sholat wajib

Pengertian Sujud Syukur Kapan dilakukan dan berapa kali

Informasi tentang pengetian dari sujud syukur dan dan dilakukan berapa kali sebanyak dilaksanakan beserta waktu syujud syukur kapan saatnya beserta keterangan tempat pelaksanaan.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sugeng enjang selamat pagi, pernah dengar sujud syukur? Bagaiaman hukumnya? Jika anda hendak mengetahui mengenai hal berkaitan dengan bahasan ini anda dapat membuka buku fikih MTs kelas 8, yang rangkumannya sebagaimana dibawah ini.

Pengertian sujud syukur

Jika ada pertanyaan dalam ujian mid semester atau semesteran untuk MTs kelas 8 dengan bunyi “ Sujud Syukur adalah? Maka jawaban dibawah ini.

Sujud adalah meletakkan dahi seluruh bagian telapak tangannya di atas tanah dan mengangkat kedua siku-sikunya.di atas tanah dengan penuh ketundukan dan kekhusyu’an Sedangkan syukur dan kata-kata yang seakar dengannya di dalam al-Quran meliputi makna ‘pujian atas kebaikan’, ‘ucapan terimakasih’, atau ‘menampakkan nikmat Allah Swt ke permukaan’, yang mencakup syukur dengan hati, syukur dengan lidah, dan syukur dengan perbuatan. Di dalam hal ini, syukur juga diartikan sebagai ‘menggunakan anugerah Ilahi sesuai dengan tujuan penganugerahannya’

Pengertian sujud syukur : sujud terima kasih, yaitu sujud satu kali di waktu mendapat keuntungan yang menyenangkan atau terhindar dari kesusahan yang besar.

Dalil tentang sujud syukur

Berikut dalil naqli mengenai sujud syukur yang terdapat dalam alquran beserta ayatnya.

Surat Ibrahim Ayat 7

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

tulisan Latin : Wa iż taażżana rabbukum lain syakartum laazīdannakum wa laing kafartum inna ‘ażābī lasyadīd

Arti bahasa Indonesia : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Surat Al-Baqarah Ayat 152

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Tulisan Latin: Fażkurụnī ażkurkum wasykurụ lī wa lā takfurụn

Artinya : Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Hadits tentang sujud syukur

Dari riwayat Ahmad 1:191 dan alHakim 1:735 (dan menurut Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi) Dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah sujud yang panjang, kemudian beliau mengangkat kepalanya, lantas beliau bersabda;

إِنَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ أَتَانِى فَبَشَّرَنِى فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ مَنْ صَلَّى عَلَيْكَ صَلَّيْتُ عَلَيْهِ وَمَنْ سَلَّمَ عَلَيْكَ سَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَسَجَدْتُ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ شُكْراً

“Sesungguhnya Jibril ‘alaihis salam baru saja mendatangiku lalu memberi kabar gembira padaku, lalu berkata, “Allah berfirman: ‘Siapa yang bershalawat untukmu, maka Aku akan memberikan shalawat (ampunan) untuknya. Siapa yang memberikan salam kepadamu, maka Aku akan mengucapkan salam untuknya’. Ketika itu, aku lantas sujud kepada Allah sebagai tanda syukur.”

Hukum Sujud Syukur

hukum bersyukur dengan cara melakukan sujud syukur adalah sunah, dengan begitu hukumnya sujud syukur adalah sunnah (dikerjakan mendapat pahala jika ditinggalkan tidak apa apa).

Syarat Sujud Syukur

Dalam mengejawantahkan rasa terima kasih kepada Allah melalui cara sujud, perlu diperhatikan syarat syarat dibawah ini;

a. Suci badan, pakaian, dan tempat,
b. Menghadap kiblat
c. Menutup aurat

itulah persyaratan dalam melaksanakannya. Selanjutnya bagaimana caranya? Silakan disimak lanjutannya.

Cara sujud Syukur

Secara umum, berikut adalah tata cara dalam melaksanakan bersujud Syukur.

  1. Niat (di dalam hati)
  2. Takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan
  3. Takbir untuk sujud tanpa mengangkat kedua tangan
  4. Sujud
  5. Bangkit dari sujud sambil takbir
  6. Duduk sesudah sujud (tanpa membaca tasyahhud)
  7. Salam

catatan mengenai kondisi orang dalam bersujud mengenai kesucian dari hadats, sebagian ulama tidak mensyaratkan harus suci dan sebagian lagi mensyaratkannya.

Bacaan Sujud Syukur

Bacaan sujud syukur ini memiliki kesamaan atau memang sama dengan bacaan sujud tilawah, berikut bacaan sujud syukur lengkap dengan harakat syakal beserta tulisan latin dan artinya;

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

Latin : sajada wajhiya lilladzii kholaqohu wa showwarohu wa syaqqa sam’ahu wa bashorohu bihaulika wa quwwatihi fatabaarokallaahu ahsanul khooliqiin

Artinya:
“Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.”

Membaca bacaan doa sebagaimana yang tersebut dalam Al Quran surah An Naml ayat 19

رَبِّ اَوۡزِعۡنِیۡۤ اَنۡ اَشۡکُرَ نِعۡمَتَکَ الَّتِیۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَیَّ وَ عَلٰی وَالِدَیَّ وَ اَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰىہُ وَ اَدۡخِلۡنِیۡ بِرَحۡمَتِکَ فِیۡ عِبَادِکَ الصّٰلِحِیۡنَ

Latin : robbi auzi’niy an asykuro ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala soolihan tardloohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihiin.

Artinya:
Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.” (al Qur’an Surat An-Naml ayat 19).

Niat Sujud Syukur arab latin dan arti

Berikut bacaan niat sujud syukur lengkap dengan harakat syakal beserta tulisan dalam latin disertai dengan artinya.

نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى

“Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala”.

Arti
“aku niat sujud syukur sunnah karena Allah Ta’ala”.

Manfaat Sujud Syukur

Apa saja manfaat dari sujud syukur? Berikut disampaikan beberapa manfaatnya;

  1. Menjadi selalu ingat kepada Allah Swt, karena nikmat dan karunia hanya dari Nya.
  2. Terhindar dari sifat sombong, karena apa yang diraih manusia berasal dari Allah Swt
  3. Akan menambah nikmat Allah Swt, karena orang yang bersyukur akan ditambah nikmatnya.
  4. Di akhirat akan disediakan tempat yang istimewa bagi yang pandai bersyukur.

Praktek Sujud Syukur

Dalam prakteknya, sujud ini merupakan sujud yang bersifat spontan, misalnya mendengar berita lulus Ujian Nasional atau nilai fikih yang baik, spontan bersujud syukur. Dan juga karena berbagai kenikmatan lainnya.

demikian tentang sujud syukur, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: