Landhepe Kaya Pitung Penyukuran Tegese, Kalebu Tembung

Landhepe Kaya Pitung Penyukuran Tegese, Kalebu Tembung

Landhepe Kaya Pitung Penyukuran tegese yaiku landhep banget kaya piranti kanggo nyukur kang kabagi pitu kalandhepane.

Artinya secara harfiah adalah tajamnya seperti tujuh alat cukur, yang artinya adalah sangat tajam bagaikan alat cukur yang sudah sangat tajam masih dibagi lagi menjadi tujuh.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuhu, dalam memuji ketajaman suatu benda, biasanya pusaka, senjata atau peralatan dari besi, orang Jawa menggambarkan bagaikan ketajaman alat cukur yang dibagi tujuh.

Biasanya orang memotong rambut akan membersihkan sisa-sisa pada rambut yang ada pada kulit area kepala, leher dan juga pelipis agar tampak rapi.

Alat yang mereka gunakan lazimnya yaitu pisau pencukur. Adapula yang memakai silet. Rakyat bawah biasa memakai merk tatra. Sedangkan lebih baik lagi kualitas silet ini yaitu dengan merk goal dari gilette.

Meski begitu, intinya alat untuk mencukur rambut adalah sangat tajam. Tentunya anda paham seperti apa ketajaman silet.

Landhepe Kaya Pitung Penyukuran Tegese Yaiku Landhep Banget, Kagolong jenise tembung apa?

Dalam mata pelajaran Bahasa Jawa jenjang pendidikan SMA, ungkapan ini masuk dalam kategori jenis tembung pepindhan kanggo nyandra kahanan.

Yaitu kata-kata yang memisalkan sesuatu untuk memberikan gambaran tentang suatu keadaan.

Apa keadannya? Yaitu keadaan yang sangat tajam sehingga bagaikan tajamnya alat cukur (pisau atau silet) yang masih dibagi menjadi tujuh.

Jadi gambaran ketajamannya yaitu landhepe pitung penyukur yang artinya harfiah adalah tajamnya tujuh alat untuk mencukur.

Tuladha ukara atau contoh kalimatynya adalah sebagai berikut ini;

Asti Setyorini ngungkal lading kanggo motong iwak sapi nganti landhepe kaya pitung penyukuran. Artinya adalah si Asti mengasah pisau untuk memotong daging sapi sampai tajamnya seperti alat cukur dibagi tujuh.

Sebagai bonus, kami lampirkan jawaban untuk soal-soal dalam materi muatan lokal Basa Jawa.

Nuturi wong pinter tegese kaya nuturi bebek nglangi, tegese yaiku pagawean sing ora ana paedahe. Artinya mengajari orang pandai itu bagaikan mengajari bebek berenang, maksudnya adalah pekerjaan yang tiada gunanya.

Dawane barisan kaya sela blekithi tegese yaiku dawane barisan dawa banget kaya semut baris ing watu. Tegese yaiku watu, artinya adalah batu. Blekithi tegese yaiku semut.

Kenese kaya Dewi Srikandhi, tegese yaiku kenes banget, kemayu lan menyel sak poole, sangat kemayu.

Pasedulurane kaya banyu karo lenga tegese yaiku paseduluran kang ora bisa rukun, artinya persaudaraan yang bagaikan air dengan minyak, maknanya yaitu tidak bisa akur.

Polahe kaya gabah diinteri tegese yaiku polah banget ora bisa meneng obah mrana mrene, artinya adalah polahnya seperti padi yang di dipisahkan antara yang berisi dan kopong, kesana kemari tidak bisa diam.

Demikianlah tegese tembung pepindhan Basa Jawa lan tegese Landhepe Kaya Pitung Penyukuran, Nuturi wong pinter tegese kaya nuturi bebek nglangi, Dawane barisan kaya sela blekithi, Kenese kaya Dewi Srikandhi, Polahe kaya gabah diinteri dan artinya. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*