ilustrasi santri TPQ mengaji
ilustrasi santri TPQ mengaji

Bacaan Naql dalam al Qur’an
Pontren.com – keterangan dan informasi mengenai bacaan gharib naql yang merupakan salah satu dari bacaan gharib dalam alquran dari segi dimana bacaan tersebut ditemukan dalam alquran, hukum cara membacanya serta pengertian baik secara bahasa maupun istilah.

Dengan mengetahui haql diharapkan semakin meningkatkan kualitas bacaan yang sesuai dengan ilmu tajwid dan disandarkan kepada bacaan para ahli qiraah sebelumnya dengan dasar dan hukum bacaan yang diketahui dalam praktek membaca.

Baca;
Isymam dalam ilmu tajwid
Pengertian Imalah
Bacaan Saktah dalam alquran

Pengertian naql

Berikut adalah pengertian dari bacaan naql secara bahasa dan istilah (arti bacaan naql)

Pengertian naql secara bahasa yaitu ; berasal dari kata naqala yanqilu naqlan نَقَلَ – يَنْقِلُ – نَقْلًا yang memiliki arti atau artinya memindah.

Sedangkan pengertian naql secara istilah khususnya qiraah adalah; memindahkan harakat ke huruf sebelumnya.

Jika anda mendapatkan pertanyaan lisan atau tertulis yang berbunyi,” Jelaskan pengertian bacaan naql Menurut imam hafs (tentunya yang dimaksud adalah Imam Hafsh bin Sulaiman), maka dijawab dengan Dalam qira’ah Imam Ashim riwayat Hafs ada satu bacaan naql yaitu lafadz بِئْسَ الْاِسْمُ pada QS. Al-Hujurat: 11.

Alasan dibaca naql pada lafadz الْاِسْمُ adalah karena adanya dua hamzah washal, yakni hamzah al ta’rif dan hamzah ismu yang mengapit lam, sehingga kedua hamzah tersebut tidak terbaca apabila disambung dengan kata sebelumnya. Faidahnya bacaan naqlialah untuk memudahkan dalam mengucapkannya atau membacanya.

Bacaan naql dalam alquran QS Al Hujuraat ayat 11

Dimanakah letak bacaan naql dalam alquran? Jika disandarkan kepada qiraah imam ashim bahwasanya bacaan naql terdapat pada Qur’an Surat Al Hujuraat ayat 11. Adapun bunyi dan arti dari ayat dimaksud selengkapnya sebagaimana dibawah ini;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Artinya;

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.

Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Bacaan naql terdapat dalam contoh kata

santri pondok tahfidz

Dari ayat diatas, banyak kata yang bisa jadi murid atau siswa bahkan orang dewasa mengalami kesulitan menemukan dimanakah yang dibaca naql? Silakan disimak pada awal kalimat inilah naql dibaca;

ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ

Artinya ;

Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman

Cara membaca naql

Berikut adalah cara membaca naql pada surat al Hujuraat ayat 11

Lafadh بِئْسَ اْلاِسْمُ selanjutnya dibaca naql dengan بِئْسَ لِسْمُ yakni memindahkan harakat alif (kasrah) pada huruf lam yang mati.

Bacaan yang awalnya Bi’sal ismu (بِئْسَ اْلاِسْمُ) dibaca secara naql menjadi bi’salismu (بِئْسَ لِسْمُ )

Demikian cara membaca alquran secara naql.

Penutup

Dengan mengetahui letak bacaan naql dalam alquran beserta tau bagaimana cara membacanya tentunya akan semakin meningkatkan kompetensi membaca kitab suci alQuran dalam beribadah.

Demikian salam belajar ilmu tajwid bacaan gharib dalam alquran

loading...