EMIS PAI

EMIS PAI Pengawas dan GURU Agama Islam

Informasi tentang alur dan mekanisme pendataan guru PAI (Pendidikan Agama Islam) dan Pengawas PAI Tahun Pelajaran 2019/2020 berdasarkan info dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melalui infografis IG.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Sugeng siang menjelang sholat jumat kepada para Guru Agama Islam dan Pengawas PAI pada Sekolahan Umum di Indonesia baik di jenjang pendidikan Tingkat SD, SMP, SMA maupun SMK.

loading...

Informasi yang dibawa kali ini adalah berita tentang kapan waktu pendataan untuk emis PAIS, bagaimana cara login EMIS PAI, dokumen yang perlu disiapkan, dan apa yang perlu dilakukan setelah selesai melakukan update data.

Langsung saja tanpa basa basi berikut informasinya.

Jadwal entry EMIS Guru PAI

Bagi kalangan guru agama Islam, waktu atau tanggal yang dicanangkan dalam rangka emis TP 2019/2020 adalah mulai tanggal 20 Februari 2020 sampai dengan 30 April 2020.

Jadi ada tenggang waktu sekitar 70 hari guna melakukan update data EMIS PAIS ini.

Dokumen yang di scan untuk EMIS PAI

Ada banyak dokumen yang perlu discan guna keperluan upload data dalam emis PAI TP 2019/2020.
Setidaknya terdapat 10 macam dokumen (bisa jadi 1 macam file terdapat beberapa tumpuk dokumen, misalnya SK, Piagam Penghargaan, dll).

Dalam ketentuan file ini berupa foto scan/dokumen digital dengan ukuran maksimal 200 kilobite, dengan bentuk PDF atau JPEG.

Berikut berbagai dokumen yang perlu guru PAI atau pengawas agama Islam untuk discan persiapan upload data digital;

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Ijazah;
  • Sertifikat Diklat;
  • SK Kepegawaian;
  • SK Jadwal Mengajar;
  • SK Riwayat Inpassing;
  • Keterangan organisasi profesi;
  • SK nomor registrasi Guru;
  • Karya Tulis;
  • Sertifikat Penghargaan.

Lumayan banyak juga file nya. Tapi mau tidak mau anda harus melakukan biarpun sambat atau dongkol repot dan adakalanya mengorbankan waktu untuk berpikir bagaimana baiknya kegiatan belajar mengajar.
Tau sendiri khan, akibatnya sertifikasi atau yang lain 😉

Login emis PAI

login-emis-pais
sumber : IG Dirjen Pendis Kemenag RI

Setelah semua dokumen diatas telah lengkap dan di scan sesuai dengan ketentuan (maksudnya format PDF/JPEG dengan file tidak lebih dari 200 kb) , selanjutnya masuklah atau login dengan akun anda ke

http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai

Kalau perlu anda catat alamat ini supaya dilain hari melakukan entry atau penambahan edit data dapat dilakukan tanpa harus bingung bertanya Tanya ke kiri kanan atau ke Kemenag Kabupaten yang sudah menumpuk pekerjaannya.

updating data ini dilakukan secara pribadi atau personal yang bersangkutan dengan menggunakan user dan password.

Adapun keterangannya sebagai berikut;

  • User = NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  • Password = sudah ditentukan, monggo menghubungi operator EMIS PAI Kementerian Agama Kabupaten atau kota setempat.

Setelah dapat log in, selanjutnya isi keseluruhan pertanyaan yang diajukan dengan benar dan upload atau unggah dokumen yang diminta.

Yang dilakukan setelah mengisi data EMIS PAI

Setelah kesemua pertanyaan anda jawab dengan benar selanjutnya anda unduh atau download, kemudian cetak hasil unduhan dimaksud.

Adapun dokumen yang diunduh adalah “Tanda Bukti Updating data EMIS Semester Genap tahun pelajaran 2019/2020 dan jangan lupa termasuk lampiran lampirannya. (lampirannya sebanyak 4 halaman) kesemuanya diunduh dan dicetak).

Selesai anda mengunduh file dan mencetak kesemuanya tanda bukti update data emis semester genap guru PAI atau Pengawas, maka selesai sudah acara anda ber EMIS ria.

Demikian informasi pagi ini. Sugeng siang menjelang sholat jumat, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

2 pemikiran pada “EMIS PAI Pengawas dan GURU Agama Islam”

  1. Jadwal sudah diinput semua …. pada saat cetak bukti updating, jadwal yang muncul hanya 1 baris atau tidak lengkap, mohon solusinya …..

    Balas
    • pertanyaan anda sudah saya sampaikan ke operator emis PAIS di salah satu Kabupaten, sayangnya jawaban yang diterima kurang memuaskan. jawaban beliau seperti ini ” memang EMIS tidak stabil”, kalau ada perkembangan jawaban insyaallah saya tuliskan disini. mohon maaf sebelumnya mas Dadang Permadi.

      Balas

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: