niat-puasa-hari-senin

Hadits tentang Niat

Hadits tentang niat dan artinya. Informasi tentang matan hadits tentang niat dan artinya yang terkenal diambilkan dari arbain nawawi disertai dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat sore, kali ini akan kami tuliskan tentang hadis berkenaan dengan niat disertai arti dalam bahasa Indonesia.

loading...

Baca;
Hadits tentang Kebersihan dan latinnya;
Hadits tentang kejujuran;
Hadits tentang kewajiban menuntut ilmu agama.

Salah satu hadits yang berkenaan dengan niat yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hafsh Umar Bin Al Khattab, dari Amirul Mukminin bahwasanya dia mendengar nabi Muhammad (rasulullah saw) bersabda;

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Latin : innamal ‘a’maalu binniyyaati, wa innamaa likulli mriin maa nawaa, faman kaanat hijrotuhu ilallahi wa rosuulihi fahijrotuhu ilallaahi wa rosuulihi, wa man kaanat hijrotuhu lidunyaa yushiibuhaa awimroatin yatazawwajuhaa fahijrotuhu ilaa maa haajaro ilaihi.

artinya “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.

(Hadits Riwayat Al Imam al Bukhari dan Al Imam Al Muslim) HR Bukhari no 1 dan Muslim no 1907.

Pengertian niat

dibawah ini adalah pengertian niat secara bahasa dan istilah atau yang istilah kerennya secara etimologi dan terminologi.

Secara bahasa, Niat berasal dari bahasa arab yaitu an niyat yang merupakan bentuk jamak dari niyah.

Secara istilah, pengertian niat berarti al qoshdu yang bermakna maksud. Niat juga berarti al azm yaitu keinginan yang kuat.

Fungsi niat

Mengutip dari situs muslim.or.id, yang memaparkan penjelasan tentang fungsi niat menurut Al-Hafidz Ibnu Rajab Al-Hambali, ada 2 fungsi dari niat. Adapun kedua fungsi niat adalah;

Pertama, berfungsi untuk membedakan ibadah satu dengan ibadah yang lain atau membedakan antara ibadah dengan kebiasaan.

Kedua, untuk membedakan tujuan seseorang dalam melakukan ibadah, apakah seseorang melaksanakan ibadah karena mengharap wajah Allah atau dia beribadah karena selain Allah, semisal karena mengejar wanita, pujian dari orang lain dll. (al Jami al ulum wal hikam h. 67)

Penutup

Demikian informasi tentang hadits tentang niat dan artinya disertai pengertian apa itu niat secara bahasa dan istilah dan penjelasan dari fungsi niat.

Sugeng sonten, selamat beraktivitas, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

2 pemikiran pada “Hadits tentang Niat”

  1. Ini informasi yang sangat bermanfaat. Setiap perbuatan tergantung pada niat. Mungkin ini juga yang mendasari kita nggak punya kewenangan buat menilai apakah perbuatan seseorang itu riya atau tidak, meskipun ia menampakkan perbuatannya pada dunia luar. Karena niat adalah perkara hati dan yang tahu isi hati cuma sang empunya dan Tuhan, ya. Terima kasih buat pencerahannya.

    Balas

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: