Nomor Perforasi Buku Nikah dan Letaknya

Share

Informasi letak nomor perforasi buku nikah suami istri dari Kantor Urusan Agama sebagai salah satu kode untuk pengaman keaslian dokumen resmi pasangan suami istri yang menikah secara sah dan tercatat Negara.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, secara umum, arti perforasi adalah lubang yang terbentuk pada dinding suatu organ tubuh.

Setelah mengetahui artinya, anda tentu bisa langsung memahami maksud nomor perforasi pada buku nikah terbitan Kantor Urusan Agama.

Yaitu suatu nomor yang ada pada buku yang angkanya berupa lobang atau bolongan sedemikian rupa sehingga membentuk angka.

Nomor ini sifatnya unik, ada kode huruf tertentu (urutan seri berupa huruf) dengan rumusan yang sudah ada catatannya kemudian diikuti nomer porforasi tersebut.

Sehingga, setiap sepasang buku nikah memiliki nomor unik, dan mustahil sama antara satu dengan sepasang buku nikah yang lainnya.

Singkatnya, nomer perforasi pada buku nikah ini se Indonesia tidak ada yang sama.

Untuk jumlah digit nomer perforasi tahun 2022 ini adalah sejumlah 9 (Sembilan) digit.

Contoh nomornya misalnya yaitu Seri Huruf JH nomor perforasi 103615441.

Letak nomor perforasi pada buku nikah

letak nomor perforasi buku nikah
seri dan nomer perforasi buku nikah

Letak nomor perforasi di buku nikah letaknya berada di sebelah bawah pada buku, baik untuk suami (warna merah marun/coklat) dan untuk istri yang berwarna hijau tua.

Nomor ini berbentuk lubang-lubang yang membentuk angka dengan jumlah sembilan digit.

Sepasang buku nikah pasangan suami istri tentunya mempunyai nomor yang sama baik coklat/merah marun dengan buku nikah warna hijau tua untuk istri serta akta nikah yang dokumennya disimpan oleh KUA.

Nomer porforasi ini bisa anda lihat mulai halaman awal setelah cover buku nikah, menembus sampai cover belakangnya.

Jadi hanya cover halaman depan buku nikah saja yang tidak tertembus atau sengaja tidak berlobang.

Jadi singkatnya, anda tidak akan melihat nomor ini jika sampean mencari pada cover depan buku nikah.

nomor perforasi buku nikah
nomor perforasi buku nikah bagian belakang cover

Namun jika anda membukanya, setiap lembaran dokumen nikah ini mulai awal sampai cover belakang, akan ada lobang yang membentuk angka perforasi.

Mudahnya, balik saja bukunya dan anda akan melihat deretan lobang membentuk Sembilan digit angka. Itulah yang disebut dengan nomer perforasi buku nikah.

Jadi jelas ya, letaknya mulai setelah cover halaman sampai dengan cover paling belakang.

Demikianlah informasi mengenai seputar dokumen pernikahan dan letaknya nomer perforasi, semoga memudahkan anda dalam menemukannya.

Salam kenal, wilujeng enjang dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.