Huruf Huruf Idzhar Halqi

pelajaran tajwid TPQ

Informasi tentang nama nama huruf apabila ada nun mati atau tanwin yang bertemu dengan 6 huruf sebagaimana nanti disebutkan sehingga dalam ilmu tajwid disebut dengan hukum bacaan idzhar halqi. Enam huruf dimaksud yaitu ھ, أ, غ, ع, خ, ح

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, salah satu pelajaran yang ada di awal pembelajaran pada materi al-Qur’an dan Al Hadits pada MTs biasanya terdapat materi ilmu Tajwid.

Nah di awal inilah paling lazim membahas tentang bacaan hukum dari nun sukun atau tanwin.

Salah satu dari hukum nun sukun atau tanwin disebut dengan bacaan idzhar halqi.

Dalam soal pada buku ataupun pertanyaan di ujian ulangan harian bahkan semesteran, bisa terdapat pertanyaan yang berbunyi “ada berapa huruf idzhar halqi? Sebutkan semuanya dengan contoh masing masing huruf!

Berikut jawabannya, jumlah huruf idzhar halqi adalah enam (6) yang terdiri dari huruf alif/hamzah, ha, kho, ‘ain’ ghain dan ha.

nama nama huruf idzhar Halqi

Adapun hukum bacaan idzhar halqi ini terjadi apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu dari 6 huruf idzhar halqi sebagai berikut;

Huruf HijaiyahTulisan Latin
أAlif/hamzah
حha
خkho
ع‘ain
غghain
ھha
6 huruf idzhar Halqi

Itulah keenam huruf idzhar halqi.

Contoh huruf dan bacaan idzhar halqi

Dibawah ini adalah contoh dari masing masing huruf diatas apabila bertemu dengan nun sukun atau tanwin.

Berikut nama surat beserta ayat untuk contoh bacaan idzhar halqi.

Huruf alif (ا)
bertemu dengan kasratain , ــٍــ dengan huruf alif dalam bacaan غَاسِقٍ إِذَا terletak di surat al falaq ayat 3 yang berbunyi

وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ

Contoh idzhar halqi huruf ha (ح).
yaitu bertemunya nun sukun dengan huruf ha dalam kalimat وَانْحَرْ dalam surat al Kautsar ayat 2 yang berbunyi

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

contoh bacaan idzhar halqi huruf kho (خ)
contoh bertemunya nun sukun dengan huruf kho dalam kalimat مِّنْ خَوْفٍۭ yang terdapat dalam surat al Quraisy ayat 4 yang bunyinya

ٱلَّذِىٓ أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَءَامَنَهُم مِّنْ خَوْفٍۭ

contoh idzhar halqi huruf ‘ain (ع)
Contoh bacaan nun sukun bertemu dengan huruf ‘ain dalam kata أَنْعَمْتَ terdapat dalam surat al fatihah ayat 7 yang berbunyi

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Contoh idzhar halqi huruf ghain (غ)
Contoh bertemunya dhommatain (ــٌـ) bertemu dengan huruf ghain غ dalam bacaan أَجْرٌ غَيْرُ yang terdapat pada surat at tiin ayat 6 yang berbunyi

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

Contoh idzhar halqi huruf
Contoh bertemunya nun sukun bertemu dengan huruf HA (ه) dalam kalimat عَنْهُ yang terdapat dalam surat al lahab ayat 2 yang berbunyi:

مَا أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ

Cara membaca idzhar halqi

Demikianlah informasi tentang nama nama huruf idzhar halqi yang berjumlah enam disertakan pula dalam contoh kata yang terdapat dalam al-Qur’an.

Adapun hukum atau cara membaca dari ilmu tajwid untuk idzhar halqi yaitu menjelaskan suara nun sukun atau tanwin nya, tanpa ditambahkan suara dengung.

Sekedar informasi dan catatan, keseluruhan contoh bacaan idzhar halqi diatas diambilkan dari surat pendek juz 30 atau biasa disebut dengan juz amma.

Penutup

Masih banyak contoh yang lain jika hendak menemukan hukum bacaan nun sukun atau fathatain, kasratain, dhommatain yang bertemu dengan huruf alif, ha, kho, ‘ain, ghoin, dan ha dalam al-Qur’an yang dikenal dengan bacaan idzhar halqi.

Wilujeng sonten, selamat belajar dan menambah khazanah keilmuan bidang tajwid guna peningkatan keimanan dan ketaqwaan serta keberhasilan dalam pemahaman ilmu tajwid utamanya dalam pelajaran Qur’an Hadits pada Madrasah Ibtidaiyah ataupun Madrasah Tsanawiyah (MTs). Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar