Lomba TPQ Ramadhan, Ide Perlombaan Yang Meriah

ketentuan-lomba-hafalan-surat-pendek

Lomba TPQ saat bulan ramadhan, ide perlombaan TPA pada saat bulan puasa untuk anak yang meriah menyemarakkan dan sebagai sarana menarik santri untuk belajar mengaji.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, momen Bulan Romadhon memang penuh berkah dan hidayah. Contoh kongkritnya anak-anak yang mengaji lebih banyak dari bulan lain.

Yang biasanya jarang ikut TPA pada saat bulan puasa juga rajin datang ke masjid atau tempat belajar mengaji. Jadwal TPQ atau TPA yang dalam satu minggu masuk dua sampai dengan empat kali menjadi masuk setiap hari.

Bahkan ada TPQ atau TPA yang sifatnya tiban. Maksudnya yaitu hanya eksis saat bulan puasa Ramadhan.

Lepas dari adanya jaburan, saya kira tetap saja jumlah santri yang belajar mengaji lebih banyak daripada bulan yang lain. dahulu kala saat saya kecil, di kampung saya belum model sedekah buka puasa di Masjid, tetap saja santri TPQ jumlahnya bertambah dari hari biasa.

oh iya, balik membahas tentang lomba saat bulan yang penuh berkah ini. Lazimnya kegiatan lomba pelaksanaannya sudah mendekati hari raya idul fitri atau 10 hari terakhir.

Mungkin saja ada yang melakukan pada pertengahan bulan. Sangat jarang yang melaksanakan perlombaan pada awal bulan puasa.

Saran Lomba TPQ Ramadhan, Jenis Perlombaan dan Ide

Kalau saya pribadi membagi perlombaan antar santri ini menjadi 2 macam. Yang pertama yaitu lomba berupa permainan bagi santri kecil sekitar usia TK sampai kelas 3 SD.

Contoh lomba berbentuk permainan yang mudah alat dan seru misalnya jalan sendok kelereng.

Yaitu anak-anak menggigit sendok yang ada kelerengnya keudian berjalan dengan jalur yang sudah ada batasnya. yang pertama sampai duluan tanpa menjatuhkan kelereng maka dialah yang menjadi juaranya.

Ide perlombaan lainnya yaitu memasukkan pena atau pulpen kedalam botol. caranya dengan mengikatkan pena pada tali kemudian diikat pada perut peserta, kemudian peserta berjalan, atau memutar tubuh dan berusaha memasukkan pena atau pulpen kedalam botol.

soal-lomba-CCQ
ilustrasi peserta kegiatan lomba

Lomba makan kerupuk, nah ini lumayan praktis juga dalam melakukannya. tinggal membentangkan tali kemudian menempatkan kerupuk yang sudah diukur sesuai dengan ketinggian si anak.

Lomba Jalan Balon, yaitu berjalan dengan mengempit balon udara pada kedua kakinya selanjutnya berjalan menuju arah dan rute yang sudah ada ketentuannya.

Berbagai contoh lomba ini kami carikan yang praktis dalam peralatan dan penataannya. yang penting ada area yang cukup untuk melaksanakan kegiatan.

Perlombaan anak TPA Ramadhan berkaitan dengan Keislaman

Selanjutnya adalah Lomba TPA ramadhan yang berkaitan dengan asah otak serta Pendidikan Islam.

Untuk yang masih kecil bisa mewarnai kaligrafi yang sederhana. yang usianya lebih besar bisa dengan perlombaan menulis atau menggambar kaligrafi.

Untuk lomba anak-anak TPQ saat ramadhan biasanya tidak jauh-jauh dari perlombaan adzan, membaca tartil, tahfidz atau hafalan surat pendek dan doa-doa harian.

Saat ini orang tua suka mendandani anaknya. Anda bisa melaksanakan ide perlombaan catwalk atau fashion show busana muslim. Ini praktis karena panitia tinggal membuat kriteria penilaian lomba dan ketentuan tema busana (kalau perlu).

Jika lembaga anda sudah maju dalam hal pendidikan dan pembelajaran, anda bisa memasukkan perlombaan murattal wal imla’. Atau lomba membaca kitab kuning.

Agar lebih menyemangati anak dalam bekerja kelompok, ada lomba secara kolektif alias bersama-sama. Misalnya yaitu lomba praktek sholat berjamaah. Atau apabila guru suka dengan lagu anak TPQ bisa melombakan secara berkelompok.

Ada baiknya pengumuman perlombaan ini sudah anak-anak ketahui pada awal bulan. Tujuannya agar santri bisa menyiapkan diri dan membentuk kelompok untuk maju lomba.

Jangan lupa berkoordinasi dengan takmir masjid dalam rangka menyiapkan hadiah.

Jika memang memiliki tetangga lembaga TPQ yang berdekatan, anda bisa berkoordinasi untuk menggabungkan anak didik dalam lomba. Atau membuat pertandingan antar TPQ. tujuannya agar jiwa corsa anak-anak bisa membuat jalannya perlombaan semakin semarak.

Nah itulah ide-ide lomba TPA Ramadhan (sebenarnya secara teknis yang benar adalah TPQ, akronim dari Taman Pendidikan Al-Qur’an). Tentu saja hal ini tidak mengikat.

Apabila ada ide yang lain yang menarik, silakan anda tambahkan pada kolom komentar. Maturnuwun dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *