Buku Tarikh Sejarah Kebudayaan Islam Madin
Pontren.com – Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.
Salah satu mata pelajaran yang tercantum dalam buku panduan penyelenggaraan madrasah diniyah takmiliyah adalah mapel Sejarah atau SKI (Sejarah Kebudayaan Islam).

Dalam pembelajaran materi Sejarah Kebudayaan Islam untuk madrasah diniyah takmiliyah awaliyah kelas 1 terdapat buku sebagai acuan yang diterbitkan oleh Depag (kala itu) yang saat ini telah berganti nama menjadi Kemenag (Kementerian Agama).

Baca;
Buku Al Qur’an dan Al Hadist MDTA kelas 1
Buku Aqidah Akhlak Madrasah Diniyah Takmiliyah kelas 1
Buku Madin Bahasa Arab kelas 1 jenjang awaliyah

Dalam materi yang tertuang pada buku pegangan ini terdapat sambutan yang menerangkan bahwa kurikulum yang dipergunakan yaitu kurikulum tahun 2007.

Selanjutnya cara atau metode pembelajaran yang dipergunakan berupa Contextual Teaching and Learning yang disingkat CTL.

Harapan penerapan sistem CTL adalah memudahkan pendidik sehingga materi serta contoh yang ada dalam buku panduan Sejarah Kebudayaan Islam untuk madin yang disampaikan kepada peserta didik akan lebih up to date dan transformasi keilmuan yang maksimal dari pengajar kepada para santri madin.

Sebenarnya materi yang terdapat pada buku ini merupakan panduan bagi para ustadz ustadzah sebab pada hakekatnya pengajar tidak lagi sebagai nara sumber tunggal dalam proses kegiatan belajar mengajar, akan tetapi lebih sebagai fasilitator bagi para siswa dalam proses pembelajaran.

Materi Tarikh untuk madin dalam buku panduan dari Depag

Dalam isi materi sejarah kebudayaan islam untuk madrasah diniyah takmiliyah awaliyah kelas 1 ini terdiri dari beberapa bab yang didalam bab tersebut terdapat sub tema guna kemudahan dalam pengajaran dan pemahaman para santri madin.

Adapun secara umum, materi kelas 1 terdiri dari informasi tentang keadaan bangsa arab yang terdiri dari Wilayah arab dan daerah penting disekitarnya, kepercayaan, serta kondisi ekonomi dan sosial bangsa arab dikala itu.

Selanjutnya mengenai sejarah Nabi yang konsentrasi pada kelahiran dan keluarga, masa kanak kanak, usaha rasul, rumah tangga serta kehidupan sosial, kerasulan Nabi Muhammad saw, perjuangan nabi dalam berdakwah.

Lebih jelasnya, dapat disimak kesembilan bab dimaksud sebagaimana perincian dibawah ini;

  • BAB I : NEGERI ARAB DAN DAERAH PENTING SEKITARNYA
  • BAB II KEPERCAYAAN BANGSA ARAB
  • BAB III KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI BANGSA
  • BAB IV KELAHIRAN DAN KELUARGA NABI MUHAMMAD
  • BAB V ; MASA KANAK-KANAK NABI MUHAMMAD
  • BAB VI; USAHA RASULULLAH
  • BAB VII; RUMAH TANGGA NABI MUHAMMAD DAN KEHIDUPAN SOSIALNYA
  • BAB VIII KERASULAN NABI MUHAMMAD SAW
  • BAB IX; PERJUANGAN NABI MUHAMMAD DALAM BERDAKWAH

Review buku Sejarah Kebudayaan Islam Terbitan Kemenag

Maksud review disini bukanlah mengulas, memberikan penilaian baik kritik saran atau pujian, akan tetapi adalah memunculkan tampilan buku SKI madin dalam format PDF yang dapat dilihat tanpa perlu melakukan pengunduhan.

Dengan dapat dilihat buku ini dengan cara scroll naik turun akan memberikan pilihan kepada pembaca apakah hendak mengunduhnya atau hanya perlu untuk melihat atau membacanya tanpa perlu repot untuk download file dalam format PDF ini.

Berikut penampakan buku sejarah kebudayaan Islam MDTA kelas 1

Selanjutnya bagaimana disampaikan tulisan diatas, setelah melihat isi buku tanpa perlu mengunduhnya, anda dapat memutuskan apakah hendak mengambil file ini atau cukup hanya mengetahui alias tidak perlu untuk download.

Jika hendak mengambil sebagai referensi bahan pengajaran, anda dapat mengambil melalui tautan dibawah tulisan ini.

Download buku sejarah kebudayaan Islam Madin kelas 1

Berikut untuk anda yang hendak mengunduh file buku SKI Madrasah Diniyah Takmiliyah Format PDF yang isi buku tersebut dapat anda lihat pada bagian review.

Silakan anda mengikuti tautan atau link dibawah ini yang akan membawa anda ke google drive untuk dilanjutkan dengan unduh file buku tarikh madin.

Download Buku SKI Madrasah Diniyah

Demikian keterangan dan informasi mengenai buku pegangan dalam kegiatan belajar mengajar untuk guru ustadz ustadzah pada lembaga pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah untuk jenjang awaliyah kelas 1. Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

loading...