pps wajar dikdas Ulya

Buku Qur’an Hadis Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah kelas 1

[et_pb_section][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text]

Download Buku Qur’an Hadis Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah kelas 1

Pontren.com – Download buku pelajaran alquran dan alhadis untuk Madin Awwaliyah Kelas 1 Madrasah Diniyah Takmiliyah yang diterbitkan oleh (pada masa itu bernama) Depag atau Departemen Agama, yang saat ini telah berubah nama menjadi Kementerian Agama dengan penyebutan singkat Kemenag.

Secara petunjuk buku pedoman penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah, bahwasanya alquran dan alhadis menjadi dua mata pelajaran yang masing masing berdiri sendiri. Untuk jenjang madin kelas 1, pelajaran alquran mendapatkan porsi 5 jam dalam 1 minggu, sedangkan mapel alhadis diberi jatah 1 jam pelajaran. Detail tentang masing masing jam pelajaran dapat disimak pada artikel pelajaran madrasah diniyah takmiliyah. https://pontren.com/2017/05/17/pelajaran-madin-madrasah-diniyah-takmiliyah/

Sebenarnya dari pihak kemenag sendiri membebaskan materi dan kurikulum lembaga madin dengan memberikan batasan dan prinsip yang telah ditentukan, entah kenapa kemudian ada buku ini sehingga manfaat bagi lembaga madin yang berkembang lebih memudahkan dalam pembelajaran. Tentang kurikulum madin anda dapat menyimaknya pada kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Contoh buku ini disesuaikan dengan kurikulum 2007 dan ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam. Adanya buku ini merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan keagamaan para santri yang sedang duduk menimba ilmu pada lembaga pendidikan madrasah diniyah takmiliyah pada jenjang awaliyah khususnya kelas 1.

Sebenarnya ada 4 jilid buku yang dalam keterangan pengantar buku ini, sayangnya hanya 1 buku yang dapat diketahui oleh khalayak ramai. Semoga buku buku jilid 2,3 dan 4 segera dapat diakses masyarakat umum utamanya guru madin dalam rangka percepatan peningkatan kompetensi santri dalam bidang agama utamanya yang belajar pada madrasah diniyah.

Seperti buku yang lain terbitan Depag untuk madrasah diniyah takmiliyah, buku ini disusun berdasarakan metode pembelajaran CTL, yang merupakan singkatan dari Contextual Teaching and Learning, dengan harapan para pengajar nadub dapat mengaplikasikan materi dalam buku secara mastery learning (tuntas). Dengan harapan baik dari segi materi maupun contoh contoh dalam buku dapat diserap anak didik dan lebih up to date. Memaksimalkan copy ilmu yang maksimal dari ustadz kepada santri.

Materi dalam buku alquran alhadis untuk madin

Pada buku ini terdiri dari 8 bab pembelajaran yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sub bagian. Adapun selain kedelapan materi pokok, terdapat juga keterangan singkat tentang kompetensi dasar, materi pokok dan indikator pencapaian hasil belajar di setiap bab yang ada.

Berikut adalah bab yang terdapat dalam buku quran hadis untuk madrasah diniyah takmiliyah awaliyah kelas 1;

SURAH-SURAH PENDEK DALAM JUZ ‘AMMA
SURAH-SURAH PENDEK DALAM JUZ ‘AMMA
HURUF HIJAIYAH DAN TANDA BACA DHAMMAH, SUKUN DAN SYIDDAH (2)
HURUF HIJAIYAH DAN TANDA BACA TANWIN
HURUF HIJAIYAH DAN TANDA PANJANG
MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK DALAM JUZ AMMA
CARA MEMBACA AL QUR’AN DENGAN ALIF-LAM

Itulah macam materi yang terdapat dalam buku ini, sepertinya ada yang missing alias hilang yaitu bab VI, silakan anda lihat sendiri pada tampilan download.

Download Buku Al Qur’an Al Hadist Madin Awaliyah kelas 1

Berikut adalah tampilan gambar atau penampakan buku quran hadis untuk Madin PDF yang dapat anda saksikan ataupun anda unduh sebagai acuan dalam pembelajaran maupun pegangan materi pelajaran di lembaga anda.

Berikut penampakannya,

Al-Qur’an Hadits Kelas … by Deni Rusman on Scribd

Anda dapat mendownloadnya secara mudah dan praktis, semoga tidak ada kendala dalam mengambil file ini.

Sugeng liburan.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]
loading...

Silakan berkomentar