Program Taman Pendidikan Alquran

Program Taman Pendidikan Alquran

Contoh Program taman pendidikan alquran berupa agenda mingguan bulanan semesteran maupun tahunan untuk TPQ.

pontren.com – assalaamu’alaikum, Serta kegiatan yang dimungkinkan untuk menunjang peningkatan kualitas TPQ.

Program yang baik akan menjadikan lembaga Taman Pendidikan alquran menjadi lebih berkualitas secara hasil dan keteraturan lembaga.

Dengan progam taman pendidikan alquran yang baik dan tertata rapi serta di laksanakan secara konsisten dan serius lambat laun kualitas dan kuantitas santri anak didik akan meningkat dengan sendirinya.

Program Tahunan TPQ

Program ini dilaksanakan satu tahun sekali. Agenda tahunan dirancang sedemikian rupa guna menunjang terciptanya Taman Pendidikan Alquran yang berkualitas dan akuntabel.

Adapun beberapa contoh agenda tahunan yang bisa dilaksakan oleh pengurus TPQ adalah sebagai berikut :

Wisuda Santri Taman Pendidikan Alquran

Bagi santri yang sudah selesai dalam tingkat akhir TPQ bisa diwisuda setelah melalui serangkaian test dengan syarat-syarat tertentu yang ditentukan oleh Badko TPQ atau Kemenag maupun dari internal penyelenggara pendidikan.
Baca : syarat kelulusan wisuda santri TPQ

Lomba antar santri TPQ

Untuk memberikan suasana baru bagi santri sekaligus mengasah mental dan keberanian murid dalam mengaktualisasikan diri, maka lomba antar santri bisa memacu dan meningkatkan mental santri dalam menghadapi tantangan dan khalayak ramai.

Momentum bulan romadhon sangat cocok sebagai ajang pelaksanaan lomba. Dan pada akhirnya disaat takbiran atau acara halal bihalal dilaksanakan menjadi ajang dan tempat pengumuman hasil lomba sekaligus pemberian piagam atau piala bagi pemenang

Piknik atau darma wisata religi

Jika orang tua setuju membayar biaya atau TPA memiliki uang kas yang cukup, agenda piknik atau darma wisata bisa menarik minat santri untuk belajar di TPQ.

Tidak harus memakan biaya yang tinggi, cukup di wilayah dekat yang sekiranya para santri belum mengunjungi.

Semisal masjid bersejarah, outbond maupun lokasi wisata yang bisa menunjang refreshing dan peningkatan keilmuan santri.

Rapat penyusunan kurikulum dan kalender pendidikan

Pada tahun ajaran baru, penyusunan kembali atau review kurikulum dan evaluasi pembelajaran akan sangat baik dilakukan.

Dan di awal tahun ajaran baru juga disusun kalender pendidikan yang sederhana dimana nanti di rencanakan kapan ujian semesteran, dilaksanakan, pembagian raport santri, jadwal darma wisata atau lomba antar santri.

Penyusunan kalender pendidikan ini semestinya mengacu kepada kalender pendidikan pada diknas, dimana tidak terjadi bentrok waktu ujian sekolah dengan pendidikan TPQ.

Agenda Program TPQ per semester

ujian mid semester tpq

Ada dua agenda utama untuk agenda TPQ setiap semester yaitu

  1. Ujian Semesteran
  2. Pembagian raport santri TPQ

Dua agenda tersebut merupakan kegiatan setiap 6 bulan sekali. Dimana TPQ yang sudah maju dan baik tentunya sudah menjadwalkan kapan dilaksanakan ujian semester TPQ dan pembagian raport para siswa.

Sebelum agenda dibuat, ada baiknya para pengurus sudah memiliki bank soal serta mata pelajaran yang akan diujikan.

Selain bank soal serta mata pelajaran ujian, juga sudah ada kalkulasi pendanaan untuk pelaksanaan ujian. Ada baiknya ujian semester bagi santri TPQ dilaksanakan pada saat hari tenang setelah ujian sekolah dan sebelum pembagian raport di SD atau SMP.

Pada waktu tersebut siswa sekolah praktis dalam kondisi santai tidak mendapatkan pelajaran dan tinggal menunggu pembagian raport dari sekolah. Dengan begitu akan ada minimalisir komplain orang tua bahwa pendidikan TPQ mengganggu pelajaran umum

Selesai dengan ujian semester maka pembagian raport adalah kegiatan setelah agenda ujian. Pembagian raport bisa bersifat fleksibel. Bisa dilaksanakan bersamaan saat ada pengajian rutin bapak ibu atau mengambil waktu tersendiri. Dengan adanya raport bagi santri juga meningkatkan kepercayaan orang tua bahwasanya pengelolaan TPQ dilaksanakan dengan serius dan raport tersebut akan menjadi kenangan murid di suatu masa nanti.

Agenda pertemuan dengan wali santri

Pertemuan ini menyangkut saran usul serta apapun terkait harapan kritik maupun saran dari wali murid.

Pelaksaaannya bisa berbarengan dengan pembagian raport. Adanya agenda rutin pertemuan dengan wali bisa mempererat sillaturrahmi antara wali dengan wali maupun orang tua murid tpq dengan guru dewan pengajar atau ustadz.

Agenda Bulanan untuk TPQ

Untuk agenda bulanan relatif tergantung masing-masing TPQ, akan tetapi ada beberapa hal yang bisa menjadi agenda bulanan bagi suatu lembaga, diantaranya adalah

  • evaluasi pembelajaran dengan cara dilaksanakan ulangan
  • Menggambar atau mewarnai bagi para santri
  • Permainan dan aktivitas di luar ruangan untuk penyegaran suasana pembelajaran
  • Murojaah hafalan santri baik surat pendek, doa ataupun bacaan sholat
  • Praktek ibadah semisal wudhu atau sholat
  • Pelajaran kaligrafi secara lebih mendalam
  • Pesta Kebun. Dimana santri bisa membawa makanan hasil masakan ibu atau wali untuk dinikmati bersama di lokasi TPQ

Agenda mingguan

Kalau agenda mingguan sama saja dengan kegiatan sehari hari dalam mengajar. Mestinya dalam agenda mingguan ini tidak terlepas dari KBM yaitu

  • Menyimak hafalan santri
  • Memberikan materi pelajaran
  • Privat bacaan santri
  • Sholat berjamaah di masjid

Itulah beberapa contoh agenda kegiatan yang bisa di aplikasikan pada lembaga pendidikan TPQ. Dengan agenda yang jelas serta pelaksanaan yang nyata semoga menjadikan TPA lebih bermafaat dan bisa membentuk generasi qurani yang selamat dunia dan akhirat.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*