tujuan pembelajaran TPQ
ustadzah TPQ di jawa barat sedang menyimak santri mengaji

Bacaan Tashil
Pontren.com – informasi tentang bacaan tashil pada al quran dimulai dari pengertian secara bahasa, menurut istilah, hukum bagaimana cara membaca tashil dan jelaskan serta bacaan tashil dalam alquran di surat apa ayat berapa.

Dengan dirangkumkan dari berbagai sumber semoga menambahkan pengetahuan cara membaca alquran atau ilmu tajwid sesuai dengan rumusan para ahli qiraah sehingga lebih baik dalam beribadah.

Baca;
Pengertian Imalah dan Contohnya
Bacaan Saktah
Bacaan isymam dalam alQuran

Pengertian tashil

Pengertian Tashil ( تسهيل ) secara bahasa berasal dari kata sahhala-yusahhilu-tashiilan (تسهيل يسهل سهل) menurut bahasa artinya memberi kemudahan, keringanan atau menyederhanakan hamzah qatha’ yang kedua,

Pengertian secara istilah adapun menurut istilah qira’ah artinya membaca antara hamzah dan alif.

Tashil adalah meringankan bacaan hamzah yang ke dua

Bacaam Tashil Dalam al Quran

Dalam qira’ah Imam Ashim riwayat Hafs hanya ada satu bacaan tashil yaitu pada QS. Fusshilat: 44


وَلَوْ جَعَلْنٰهُ قُرْءَانًا أَعْجَمِيًّا لَّقَالُوا۟ لَوْلَا فُصِّلَتْ اٰيٰتُهُۥٓ ۖ ءَاَعْجَمِىٌّ وَعَرَبِىٌّ

Alasan lafadz ءَاَعْجَمِىٌّ dibaca tashil, karena apabila ada dua hamzah qatha’ bertemu dan berurutan pada satu lafadz, bagi lisan orang Arab merasa berat melafadzkannya, sehingga lafadz tersebut bisa ditashilkan (diringankan).

Untuk lengkap ayat diatas berbunyi ;

وَلَوْ جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا أَعْجَمِيًّا لَقَالُوا لَوْلا فُصِّلَتْ آيَاتُهُ أَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ وَالَّذِينَ لا يُؤْمِنُونَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُولَئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ بَعِيدٍ

Arti : Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya? Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin.

Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh.

Hukum cara membaca tashil dalam Quran

Bagaimana cara membaca bacaan tashil jelaskan! Jika menemukan soal pertanyaan seperti itu maka rangkuman jawaban silakan diambil dari atas dan sampai dengan bawah ini.

Setelah mengetahui pengertian bacaan tashil baik dari segi bahasa dan pengertian (lughotan wa istilaahan) maka selanjutnya yaitu menambah khazanah ilmu dalam cara membaca bacaan tashil.

Berikut cara membacanya; Hamzah Pertama dibaca biasa dan Hamzah Kedua dibaca disederhanakan. Adapun untuk Cara Membacanya ialah di tengah – tengah antara Huruf Hijaiyah Hamzah dan Huruf Hijaiyah Ha sehingga Lafadz yg keluar tidak seperti Huruf

Hamzah dan tidak juga seperti Huruf Ha, akan tetapi Lafadz yang keluar ditengah – tengah Kedua Huruf tersebut (Samar – Samar).

Untuk Contoh Bacaan Gharib Tashil didalam Al Qur’an ini sebagaimana telah tertulis diatas bahwa hanya ada 1 saja yaitu didalam Surat Fushshilaat Ayat 44 yakni :

ءَا۠عۡجَمِىٌّ۬ وَعَرَبِىٌّ۬‌ۗ

yang cara membacanya adalah; (aa’jamiyyu wa’arobi)

Jadi dibaca aa‘jamiyyuwwa‘arbiy [terkesan panjang 2 harakat], dan bukan a a‘jamiyyuwwa‘arbiy.

Demikian informasi mengenai bacaan tashil dalam alquran baik secara pengertian istilah maupun bahasa dan juga keterangan hukum cara membaca bacaan beserta contoh dan letak dalam ayat surat alquran.

loading...