SK Pengurus Madin

sk-pengurus-Madrasah-Diniyah

SK Pengurus DTA. Download Contoh surat keputusan tentang pengangkatan Pengurus Madrasah Diniyah Takmiliyah yang biasa disebut MDT atau DTA MDTA DT MDTU MDTW dalam format doc ms word bisa diedit berguna saat dipergunakan untuk memenuhi persyaratan pengajuan bantuan dari pemerintah melalui APBN lewat Kemenag ataupun APBD Provinsi Kabupaten Kota.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa baakatuh. Dalam panduan pengelolaan madrasah Diniyah Takmiliyah yang dikenal dengan madin ini disebutkan bahwa setidaknya ada 3 orang yang menjadi tenaga kependidikan pada Madrasah Diniyah Takmiliyah yaitu Kepala Madrasah, Tata Usaha Tenaga administrasi dan Petugas Perpustakaan.

Selanjutnya dalam struktur organisasi MDT baik Awaliyah wustha maupun ulya diserahkan kepada lembaga, akan tetapi setidaknya dalam struktur organisasi pada madrasah Diniyah Takmiliyah didalamnya terdapat Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah, Guru/ustadz, Tenaga administrasi/staff tata usaha, Santri.

Itulah ulasan sedikit tentang tenaga pendidik dan kependidikan pada madin disertai dengan komponen organisasi lembaga.

SK Pengurus Madin

Dalam susunan SK Pengangkatan pengurus Madrasah Diniyah Takmiliyah dibawah ini setidaknya terdapat 2 pertimbangan yaitu;

Pertama, untuk menggalakkan syiar Agama Islam dan sebagai sarana pelengkap (komplemen) pada peningkatan kemampuan pelajaran Agama Islam di Sekolah Umum para siswa di Lingkungan madrasah diniyah beroperasi.

Selanjutnya guna kelancaran pelaksanaan tugas, tanggungjawab kegiatan Madrasah Diniyah Takmiliyah perlu membentuk dan mengangkat pengurus.

Kedua, Bahwa Personel yang namanya tercantum pada lampiran surat Surat Keputusan pengangkatan pengurus ini dinilai memiliki kemampuan dan kecakapan diangkat sebagai Pengurus madin.

Kemudian dalam pengangkatan pengurus TPQ ini yang kemudian memicu terbitnya surat keputusan pengangkatan pengurus TPA adalah;

  • Undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  • Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan;
  • Peraturan Presiden Nomor 83 tahun 2015 tentang Kementerian Agama;
  • Peraturan Menteri Agama Nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam;
  • Rapat Pengurus atau yayasan atau organisasi apapun yang nanti mengeluarkan Surat Keputusan ini disertakan tanggal bulan dan tahunnya.

Jika disimak maka aturan diatas sama saja sebagaimana yang kami buat untuk contoh Majelis taklim atau TPQ.

SK-pengurus-madin

Alasannya karena memang ketiga lembaga ini (Majelis Taklim, TPQ dan Madrasah Diniyah) berada dalam naungan yang sama yaitu lembaga pendidikan Diniyah nonformal.

Untuk TPQ dan Majelis Taklim masuk pada kategori Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ), sedangkan madrasah Diniyah Takmiliyah berdiri sebagai kategori tersendiri yang memiliki 4 buah jenjang yaitu awwaliyah, wustha ulya dan al jamiah.

Dari situ (pertimbangan hukum dan aturan) kemudian ketua yayasan atau ketua pengurus Masjid atau siapapun dia yang berhak untuk menandatangani surat memutuskan;

Menetapkan yang pertama yaitu Menunjuk dan mengangkat nama-nama yang tercantum dalam lampiran surat keputusan ini sebagai Pengurus Madrasah Diniyah Takmiliyah / MDT, yang dikelola serta alamatnya dan juga dicantumkan masa bakti (opsional).

Putusan kedua yaitu Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal di tetapkan dengan ketentuan apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan akan diadakan perubahan dan perbaikan sebagaimana mestinya.

Untuk yang ketiga disampaikan Kepada yang bersangkutan agar dapat melaksanakan tugas sebaik baiknya dan bertanggungjawab.

Pada bagian paling bawah di SK Pengangkatan Pengurus Madrasah Diniyah Takmiliyah diberi nama kota tanggal bulan tahun serta dibubuhi tanda tangan ketua Yayasan, dibawah tanda tangan terdapat nama lengkap sang ketua.

Di Bagian lampiran, dibuat dalam bentuk kolom yang terdiri dari nomor nama jabatan serta nama orang yang diangkat sebagai pengurus lembaga Madin.

Susunan Jabatan yang tercantum dalam contoh ini tidak bersifat baku, bisa diubah sesuai dengan kebutuhan lembaga dan ketersediaan personel pengurus.

Review SK Pengurus TPQ

Seperti apa contoh SK yang dibuat?
SK ini terdiri dari 2 lembar Surat Keputusan dan selembar lampiran yang memuat nama pejabat serta jabatannya.

Anda dapat scroll naik turun guna melihat keseluruhan lembarannya melalui tampilan ini jika anda tidak berminat untuk mengunduhnya alias hanya sekedar ingin melihat saja, irit drive hape komputer serta menghemat data kuota pulsa anda.

Berikut tampilannya.

Menginginkan untuk mengunduh atau download contoh SK Pengurus Madin? Silakan anda lanjut membaca dibawah ini yang akan anda temukan dengan mudah tautannya.

Download SK Pengurus Madrasah Diniyah Takmiliyah

Sebagaimana tertulis diatas, tautan atau link yang dibagikan ini berisi tentang contoh SK Pengangkatan Pengurus Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam format doc berbentuk ms word yang dapat di edit atau copy paste sesuai dengan selera.

Dibuat dalam format ukuran kertas F4 tepatnya ukuran panjang 21,5 cm dan lebar 33,02 cm dan margin atas 2 cm. Untuk kiri kanan bawah dengan margin 3 cm.

Berikut link tautannya

Download Contoh SK Pengurus Madin

Berakhir pula tulisan ini dengan selesai anda download file contoh mengenai Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus Madrasah Diniyah Takmiliyah. anda dapat melihat informasi yang lain mengenai madin dengan banyak tautan yang kami lampirkan dibawah.

Sugeng Dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

2 Comments on “SK Pengurus Madin”

Silakan berkomentar