contoh-bacaan-idgham-mutamatsilain-dalam-alquran

Contoh Bacaan Idgham Mutamatsilain dalam al Quran surat beserta ayatnya

Informasi tentang contoh bacaan idgham mutamatsilain yang terdapat dalam alquran pada surat dan ayat baik ditulis secara huruf arab lengkap dengan harakat dan syakal serta tulisan latin dan arti dalam contoh bacaan idgham mutamatsilain.

pontren.com – berikut adalah contoh contoh bacaan idgham mutamatsilain dalam al quran dengan disebutkan nama surat beserta terdapat dalam ayat dimaksud guna memudahkan keperluan pembelajaran ilmu tajwid baik dalam pelajaran tajwid itu sendiri maupun penunjang mengerjakan tugas mata pelajaran ilmu alquran dan alhadist pada madrasah.

baca;
Bacaan idgham mutajanisain #
Contoh bacaan idzhar dalam surat pendek #
Contoh bacaan iqlab dalam juz amma beserta nama surat dan ayat #

Dengan adanya contoh bacaan idgham mutamatsilain pada juz 30 surat pendek maupun pada surat lain yang terdapat dalam alquran diharapkan memudahkan para guru ustadz ustadzah maupun orang tua dalam mengajari anak didik dalam pelajaran idgam mutamatsilain secara kongkrit dengan contoh yang terdapat pada surat dan ayat di Al Qur’an.

Berikut beberapa contoh dimaksud.

Contoh bacaan idgham mutamatsilain dalam kalimat;

Berikut adalah beberapa contoh bacaan pertemuan huruf dalam bacaan idgham mutamatsilain dalam kalimat, silakan menyimak.

Huruf ta bertemu dengan ta رَبِحَت تِّجَارَتُهُمْ
Huruf kaf bertemu dengan huruf kaf يُدْرِككُّمُ
Huruf dal bertemu dengan huruf dal وَقَد دَّخَلُوا
Huruf fa bertemu dengan huruf fa يُسْرِف فِّي
Huruf dzal bertemu dengan huruf dzal إِذ ذَّهَبَ
Huruf ba bertemu dengan huruf ba اذْهَب بِّكِتَابِي
Huruf ha bertemu dengan huruf ha يُوَجِّههُّ
Huruf ain bertemu dengan huruf ain لَمْ تَسْتَطِع عَّلَيْهِ
Huruf lam bertemu dengan huruf lam بَل لَّ

Itulah beberapa contoh idghom mutamatsilain dalam kalimat yaitu bertemunya dua huruf yang sama dan di idghamkan atau dimasukkan kedalam huruf kedua.

5 Contoh bacaan idgham mutamatsilain dalam alquran surat dan ayat

Setelah dicontohkan dalam kalimat kalimat diatas, selanjutnya adalah contoh contoh yang ada dalam alquran disertai dengan huruf arab latin serta artinya lengkap dengan nama surat dan ayat.

Berikut contoh bacaan idgham mutamatsilain dalam alquran lengkap dengan ayat dan suratnya

Huruf ba bertemu dengan huruf ba Qur’an surat al baqarah ayat 16

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ اشْتَرَوُا الضَّلَالَةَ بِالْهُدَىٰ فَمَا رَبِحَتْ تِجَارَتُهُمْ وَمَا كَانُوا مُهْتَدِينَ

Ulā`ikallażīnasytarawuḍ-ḍalālata bil-hudā fa mā rabiḥat tijāratuhum wa mā kānụ muhtadīn
artinya : Mereka itulah orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk, maka tidaklah beruntung perniagaan mereka dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.

Huruf Dal bertemu huruf dal Surat Al-Ma’idah Ayat 61

وَإِذَا جَاءُوكُمْ قَالُوا آمَنَّا وَقَدْ دَخَلُوا بِالْكُفْرِ وَهُمْ قَدْ خَرَجُوا بِهِ ۚ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا كَانُوا يَكْتُمُونَ

Wa iżā jā`ụkum qālū āmannā wa qad dakhalụ bil-kufri wa hum qad kharajụ bih, wallāhu a’lamu bimā kānụ yaktumụn
artinya : Dan apabila orang-orang (Yahudi atau munafik) datang kepadamu, mereka mengatakan: “Kami telah beriman”, padahal mereka datang kepadamu dengan kekafirannya dan mereka pergi (daripada kamu) dengan kekafirannya (pula); dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan.

Huruf fa bertemu dengan huruf fa terdapat pada Surat Al-Isra Ayat 33

وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ۗ وَمَنْ قُتِلَ مَظْلُومًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهِ سُلْطَانًا فَلَا يُسْرِفْ فِي الْقَتْلِ ۖ إِنَّهُ كَانَ مَنْصُورًا

Wa lā taqtulun-nafsallatī ḥarramallāhu illā bil-ḥaqq, wa mang qutila maẓlụman fa qad ja’alnā liwaliyyihī sulṭānan fa lā yusrif fil-qatl, innahụ kāna mansuuraa
artinya : Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan.

Huruf Ha bertemu dengan huruf ha, terdapat dalam surat an nahl ayat 76

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا رَجُلَيْنِ أَحَدُهُمَا أَبْكَمُ لَا يَقْدِرُ عَلَىٰ شَيْءٍ وَهُوَ كَلٌّ عَلَىٰ مَوْلَاهُ أَيْنَمَا يُوَجِّهْهُ لَا يَأْتِ بِخَيْرٍ ۖ هَلْ يَسْتَوِي هُوَ وَمَنْ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ ۙ وَهُوَ عَلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Wa ḍaraballāhu maṡalar rajulaini aḥaduhumā abkamu lā yaqdiru ‘alā syaiiw wa huwa kallun 'alā maulāh, ainamā yuwajjihhu lā yati bikhairin hal yastawī huwa wa may ya`muru bil-‘adli wa huwa ‘alā ṣirāṭim mustaqīm
Artinya : Dan Allah membuat (pula) perumpamaan: dua orang lelaki yang seorang bisu, tidak dapat berbuat sesuatupun dan dia menjadi beban atas penanggungnya, ke mana saja dia disuruh oleh penanggungnya itu, dia tidak dapat mendatangkan suatu kebajikanpun. Samakah orang itu dengan orang yang menyuruh berbuat keadilan, dan dia berada pula di atas jalan yang lurus?

Huruf ‘ain bertemu dengan huruf ‘ain pada surat al kahfi ayat 76

قَالَ إِنْ سَأَلْتُكَ عَنْ شَيْءٍ بَعْدَهَا فَلَا تُصَاحِبْنِي ۖ قَدْ بَلَغْتَ مِنْ لَدُنِّي عُذْرًا

Qāla in saaltuka 'an syaiim ba’dahā fa lā tuṣāḥibnī, qad balagta mil ladunnī ‘użrā
Artinya : Musa berkata: “Jika aku bertanya kepadamu tentang sesuatu sesudah (kali) ini, maka janganlah kamu memperbolehkan aku menyertaimu, sesungguhnya kamu sudah cukup memberikan uzur padaku“.

Pengertian idgham mutamatsilain secara bahasa dan istilah

Setelah mengetahui beberapa contoh diatas, berikut adalah penjelasan tentang pengertian dari bacaan idgham mutamatsilaian.

Pengertian secara bahasa adalah (اَلْإدْخَالُ) yang artinya memasukkan
Mutamatsilain secara bahasa yaitu memiliki 2 hal yang sama.
Dengan begitu, idgham mutamatsulain secara bahasa adalah memasukkan huruf yang sama

Pengertian secara istilah adalah bertemunya dua huruf yang sama, baik mahroj ataupun sifatnya.
idghom mutamatsilain terjadi apabila dua huruf bertemu, yang makhroj dan sifatnya sama.

Hukum Bacaan dan Cara membaca idgham mutamatsilain

Adapun hukum dan cara membaca bacaan idgham mutamatsilain adalah harus dimasukkan, diidghamkan, atau ditasydidkan kepada huruf yang kedua.

Pengecualian dalam bacaan idgham mutamatsilaian

Secara hukum diatas ada 2 buah huruf yang dikecualikan dalam membacanya, ini berlaku untuk huruf ya bertemu dengan huruf ya dan huruf wawu bertemu dengan huruf wawu

Contoh ;
فىْ يَوْ مٍ
قَالُوْا وَهُم

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: