Pitik Babon (Bisa Ngendhog Supaya Ajeg Ngendhoge)

Pitik Babon (Bisa Ngendhog Supaya Ajeg Ngendhoge)

pontren.com – assalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuhu, kali ini kita akan membahas tentang soal pertanyaan dalam mapel Basa Jawa berkenaan dengan ayam betina maupun ayam jantan. Berapa lama proses mengerami dan bagaimana caranya agar anak-anaknya (anak ayam) tidak kedinginan.

Langsung saja berikut adalah kunci jawaban versi admin pontren dot com lengkap dengan arti dan terjemah dari Basa jawa kedalam Bahasa Indonesia.

Pitik kang bisa ngendhog yaiku pitik babon. Yang bisa bertelur adalah ayam betina.

Pitik babon iku pitik sing wis dewasa lan meh ngendhog. Apakah yang dimaksud dengan ayam betina? Yaitu ayam betina yang sudah akan bertelur.

Kepriye carane supaya pitik sing diingu ngendhoge ajeg? Carane kanthi menehi pakan kang becik, nambahi asupan nutrisi ana ing pakane, nambahi suplemen, njaga resike kandhang, ndokok pitik jago ana ing tengah-tengahe pitik wedok iku mau.

Bagaimana caranya agar ayam yang dipelihara bertelurnya stabil? Caranya dengan memberi pakan yang baik, menambahkan nutrisi, menambahkan suplemen, menjaga kebersihan kandang, menaruh ayam jago diantara ayam betina.

Eendhog pitik netes dadi kuthuk. Telur ayam menetas menjadi kuthuk (sebutan dalam bahasa Jawa untuk anak ayam atau ayam yang masih kecil).

Kepriye carane supaya endhog pitik biso dadi kuthuk? Carane kanthi diengremi babone. Bagaimana cara agar telur ayam bisa menetas menjadi anak ayam? Caranya dengan dierami induknya.

Pirang dino pitik babon angrem nganti endhog pecah dadi kuthuk?

Pirang dina pitik babon angrem nganti endhog pecah dadi kuthuk? Suwene pitik angrem nganti endhoge pecah dadi kuthuk yaiku selikur dina.

Berapa hari ayam betina mengerami sampai telur pecah menjadi anak ayam? Lamanya ayam mengeram sampai telurnya pecah menjadi anak ayam adalah 21 hari.

Kepriye carane pitik babon njaga kuthuke supaya ora kademen? Carane kanthi diangremi. Bagaimana caranya ayam betina menjaga anaknya agar tidak kedinginan? Caranya dengan dierami.

Yen isuk swarane pitik jago mesti kluruk, Yen ngendog swarane pitik babon yaiku petok petok. Apabila pagi suaranya ayam jago adalah kukuruyuk, sedangkan apabila bertelur, suaranya ayam betina adalah petok-petok.

tulisan kanthi aksara jawa! untuk tulisannya dalam aksara Jawa nanti kalau ingat akan kami lampirkan gambarnya dalam artikel ini.

Pitik babon pethok-pethok apa tegese pitik babon? Tegese yaiku pitik wedok kang wis dewasa lan meh ngendhog. Ayam betina suaranya petok-petok, apa artinya? Artinya ayam babon adalah ayam betina yang sudah dewasa dan siap untuk bertelur.

Panggonan ngendhog pitik diarani tarangan. Tempat bertelur ayam namanya adalah tarangan.

Pitik lanang leh ngetutke babon arane pitik jago. Ayam laki-laki yang mengikuti ayam betina namanya adalah ayam jago.

Ingkung kanggo ubarampe gendhuren iku digawe saka ..
A. ayam babon
B. pitik jago
C. pitik dhere
D. pitik tukung

Jawabannya adalah B yaitu pitik Jago.

Ingkung yang menjadi kelengkapan kenduri itu (umumnya) dibuat dari ayam jago.

Pitik dewasa wedok sing wis meh ngendhog jenenge …. A. jagoan B. babon C. jago D. Dhere Jawababannya adalah huruf b yaitu babon.

Demikianlah sekedar nulis iseng pada pagi menjelang siang hari ini, semoga bisa membantu para siswa murid sekolah dasar SD maupun SMP dalam mengerjakan soal LKS dan juga materi muatan lokal Basa Jawa. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*