17 agustus tahun 45, syukur, atau lagu nasional yang lain)

Selesai menyanyikan 2 atau 3 lagu dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila, Pembukaan UUD 1945, pembacaan 10 program pokok PKK.

Selesai pembacaan 10 program pokok pkk dilanjutkan dengan doa, dipandu oleh pembawa acara atau dirigen.

Kalimat yang dipergunakan biasanya adalah “marilah kita mengheningkan cipta sejenak menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa mulai!

Acara upacara rampung, hadirin dipersilakan duduk.

Pembukaan dan sambutan tuan rumah

Berupa ucapan selamat datang dan sambutan dari tuan rumah, pada beberapa PKK (atau setidaknya tempat teman saya) tuan rumah sekaligus membuka acara kegiatan PKK.

Yang paling sering dipergunakan untuk membuka kegiatan arisan PKK dengan basmalah atau membaca ummul kitab yaitu surat al Fatihah.

Informasi dan lain lain.

Informasi biasa disampaikan oleh ibu rt atau pihak-pihak yang memiliki info (misalnya ada warga yang bekerja di kecamatan atau pemda kabupaten). Atau siapa yang mendapatkan arisan dan jatah ketempatan lokasi pertemuan bulan depan.

Biasanya berkenaan dengan lingkungan dan program pemerintah.

Laporan-laporan

Berupa laporan baik keuangan seperti uang kas, arisan, maupun kegiatan simpan pinjam, termasuk juga informasi iuran sosial, bolo pecah, seragam, kegiatan, macam – macam yang perlu diketahui oleh anggota.

Tentunya menyesuaikan dengan kondisi keadaan PKK yang ada dilingkungan.

Isian isian

Biasanya pada kegiatan pertemuan PKK terdapat berbagai promosi produk contoh : produk kesehatan, perlengkapan alat rumah tangga, demo masak, atau dari instansi semisal puskesmas, KB, termasuk siraman rohani dan ibadah seperti perawatan jenazah.

Apabila tidak ada promosi atau apapun dari instansi, acara isian-isian ini ditiadakan dan langsung ditutup oleh mbak Yoseni, maksud saya MC pembawa acara.

Penutup

Acara terakhir adalah penutup, doa telah dilantunkan didepan, yang menutup acara ada yang menyerahkan kepada tuan rumah, adapula ditutup oleh pembawa acara.

Nah demikian contoh susunan acara pertemuan PKK, karena sifatnya yang semi non formal biasanya acara ini fleksibel.

Demikian informasi contoh susunan acara kegiatan arisan PKK, semoga menjadikan tambahan informasi bagi para ibu ibu mamah muda yang cantik maupun senior manisnya. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.