Man Huwa Artinya Jawaban dan Cara Menjawabnya

man huwa artinya

Man huwa (مَنْ هُوَ) artinya dalam Bahasa Arab adalah siapakah dia, namun khusus untuk menanyakan seseorang pria atau laki-laki.

Adapun apabila menanyakan perempuan atau wanita maka menggunakan kalimat atau kata man iya (مَنْ هِيَ)

Sedangkan cara menjawab pertanyaan bahasa arab yang berbunyi man huwa yaitu dengan menyebutkan nama atau profesi kedudukan laki laki itu.

contoh misalnya sebagai berikut ini;

مَنْ هُوَ فِيْ الْفَصْلِ؟ هُوَ اُسْتَاذٌ
مَنْ هُوَ فِيْ الْفَصْلِ؟ هُوَ تِلْمِيْذٌ

man huwa fil fashli? huwa ustaadzun
man huwa fil fashli? huwa tilmidzun

Artinya siapakaha dia yang berada di dalam kelas? Jawabnya yaitu huwa ustadzun (artinya dia adalah bapak guru), atau dengan menjawab huwa tilmidzun (artinya dia adalah seorang murid atau siswa).

Jawaban ini bergantung dengan konteks pertanyaannya, apakah dengan gambar atau bertanya berkaitan dengan teks kalimat dalam soal.

Contoh kedua menjawabnya dengan menyebutkan nama seseorang.

مَنْ هُوَيَا عُثْمَان؟ هُوَ أحْمَدٌ
مَنْ هُوَيَا عَلِيّ؟ هُوَ مُحَمَّدُ

Man huwa ya Usman? huwa Ahmad
Man Huwa ya Ali? huwa Muhammad

Artinya;
Siapakah dia wahai Utsman? dia adalah Ahmad
Siapakah dia wahai Ali? dia adalah Muhammad

Yang perlu menjadi catatan adalah, apabila pertanyaan ini menggunakan kata huwa (هُوَ) maka jawablah dengan orang yang berjenis pria atau laki laki.

Namun apabila pertanyaannya yaitu man hiya maka menjawabnya dengan wanita atau perempuan, contohnya yaitu ustadzatun (اُسْتَاذَةٌ) yang artinya ibu guru/ustadzah. Bisa pula dengan menjawab tilmidzatun (تِلْمِيْذَةٌ) artinya siswa perempuan atau siswi.

Arti Man Huwa dalam Bahasa Arab adalah Siapakah dia (laki-laki/pria)

Tentunya cara menjawabnya dengan memperhatikan konteks keberadaan soal. apakah dia memakai gambar atau berdasarkan naskah teks.

Apabila berupa gambar, tinggal anda memilih jawabannya, semisal bergambar seorang insinyur maka jawabannya adalah muhandisun (مُهَنْدِسٌ).

Jika mengacu pada teks tentu perlu menyesuaikan pilihan untuk menjawabnya.

Dalam Bahasa Arab, kata man (مَنْ) merupakan salah satu dari adawatul istifham (أداة الاستفهام)

Apa itu adawatul istifham?

Pengertian secara umum adawatul istifham adalah kata dalam Bahasa Arab yang digunakan untuk menanyakan sesuatu baik yang berakal ataupun tidak berakal.

Dalam hal ini aksudnya yang berakal adalah manusia atau orang.

adapun kata “huwa” (هُوَ) dalam Bahasa Arab masuk dalam kategori isim dhomir goib, yaitu kata ganti orang ketiga untuk satu orang pria atau laki-laki.

Jadi dalam Bahasa Arab man huwa yang artinya adalah siapah dia memiliki maksud menanyakan seorang pria, bisa profesi pekerjaan atau namanya.

Demikian sekilas informasi, semoga bisa memudahkan dalam membantu siswa siswi madrasah dalam belajar Bahasa Arab. maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *