Petunjuk Teknis Penulisan Ijazah Madrasah Diniyah Takmiliyah


petunjuk teknis penulisan ijazah madin

Download Surat KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 1206 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENERBITAN IJAZAH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH format PDF.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dalam pertimbangan dikeluarkan juknis penulisan ijazah madin ini adalah bahwa peserta didik lulusan pendidikan madrasah diniyah takmiliyah perlu diberikan pengakuan atas capaian pembelajaran dan penyelesaian pendidikannya dalam bentuk ijazah;

Dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam dijelaskan bahwa MDT diselenggarakan untuk melengkapi, memperkaya, dan memperdalam pendidikan agama Islam pada MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA/MAK/SMK, dan pendidikan tinggi atau yang sederajat dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Allah SWT.

Ijazah madrasah diniyah takmiliyah adalah pengakuan terhadap prestasi belajar dan penyelesaian pendidikannya. Dalam konteks penjaminan mutu, pemberian ijazah dapat diartikan sebagai pengakuan terhadap ketercapaian kompetensi tertentu dan pemerintah memberikan jaminan atas mutu lulusan MDT.

Sebagai bagian dari penjaminan mutu, mekanisme penerbitan, format, dan bentuk ijazah perlu diseragamkan, untuk memberikan jaminan kepada masyarakat terkait legalitas dikeluarkannya ijazah tersebut.

Selanjutnya guna acuan penerbitan ijazah, perlu ditetapkan juknis penulisannya.

Pencetakan dan penerbitan blangko ijazah Madrasah Diniyah Takmiliyah

Ternyata dengan berlakunya juknis ini (terbit tahun 2019, maka dalam penerbitan blangko ijazah madin tidak bisa asal asalan akan tetapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku, dan yang berwenang melakukan penerbitan blangko pun hanya dari instansi Kementerian Agama.

Berkut ketentuan penerbitan blangko ijazah madrasah diniyah takmiliyah;

  1. Blangko ijazah dan pembiayaan pengadaannya disediakan oleh Direktorat berdasarkan ketentuan dalam Petunjuk Teknis ini.
  2. Blanko ijazah dan pembiayaan pengadaannya dapat disediakan oleh Kanwil Kemenag, Kankemenag Kab./Kota, ditentukan oleh Direktur Jenderal.

Format dan Spesifikasi Ijazah Madrasah Diniyah Takmiliyah

juknis-penulisan-ijazah-madin

Berikut adalah keterangan informasi tentang spesifikasi dari ijazah madin yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama mengacu pada KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 1206 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENERBITAN IJAZAH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH.

Jenis : kertas biasa tanpa pengaman khusus (non security paper)
Ukuran : A4 atau 21 cm x 29,7 cm
Berat : 160 gr/m2 dengan toleransi + 4 gr/m2
Tebal : 160 mikrometer dengan toleransi + 10 mikrometer
Opasitas : 90% minimum
Bahan : pulp kayu kimia 100%
Warna : putih.
Pengaman : tidak ada.
Minutering : tidak ada.

Ijazah madrasah diniyah ini berbentuk lembaran yang terdiri atas halaman depan dan halaman belakang.

Daftar Nilai dituangkan pada halaman belakang Ijazah

DAFTAR NILAI PADA IJAZAH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH

Kolom isian rincian nilai yang memuat:

No Urut Mata Pelajaran;
 Nama Mata Pelajaran;
 Nilai Angka; dan
 Nilai Huruf.

Nilai rata-rata dalam angka dan huruf.
Isian tempat, tanggal, bulan, tahun dan jabatan yang. menandatangani daftar nilai, yaitu : (Kabupaten/Kota),(Tanggal Bulan Tahun) Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah,

Pengisian dan Penulisan Ijazah Madin

Pengisian/penulisan ijazah oleh satuan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah

Jenjang Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah pada bagian kepala ijazah dan daftar nilai diisikan sesuai dengan jenjang yang ditamatkan oleh peserta didik.

Contoh : PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA.

Tahun Pelajaran pada kepala ijazah dan daftar nilai dituliskan dalam tahun masehi. Contoh : TAHUN PELAJARAN 2018/2019 M

Dalam penggunaan tanggal bulan dan tahun dalam penerbitan ijazah madin yang dipergunakan adalah penanggalan Masehi, untuk penanggalan dengan kalender hijriyah diabaikan.

Contoh : 25 Desember 2020

Penulisan atau pengisian kolom pada ijazah madrasah diniyah takmiliyah Ijazah dengan menggunakan tulisan tangan yang baik, benar, jelas, rapi dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah terhapus.

Ijazah dapat diisi menggunakan alat pencetak atau printer menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah terhapus.

Apabila terjadi kesalahan pada saat pengisian/penulisan pada ijazah sebelum diterbitkan, wajib diganti dengan blangko ijazah yang baru.

Ijazah yang salah pada saat pengisian/penulisan, disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman depan.

Demikian ketentuan umum tentang juknis penulisan ijazah madin yang dapat dipergunakan untuk tahun berikutnya selama belum ada ketentuan yang merubah atau menggantikannya.

Download Juknis Penulisan Ijazah Madin SK Dirjen PDF

Dibawah ini adalah file pdf tentang petunjuk teknis penulisan ijazah madrasah diniyah takmiliyah dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam yang menjadi acuan dalam penerbitan serta pengisian nilai pada blangko ijazah.

Berikut tampilannya.

Anda dapat mengunduh secara langsung melalui tampilan barusan atau anda dapat mengunduhnya melalui gambar pojok kanan atas yang ada tanda guna link tautan menuju file penyimpanan.

Jika ada kendala dengan pengunduhan secara langsung melalui tampilan preloved diatas, berikut kami kirimkan tautan atau link yang menuju pada file sebagaimana tampilan diatas.

Download juknis penulisan ijazah madin

Demikian informasi tentang tata cara penulisan ijazah pada madin yang juga disertakan sekilas spesifikasi blangko serta tata cara pengisian angka nilai pada lembar kolom yang disediakan.

Wilujeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Terima kasih kepada bu Vinalia Putri Asal Wonosobo yang berkenan mengirimkan softcopy juknis madin ini sehingga dapat dibaca khalayak ramai.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: