Ukuran Buku Nikah dalam mm dan cm

Ukuran Buku Nikah dalam mm dan cm

Ukuran buku nikah dalam mm (milimeter) maupun cm (centimeter) guna menambahkan aksesoris, tempat wadah agar bukunya aman awet dan bisa jauh dari rayap ngengat maupun air dan kelembaban udara.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, karena ini adalah barang yang bahan dasarnya yaitu kertas, mungkin saja ada selisih sedikit ada perbedaan ukuran antara buku nikah satu dengan yang lainnya.

Namun tentu perbedaan ukurannya tidak begitu signifikan, mungkin hanya selisih beberapa milimeter saja.

Kenapa perlu mengetahui ukuran panjang dan lebarnya?

Alasannya sederhana.

Mungkin saja anda adalah pengusaha yang bergerak dalam bidang wedding atau aksesoris pernikahan. Kemudian hendak membuat cover untuk kutipan akta nikah ini agar tampak indah dan mengesankan.

Atau bisa saja anda adalah orang yang terampil unik dan menyukai crafting. Kemudian akan membuat kerajinan tangan yang berfungsi untuk menyimpan sepasang buku pernikahan ini.

Baiklah, saya akan mengukurnya menggunakan penggaris besi yang lebih akurat untuk pengukurannya.

Ukuran Buku Nikah dalam mm dan cm lebar dan panjang

Dan akhirnya saya meminjam buku yang masih baru saat mengunjungi KUA dalam rangka sekedar mengetahui berapakah ukurannya tinggi serta lebarnya.

Sekedar mengingatkan dan memudahkan anda, untuk warna buku nikah suami adalah merah marun atau seperti coklat. Sedangkan warna buku nikah untuk istri warnanya adalah hijau.

Benar saja, ada sedikit selisih dalam milimeter pada saat saya mengukur sepasang buku.

Disklaimer, mungkin saja ada perbedaan ukuran sedikit dengan yang ada di tangan anda, karena proses pemotongan.

Ukuran panjang/tinggi buku merah = 12,6 cm atau 126 milimeter
Ukuran panjang/tinggi buku hijau = 12,6 cm atau 126 milimeter
Size lebar buku merah = 8,9 cm atau 89 milimeter
Size lebar buku hijau = 8,8 cm atau 88 milimeter

Ini tentu sangat presisi apabila anda membuatnya sesuai ukuran ini, akan sesak atau malah rusak dokumen anda. Jadi saya mengukurnya dari ujung sampai ujungnya tanpa adanya kelebihan.

Silakan anda memberi toleransi ukuran kisaran 0,5 centimeter.

Jadi ukuran craft atau karya seni tangan untuk cover bisa anda buat box dalamnya dengan size panjang = 13 cm dan lebar 9,5 cm.

Jika masih begitu mepet atau sempit, maka asumsi dasar ukuran kerajinan tangan buku nikah adalah 10 cm X 14 cm atau 100 mm X 140 mm (milimeter). Engga percaya? Silakan anda melakukan pengukuran ulang secara mandiri.

Selamat berkarya, semoga hasilnya bagus dan bisa berkembang menjadi bisnis yang barakah membanggakan dan memakmurkan. Wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top