Beda Boarding School dengan Pondok Pesantren

Beda Boarding School dengan Pondok Pesantren

Apa perbedaan antara boarding school dengan pondok pesantren? Kalau di negeri ini adakalanya agak rancu apabila ada lembaga boarding school yang menambahkan kata islamic didepannya.

Kongkritnya yang ada di sekitar kita adalah islamic boarding school.

pontren.com – asssalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu. Berikut ini adalah opini saya berdasarkan dari beberapa sumber rujukan sebagai landasan.

Untuk memahami perbedaan kedua lembaga ini, ada baiknya kita mencari dahulu pengertian dari kedua lembaga ini menurut para ahli.

Kata Boarding school berasal dari Bahasa Inggris boarding dan school. Boarding berarti menumpang. Sedangkan school mempunyai arti sekolah.

Kemudian kata ini diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi sekolah berasrama.

Dalam Bahasa Indonesia, arti asrama adalah bangunan tempat tinggal bagi kelompok orang untuk sementara waktu, terdiri atas sejumlah kamar, dan dipimpin oleh seorang kepala asrama.

Jadi bisa kita mengatakan bahwa boarding school adalah Boarding school adalah sistem sekolah dengan asrama, dimana peserta didik dan juga para guru dan pengelola sekolah tinggal di asrama yang berada dalam lingkungan sekolah dalam kurun waktu tertentu 1)

1) http://www.kajianteori.web.id/2013/03/boarding-school-pengertian- boarding-school.html

Sedangkan Pengertian Pondok Pesantren menurut Kementerian Agama secara ringkas adalah lembaga yang berbasis masyarakat dan didirikan oleh perseorangan, yayasan, organisasi masyarakat Islam, dan/atau masyarakat yang menanamkan keislaman yang memiliki unsur:

  • Kiai,
  • Santri Mukim,
  • Pondok atau Asrama Pesantren,
  • Masjid atau Mushalla, serta
  • Kajian Kitab Kuning atau Dirasah Islamiyah dengan Pola Pendidikan Mu’allimin;

Persamaan dan perbedaan boarding school dengan Pondok Pesantren

program Boarding School MTs N 2 Karanganyar
program Boarding School MTs N 2 Karanganyar

Jika mengacu kepada hal ini maka lembaga pesantren maupun boarding school memiliki persamaan dalam hal asrama atau tempat tinggal anak didik yang menuntut ilmu.

Dimana santri pada pondok pesantren dan murid pada boarding school menetap pada masa tertentu pada asrama untuk mendapatkan pengajaran.

Sedangkan perbedaannya adalah pengertian pesantren lebih sempit dari boarding school. Yaitu dengan keberadaan penekanan pendidikan keislaman serta persyaratan lain yang berkaitan seperti keberadaan kiai, tempat ibadah, materi kitab kuning atau dirasah islamiyah.

Menilik dari hal ini sebenarnya pesantren juga masuk dalam kategori boarding school karena keharusan peserta didik atau santri yang tinggal pada bangunan di lingkup pesantren.

Bagaimana dengan islamic boarding school?

Guru Bahasa Inggris saya dan pada plang plakat pondok pesantren Modern di Surakarta menerjemahkan Pondok Pesantren Modern dengan Modern Islamic Boarding school.

Secara teknis apabila mengacu terjemahan secara bebas Islamic boarding school terjemahan harfiahnya adalah sekolah berasrama Islam, yang tentunya maksudnya yaitu pondok pesantren.

Namun dengan ketentuan arkanul ma’had atau unsur pesantren yang 5 hal ini tidak semua islamic boarding school bisa masuk dalam kategori ponpes.

Jadi ada irisan yang mana antara pesantren dan boarding school itu bersinggungan. Memang agak susah memilah antar islamic boarding school dengan pondok pesantren.

Namun apabila perbedaan secara umum adalah boarding school = sekolah asrama apapun itu secara umum. Sedangkan pondok pesantren = sekolah berasrama yang memenuhi arkanul ma’had yang 5. Rukun Pesantren yaitu adanya kiai, santri mukim, asrama tempat tinggal, masjid atau musholla, dan pembelajaran kitab kuning atau dirasah islamiyah dengan pola mu’allimin.

Demikian garis besar perbedaannya yang apabila membedah secara lebih rinci, bisa saja sebuah lembaga bernama islamic boarding school adalah sebuah pesantren, namun bisa juga dia tidak masuk kategori ponpes karena persyaratan rukun pesantren. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*