Penilaian Lomba Pidato download Blangko Kriteria Nilai

Penilaian Lomba Pidato download Blangko Kriteria Nilai
ilustrasi guru penguji

Download contoh format penilaian lomba pidato lengkap dengan kriteria nilai untuk menentukan pemenang perlombaan dalam format doc ms word Penilaian lomba pidato download blangko kriteria nilai.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuhu, dalam perlombaan pidato, baik Bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Daerah (Jawa, Sumatera, Kalimantan, dll) akan ada dewan juri atau hakim yang memberikan penilaian.

Dalam memberikan penilaian ini tentu ada rambu-rambu dan kriteria untuk menentukan berapa skor peserta yang mengikuti perlombaan.

Tentu yang menyediakan form blangko beserta standar untuk penilaian berasal dari panitia. Lepas dari teknis pembuatan standarnya telah konsultasi kepada pihak yang berkompeten ataupun mencari informasi di internet.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk kriteria dalam penilaian lomba pidato.

Penilaian lomba pidato

Berikut ini adalah 5 komponen dan hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam memberikan nilai untuk peserta lomba ceramah ataupun berpidato.

  • Kesesuaian Tema, Judul dan Isi Pidato
  • Sistematika atau tahapan penyampaian pidato
  • Penggunaan bahasa yang bagus dan menarik pendengar
  • Vokal/Artikulasi/intonasi
  • Gaya dan Improvisasi dalam berpidato
  • Ketepatan waktu

Malah lebih, bukan hanya 5 komponen, namun malahan 6 komponen. untuk penilaian vokal bisa anda gabungkan dengan gaya dan improvisasi.

Penjelasannya adalah sebagai berikut

Kesesuaian Tema, Judul dan Isi Pidato

Dalam perlombaan panitia akan memberikan tema sebagai bahan peserta untuk menyampaikan pidatonya.

Kesamaan isi pidato dengan tema dari panitia menjadi poin yang sangat tinggi untuk penilaiannya. Detil dan informasi yang akurat serta hal menarik tentu memiliki nilai lebih daripada pidato yang hanya sekedar membuat audience tertawa namun minim isi pembahasan.

Dalam menentukan kesesuaian tema dengan isi pidato bisa dilihat dari poin poin penekanan serta komprehensif pembahasan selama mengikuti perlombaan.

Tentunya meski sangat bagus pidatonya tentang keluarga sakinah, namun jika tema lomba yaitu sumpah pemuda maka tidak bisa sebagai pemenang. Alasannya yaitu ketidaksesuaian antara tema yang ada dalam perlombaan.

Sistematika Pidato

Sistematika atau tahapan penyampaian pidato yaitu berurutannya isi pidato sehingga para pendengar dengan mudah memahami isi ceramah.

Dengan pembahasan yang sistematis serta runtut tentu memiliki nilai lebih tinggi daripada pembahasan yang sifatnya sporadis dan tidak berurutan dalam pembahasannya.

Penggunaan bahasa yang bagus dan pemilihan kata yang menarik

pidato bahasa jawa

Dalam memilih kata yang sesuai dengan audience dapat menjadi poin lebih untuk peserta.

Misalnya lomba pildacil atau pidato dai kecil, tentu bahasa yang mudah bagi anak-anak lebih bagus daripada memakai bahasa yang sangat ilmiah.

Namun berbeda apabila perlombaan tentang pidato berkenaan hal sains maka istilah saintifik tentu lebih bagus karena sesuai dengan materi pembahasannya.

Vokal/Artikulasi/intonasi

Yaitu pengucapan kata yang jelas. Dengan ucapan setiap kata yang jelas akan menghilangkan kebingungan pendengar untuk memahami maksud dari penceramah atau orang yang berpidato.

Naik turun suara sebagai penarik perhatian juga bisa sebagai pertimbangan dalam memberikan nilai.

Tentunya naik turun nada dalam berbicara juga menimbang kenyamanan pendengar dalam menyimak pidatonya.

Gaya dan Improvisasi dalam berpidato

Gaya ini bisa berupa gerakan tubuh yang mendukung audience memahami maksud ucapannya, bisa juga mimik wajah yang sejalan dengan isi pidato.

Improvisasi yaitu bagaimana peserta melakukan suatu tindakan yang mampu menarik perhatian para pendengar kembali apabila kelihatan kurang berminat.

Bisa dengan bersenandung, melakukan gerakan unik ataupun membuat orang turut serta dalam gerakan ataupun ucapannya.

Anda juga bisa memasukkan penilaian dalam penampilan peserta pada kriteria ini, yaitu kerapian dan kecocokan pemilihan kostum sebagai pembicara dalam perlombaan.

Ketepatan waktu

Dalam lomba pidato lazimnya ada ketentuan batasan waktu dalam menyampaikan ceramahnya. Dewan juri biasanya memiliki kode untuk memulai dan mengakhiri penampilan peserta.

Kode ini bisa berupa ketukan pada meja, bel, ataupun lampu warna warni.

Maksud ketepatan waktu dalam lomba ini bukan hanya sekedar tepat saat memulai dan mengakhirinya.

Namun juga materi pidato semuanya sudah tersampaikan tepat dengan waktu yang diberikan kepada peserta.

Contoh ada peserta tepat waktu selesai dalam perlombaan, namun materinya masih nggandul, tentu mengurangi bobot nilainya.

Download Blanko Kriteria Lomba Pidato

Berikut ini adalah form blangko lomba pidato sebagai salah satu acuan anda sebagai panitia untuk menyediakan lembar penilaian untuk dewan hakim.

Tentu anda bisa mengubah, melakukan modifikasi serta menambahkan atau mengurangi kriteria-kriteria yang ada.

Berikut tampilan preloved yang bisa anda buat dalam format PDF maupun word sesuai selera anda.

Untuk mengunduh file ini dalam format doc ms word berikut link tautan untuk pengunduhannya.

Download Blangko Kriteria Lomba Pidato doc

Demikianlah yang bisa kami haturkan kali ini, semoga bisa menjadi pertimbangan dalam membuat kriteria nilai lomba berpidato (ceramah, orasi, dll). Wilujeng enjang selamat sore dan wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*