Mripate Ndamar Kanginan tegese Yaiku Kalebu Tembung

Mripate Ndamar Kanginan tegese Yaiku Kalebu Tembung

Mripate ndamar kanginan tegese yaiku mata kang nengsemake apik kadya damar kang kena angin, kalebu tembung rinengga jenise panyandra perangane awak. Masuk dalam kata-kata indah dalam bahasa Jawa jenis tembung panyandra.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam khazanah sastra Jawa, untuk memuji keindahan atau kebaikan dengan menggunakan panyandra.

Ada beberapa penggunaan tembung panyandra semisal candrane wong nginum, wong nesu, solah bawa, lan perangane awak.

Untuk kalimat ungkapan tembung panyandra kang ndamar kanginan yaiku mripat utawa mata kalebu candrane perangane awak, atau ungkapan pujian bagian tubuh, tentunya maksudnya adalah mata.

Bagaimana bisa seperti itu?

Ada beberapa ungkapan untuk memuji keindahan mata dalam Bahasa Jawa semisal mripate mblalak-mblalak.

Tegese blalak-blalak yaiku amba sarto bening, artinya mata yang lebar serta jernih. Bisa kita menyebutnya dengan mata belok.

Namun ada juga ungkapan lain yang memiliki seperti damar yang kena angin. Kesana kemari dengan indahnya.

Mripate Ndamar Kanginan tegese, tuladha ukara contoh kalimat dan artinya

Untuk arti dan terjemahnya mari kita buka satu persatu untuk lebih memahami makna dalam ungkapan ini. Masa tau ungkapannya namun kurang paham seperti apa sih maksud dan gambarannya.

Mripate atau matane saya kira tidak perlu banyak membahasnya, maksudnya adalah indra penglihatan, basa kramane yaiku netra, paningal.

ndamar asale saka tembung lingga damar, yaitu lampu lenga kang ana sumbune. Berasal dari kata damar yang artinya adalah lampu minyak yang bersumbu.

Tembung damar mendapat ater-ater n-, menjadi ndamar, ateges kadya, kaya damar.kemudian kata damar mendapat imbuhan kata depan n yang kemudian memiliki maka seperti, semisal damar (lampu minyak) jadi matanya semisal lampu minyak.

Kanginan tegese yaiku kena angin, obah ngalor ngidul ngetan ngulon ngiwo nengen, artinya adalah kena hembusan yang menyebabkan bergerak ke arah utara selatan timur barat kiri dan kanan.

Maka maksudnya tembung panyandra mripate ndamar kanginan yaiku mata kang kaya lampu lenga sing obah-obah amarga kena angin.

Yaitu pujian untuk keindahan mata yang memiliki karakter bercahaya bagaikan lampu minyak yang kena angin bergerak kesana kemari.

Contoh kalimat dan artinya gawea tuladha ukara lan tegese! Berikut contohnya tuladhane ukarane.

Aku nduwe kanca kang ayu banget jenenge Asti Setyorini, nengsemake nyawang amarga mripate ndamar kanginan. Artinya saya memiliki teman yang sangat cantik, namanya Asti Setyorini, menyenangkan melihatnya karena matanya bercahaya bergerak kesana kemari seperti kena tiup angin.

Demikian informasi tembung panyandra perangane awak pagi ini, maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*