Pendaftaran Mahasiswa Kuliah Universitas Al Azhar Mesir Beasiswa dan Non Beasiswa, Tahun 2023

Pendaftaran Mahasiswa Kuliah Universitas Al Azhar Mesir Beasiswa dan Non Beasiswa, Tahun 2023

Pendaftaran Uji Kompetensi Calon Mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir Jalur Beasiswa dan Non Beasiswa, Tahun 2023 dari Kemenag Kementerian Agama lewat situs website link tautan login pada pusiba kemenag go id.

Dengan masuknya tahun ajaran baru 2023-2024 di Universitas Al-Azhar Mesir, untuk mengantisipasi lebih lebih dini waktu pendaftaran kuliah bagi mahasiswa asing, juga mengenai tawaran beasiswa Al-Azhar tahun 2023-2024, selanjutnya Dirjen Pendis Kemenag RI menyampaikan beberapa hal berikut;

Sampai dengan masa sekarang Kemenag dengan Universitas Al-Azhar Kairo mesir masih dalam proses mematangkan MoU terkait muadalah Madrasah Aliyah/ Pondok Pesantren di Al-Azhar.

Dalam masa MoU ini, merujuk surat Kepala Biro Kantor Deputi Grand Syeikh Al-Azhar tanggal 14 Agustus 2022 kepada Direktur KSKK Madrasah, pihak Universitas Al-Azhar Mesir menyetujui untuk menerima calon mahasiswa pemegang ijazah muadalah Madrasah Aliyah di seluruh Indonesia, sebagaimana berlaku pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebagaimana lazimnya tahun sebelumnya, Universitas Al-Azhar Mesir membuka masa pendaftaran kuliah tahun ajaran baru pada bulan Agustus s.d pertengahan Oktober, serta mewajibkan calon mahasiswa baru untuk mengikuti placement test (tahdîd mustawâ) dan matrikulasi bahasa sebagai syarat mengikuti perkuliahan dan ujian.

Setiap tahun, Universitas Al-Azhar Kairo Mesir memberikan kuota beasiswa sebanyak 20 orang melalui Kedutaan Besar Mesir di Jakarta, yang mana kewenangan seleksi calon mahasiswa ini oleh Kementerian Agama.

Dalam hal lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren untuk melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar, baik melalui jalur beasiswa maupun non beasiswa, dengan ketentuan sebagai berikut;

  • Peserta calon mahasiswa merupakan lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang terdaftar/terakreditasi di Kementerian Agama, dan telah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku di Universitas Al-Azhar, di antaranya memenuhi syarat kompetensi bahasa dari lembaga yang diakui Universitas Al-Azhar.
  • Kementerian Agama akan bekerja sama dengan Pusat Bahasa Al-Azhar Markaz Syekh Zayed (MSZ), dalam memberikan rekomendasi beasiswa dan non beasiswa dengan menyelenggarakan uji kompetensi yang meliputi Ikhtibâr Tashfiyah/ Tahdîd Mustawâ dan Tes Wawasan Kebangsaan. Ketentuan teknis akan diumumkan terpisah oleh Markaz Syekh Zayed cabang Indonesia melalui: https://pusiba.com/
  • Peserta calon penerima beasiswa sebanak 20 (dua puluh) orang terbaik berdasarkan hasil uji kompetensi akan diajukan sebagai calon penerima beasiswa penuh Al-Azhar tahun 2023-2024. Apabila kuota beasiswa tahun 2023/2024 telah disampaikan oleh Al-Azhar melalui Kedubes Mesir kepada Kementerian Agama, dan dapat mengikuti pendaftaran melalui jalur mandiri (non beasiswa).
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan mencapai nilai lulus (passing grade) yang telah ditetapkan dalam ujian dimaksud, berhak mendapatkan rekomendasi Kementerian Agama melalui jalur non beasiswa dan dapat melanjutkan ke tahapan matrikulasi bahasa, pemberkasan, dan pendaftaran.

Peserta yang telah dinyatakan lulus dapat mengikuti matrikulasi bahasa di lembaga yang telah diakui Universitas Al-Azhar dan dapat melakukan tahapan pemberkasan dan pendaftaran di Universitas Al-Azhar, baik secara perorangan maupun kolektif melalui lembaga-lembaga yang dipercaya dapat membantu tahapannya.

Bagi peserta seleksi lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang telah mendapatkan akreditasi (muadalah) resmi tingkat SLTA Al-Azhar, dapat memilih untuk mengikuti Ikhtibâr Tashfiyah/Tahdîd Mustawâ ini atau memproses secara langsung dan mandiri, serta mengikuti persiapan bahasa pada lembaga bahasa yang telah diakui Al-Azhar.

Tanggal-tanggal Penting jadwal Pendaftaran Mahasiswa Kuliah Universitas Al Azhar Mesir, Beasiswa dan Non Beasiswa, Tahun 2023

Berikut adalah jadwal dan tanggal penting berkaitan dengan seleksi beasiswa kuliah di Mesir melalui Kementerian Agama.

1 Masa Pendaftaran 12 sd 21 Mei 2023
2 Uji Kompetensi Bahasa oleh MSZ Kairo 25 sd 27 Mei 2023
3 Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Bahasa 30 Mei 2023
4 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 31 Mei dan 1 Juni 2023
5 Pengumuman Hasil Akhir 5 Juni 2023

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat, untuk file PDF pengumumannya adalah sebagaimana berikut ini kami lampirkan yang bisa anda unduh.

Download pengumuman beasiswa kuliah al Azhar Mesir 2023.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top