Juknis Imtihan Wathani Ujian Akhir PDF Pondok Pesantren 2023

Juknis Imtihan Wathani Ujian Akhir PDF Pondok Pesantren 2023
ilustrasi guru penguji

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4412 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional (Imtihan Wathani) Wustha Dan Ulya Tahun Pelajaran 1443/1444 H download unduh gratis

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh – Dalam UU No 20 tahun 2003 tentang sisdiknas, ditetapkan dalam BAB I KETENTUAN UMUM pasal 1 nomor 11 bahwa yang dimaksud dengan pendidikan formal adalah jalur pendidikan yangterstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

Baca;
Mengenal lebih dekat pendidikan diniyah formal;
Pendidikan diniyah nonformal pada Kementerian Agama;
Pendidikan Diniyah Formal dan nonforma pada Pesantren
.

Salah satu pendidikan formal pada pondok pesantren adalah Pendidikan Diniyah Formal. Sedangkan pendidikan formal dalam SK Dirjen dijabarkan Pendidikan diniyah formal adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di dalam pesantren secara terstruktur dan berjenjang pada jalur pendidikan formal.

Selanjutnya berkaitan dengan ujian akhir, Dalam rangka memberikan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional

yang mana penyelenggaraannya untuk Tingkat Wustha dan Tingkat Ulya Tahun Pelajaran 1443/1444 H, perlu adanya Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional Tingkat Wustha dan Ulya Tahun Pelajaran 1443/1444 H.

Maksud dan Tujuan Juknis

Keberadaan juknis ini memiliki maksud dan tujuan yang sama yang intinya menjadi acuan penyelenggaraan ujian akhir PDF Tingkat Wustha dan Ulya.

Dalam Juknis ini selain sebagai sebagai acuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional.

baik yang diselenggarakan untuk Tingkat Wustha dan Ulya, juga tetap dan concern memperhatikan karasteristik Pendidikan Diniyah Formal dan tradisi pesantren.

Persyaratan Peserta UAPDFBN/IW Wustha dan Ulya Tahun Pelajaran 1443/1444 H:

data EMIS Santri Pondok Pesantren
data EMIS Santri Pondok Pesantren

PDF yang berhak menyelenggarakan UAPDFBN/IW Tahun Pelajaran 1443/1444 H adalah PDF yang telah memiliki Izin Operasional maksimal tahun 2020 dan yang sebelum tahun 2020;

memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN);

terdaftar pada tahun terakhir jenjang Pendidikan Diniyah Formal Wustha atau Ulya dalam Sistem Informasi dan Manajemen/Education Management and Information System (EMIS) Pendidikan Islam ;

memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester 1 (satu) tahun pertama, sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir.

terdata pada Daftar Nominasi Tetap (DNT) yang telah terverifikasi dan validasi oleh EMIS Pendidikan Islam;

telah memiliki kartu peserta UAPDFBN/IW yang diterbitkan pada aplikasi EMIS Pendidikan Islam;

peserta wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan; dan

peserta UAPDFBN/IW yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti UAPDFBN/IW dapat mengikuti UAPDFBN/IW susulan.

Penyelenggara Imtihan Wathani

Ada 3 hal dalam penyelenggaraan imtihan wathani pada PDF Pondok Pesantren, dibawah ini adalah ketiga hal dimaksud.

Pertama, Imtihan Wathani diselenggarakan oleh PDF dan dikoordinasikan oleh Kanwil Kemenag melalui Kankemenag Kab./Kota sesuai dengan kewenangannya.

Kedua, Pendidikan Diniyah Formal membentuk Panitia Imtihan Wathani yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala PDF.

Ketiga, Dengan segala kewajibannya Panitia Imtihan Wathani mengelola penyelenggaraan Imtihan Wathani.

Download Juknis Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal

Berikut adalah review yang dapat and baca tanpa harus download file PDF yang kami unggah. Anda tinggal scroll atas bawah untuk mencermati aturan dan ketentuan pada juknis ini.

Berikut tampilannya.

Jika hendak mengunduhnya maka dapat mengikuti tautan atau link dibawah ini.

Download Juknis Imtihan Wathani 2023

Unduh juknis Ujian Akhir PDF 2019

Demikian Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional Tingkat Wustha dan Ulya ini diunggah.

Tujuannya agar dapat dibaca dan dipelajari pengelola pesantren yang mempunyai PDF sebagai acuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional yang diselenggarakan untuk Tingkat Wustha dan Ulya Tahun Pelajaran 1443/1444 H.

Dengan memperhatikan karasteristik Pendidikan Diniyah Formal dan tradisi pesantren, untuk dapat dipergunakan oleh pemangku kepentingan dalam menyelenggarakan dan melaksanakan Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional untuk Tingkat Wustha dan Ulya Tahun Pelajaran 1443/1444 H

Sugeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru.Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu.contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

3 Comments on “Juknis Imtihan Wathani Ujian Akhir PDF Pondok Pesantren 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*