Kineban Lawang Tobat Tegese Kalebu Jenise, Tuladha Ukara

Kineban Lawang Tobat Tegese Kalebu Jenise, Tuladha Ukara
tegese tembung paribasan kineban lawang tobat

Kineban lawang tobat tegese yaiku Wis ora bisa oleh pangapura saka Gusti Allah. Artinya tertutup pintu taubat adalah sudah tidak bisa mendapatkan ampunan dari Tuhan. Kalebu jenise tembung paribasan Basa Jawa, menawa tuladha ukara contoh kalimat ada dalam artikel bagian bawah ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam paribasan Basa Jawa paribasane wong sing wis ora bisa oleh pangapura saka gusti Allah yaiku paribasane kineban lawang tobat.

Jika melihat makna dan terjemah dalam tembung paribasan berbahasa Jawa ini, merupakan sebuah peribahasa tiada ampunan lagi, tidak ada maaf bagimu karena sudah melakukan kesalahan.

Yaitu hubungan antara ampunan dari Sang Pencipta kepada makhluk-Nya.

Namun begitu, adalakanya orang-orang memakai juga untuk istilah perbuatan seseorang dalam kehidupan sehari-hari yang maksudnya sudah tidak ada dispensasi ataupun keringanan hukuman.

Misalnya anak sekolah yang sering berulah dengan tidak masuk, memukul gurunya, menghina pendidik dan lain sebagainya. Karena perbuatannya yang sudah melewati batas ini membuat si anak sudah tiada maaf lagi dan akibatnya dikeluarkan dari sekolah.

Meskipun orang tuanya memohon dan sang anak berjanji tidak melakukannya lagi, tetap saja dia dikeluarkan dari sekolahan.

Jadi ibaratnya sudah tiada ampun lagi dan cocok juga dengan paribasan basa Jawa ini.

Tembung Paribasan Kineban Lawang Tobat tegese, tuladha ukara contoh kalimat

Dalam bahasa Jawa, kineban tegese yaiku ora bisa olèh lawang marga wis diineb. Artinya adalah tertutup, maknanya yaitu tidak bisa mendapatkan pintu (untuk masuk) karena sudah ditutup.

Lawang tegese yaiku butulaning omah (senthong lsp.) sing dianggo mlebu-metu artinya yaitu penyekat rumah (kamar dan lain sebagainya) yang dipergunakan untuk keluar masuk.

Tobat tegese yaiku (tobat marang Allah) duwé niyat tetep nedya sumungkem marang Allah manèh; keduwung ing dosané; wis kapok ora nedya nglakoni piala manèh;

Artinya adalah memiliki niat tetap mengikuti kekentuan Allah lagi, sudah kapok tidak melakukan perbuatan buruk kembali.

Tegesipun sampun mboten angsal pangapunten saking Gusti.

Jadi dalam hal ini orang yang berbuat salah yang tidak mendapatkan pintu taubat, singkatnya begitulah artinya dalam Bahasa Indonesia.

Tuladha ukara contoh kalimat ada dalam syair lagu yang teks tulisannya adalah sebagai berikut ini.

Ing saiki aku iki Wis kineban lawang tobat Mulane ing saiki Aku kari sambat-sambat Anakku lan putuku Aja lali karo aku.

Artinya; pada saat sekarang saya ini sudah tertutup pintu maaf. Makanya sekarang saya tinggal mengeluh, anak dan cucuku jangan lupa denganku.

Demikianlah tembung paribasan kang ateges Wis ora bisa oleh pangapura saka Gusti Allah lengkap dengan artinya, terjemahan dari Basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia dan contoh kalimat (tuladha ukara). Maturnuwun sudah mampir, semoga barakah fid dunya wal Akhirat. Aamiin. Wassalaamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*