Alasan TPQ tidak melaksanakan ujian Semester

Posted on
santri pondok pesantren setingkat SDPontren.com – analisa tentang Taman Pendidikan Al Qur’an tidak mengadakan kegiatan ujian semesteran pada lembaga yang dikelola berdasarkan pendapat dari pontren.com.
Ujian semester merupakan komponen parameter mengetahui kemampuan anak didik atau santri TPQ. Salah satu manfaat ujian semesteran setiap 6 bulan sekali bisa menjadi ajang evaluasi serta parameter para guru ustadz dalam menentukan langkah kedepan baik secara kurikulum ataupun metode mengajar serta pengelolaan lembaga.

Baca :

Pada kenyataannya sudah banyak lembaga TPQ (yang masyarakat biasa menyebut dengan TPA ) sudah melaksanakan kegiatan ini baik secara mandiri ataupun kolektif bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan alquran. Kerjasama ini bisa berupa antar Lembaga atau dibawah Koordinasi Badko TPQ.

Dan tidak kalah banyak yaitu lembaga Taman pendidikan Alquran yang tidak melakukan ujian semester. Beberapa faktor sebab yang mungkin salah satu sebagai alasan ketiadaan ujian pada Lembaga pendidikan alQur’an dimaksud.

pengawas ujian santri putri (ilustrasi)
pengawas ujian santri putri (ilustrasi)

Berikut analisa beberapa hal penyebab tidak terlaksana ujian semesteran pada TPQ.

1. Lembaga TPQ tidak ada pembagian raport di akhir semester

Dengan tidak adanya pembagian rapot menyebabkan para pengelola TPQ baik kepala maupun dewan guru ustadz ustadzah tidak melaksanakan kegiatan ini

2. Ketiadaan soal ujian

loading...

Sangat mungkin pengelola TPQ menginginkan adanya ujian semester akan tetapi tidak bisa melaksanakan disebabkan soal ujian yang tidak dimiliki. Ketiadaan soal ini bisa karena beberapa faktor yaitu ;

  • Guru/ustadz tidak mampu atau malas membuat soal ujian
  • Guru tidak mau mencari contoh soal lewat media online atau internet
  • Tidak ada drop master soal baik dari Badko/organisasi TPQ maupun instansi terkait (kemenag/pemda)

3. Pengelolaan TPQ yang alakadarnya asal jalan.

Dengan tata kelola yang kurang bagus sehingga tidak ada penjadwalan ujian semester.

4. Ketiadaan dana

laporan pondok pesantrenDalam hal penggandaan soal, diperlukan sedikit dana untuk mencetak atau fotocopy sejumlah soal dan lembar jawab dikalikan dengan jumlah santri. Dengan kondisi keuangan lembaga yang memprihatinkan membuat gagal ujian semester.

5. Kurang support dari lembaga atau instansi terkait dalam hal kegiatan ujian.

Dengan keabaian instansi atau lembaga yang berwenang menjadikan pengurus dan pengelola TPQ tidak ada perhatian dalam hal evaluasi pembelajaran dalam satu semester/6 bulan.

Saran Masukan

Setelah ada pemetaan masalah diatas dalam hal kegagalan ujian semester maka salah hal yang bisa dilakukan guna tercapainya kegiatan ujian semesteran, hal yang diperlukan adalah ;

  • Guru/ustadz ustadzah belajar membuat soal ujian
  • Badko TPQ/ Seksi PAKIS/PD Pontren Kemenag melakukan drop master soal
  • Peningkatan kualitas tata kelola lembaga pendidikan TPQ
  • Koordinasi dengan takmir masjid atau majelis taklim sekitar guna pendanaan TPQ
  • Adanya support dan pendampingan baik berupa supervisi maupun kunjungan dari instansi terkait guna pembinaan pelaksanaan ujian semester.

Itulah beberapa hal mengenai pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam 6 bulan berbentuk ujian semesteran baik kendala alasan gagal dilaksanakan maupun saran berdasarkan team pontren.com.

Selamat beribadah.

loading...

Silakan berkomentar