hadist-kebersihan

Hadist tentang Kebersihan

Beberapa contoh atau daftar tentang hadist kebersihan dalam tulisan arab dan latin beserta artinya ada yang dilengkapi dengan harakat atau syakal fathah kasrah dhommah dan harakat yang lain, adapula dengan tanpa harakat atau arab gundul.

Pontren.com – assalamu’alaikum kamu muslimin wa muslimatin dimanapun berada utamanya yang sedang berselancar di dunia maya, kebersihan merupakan salah satu hal yang mendapatkan perhatian atau porsi dalam agama Islam, contohnya ada bab Taharah di awal pembahasan buku buku fikih klasik yang sampai saat ini banyak dipelajari oleh santri salaf ataupun salafy.

Dan juga pelajaran wudhu di awal pembelajaran pada pelajaran Agama Islam pada pembelajaran sekolah umum SD atau pada Madrasah Ibtidaiyah.

Berikut adalah beberapa hadist tentang kebersihan yang dapat dijadikan pedoman baik dalam materi kultum atau khutbah jumat maupun untuk dasar semangat bersih bersih diri dan lingkungan.

Juga dapat menjadi bahan dasar untuk pelajaran anak anak santri di lembaga pendidikan Islam semisal TKQ TPQ TQA Madrasah Diniyah Takmiliyah maupun sekolah arab.

Berikut hadis tentang Kebersihan yang bisa kami kemukakan.

Hadis Tentang Kebersihan

attohuru-syatrul-iman

berikut beberapa hadist yang memuat konten mengenai kebersihan baik berkaitan dengan ibadah maupun kebersihan secara umum.

عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلآَنِ أَوْ تَمْلأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَالصَّلاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا ) رواه مسليم:328)

Artinya: Dari Abu Malik al-as’ari berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Bersuci itu sebagian dari iman, membaca alhamdulillah adalah memenuhi timbangan amal, membaca subhanallah wal hamdulillah adalah memenuhi seisi langit dan bumi, salat sunah adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, sabar adalah sinar yang memancar, dan Al-Qur’an adalah hujjah (argumen) dalam pembicaraanmu. Setiap manusia pada waktu pagi hari, hakekatnya harus memperjual belikan dirinya. Ada kalanya ia laba (selamat dari maksiat) dan ada kalanya rugi (terseret maksiat) (Hadist Riwayat Muslim: 328).

Sesungguhnya Allah Ta’aala itu baik dan Allah menyukai kebaikan, Allah itu bersih dan Allah menyukai Kebersihan, berikut hadist yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi nomor 2723

إِنَّ اللَّهَ تَعَالى طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ )

Artinya: Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu.

عَنْ أَبِيْ مَالِكْ الْحَارِثِي ابْنِ عَاصِمْ اْلأَشْعَرِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الطُّهُوْرُ شَطْرُ اْلإِيْمَانِ….

“Dari Abu Malik, Al Harits bin Al Asy’ari ra, ia berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: “Suci itu setengahnya dari iman….” (HR. Muslim)

Hadis yang berkaitan dengan kebersihan badan dan perawatannya semisal bercukur, potong kuku, khitan, mencabut bulu ketiak serta membuat kumis menjadi rapi.

حدّثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَ عَمْرٌو النّاقِدُ وَ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، جَمِيعاً، عَنْ سُفْيَانَ.
قَالَ أَبُو بَكْرٍ: حَدّثَنَا ابْنُ عُيْيَنَةَ عَنِ الزّهْرِيّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النّبِيّ صلى الله عليه وسلم قَالَ:الْفِطْرَةُ خَمْسٌ (أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ) الْخِتَانُ، وَالاِسْتِحْدَادُ، وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ،وَنَتْفُ الإِبِطِ، وَقَصّ الشّارِبِ.

Fitrah manusia ada lima yaitu dikhitan (disunat), mencukur rambut kemaluan, memotong kuku (kuku tangan dan kaki), mencabuti bulu ketiak, serta menggunting (merapikan) kumis.”

Diriwayatkan dalam Hadist Riwayat At Turmudzi nomor 221 bahwasanya kunci sholat adalah bersuci. berikut matan hadist beserta gambar dalam format PNG.

hadist-tentang-kebersihan

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِفْتَاحُ الصَّلاةِ الطُّهُورُ

Artinya : “Kunci dari salat adalah bersuci.”

bersiwak juga mendapatkan perhatian khusus yang dalam hadist yang diriwayatkan oleh imam an nasa’i bahwasanya siwak merupakan pembersih muluit dan merupakan sebab keridhaan dari Allah, berikut hadistnya;

اَلسِّوَاكُ مُطَهِّرَةٌ لِلْفَمِّ مُرْ ضَاةٌ لِلرَّبِّ

Siwak itu pembersih mulut dan merupakan penyebab keridhaan dari Allah

Penutup Tentang Hadist Kebersihan

Itulah beberapa hadist riwayat beserta artinya berkaitan dengan kebersihan termasuk gambar hadis pendek tentang kebersihan yang dapat dijadikan DP pada whatsapp atau instagram sebagai pengingat mengenai hadis kebersihan.

loading...

Silakan berkomentar