Idza Tammal Amru Bada a Naqshuhu Arab dan Artinya

idza tammal amru bada a naqshuhu
mahfudzot tulisan arab idza tamma amrun bada a naqshuhu
Share

Informasi tentang mahfudzot yang mengatakan bahwa akan tampak atau muncul sesuatu kekurangan itu apabila sesuatu telah selesai atau di rampungkan yang bunyinya yaitu idzaa tammal amru bada-a naqsuhu.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, zaman dulu sewaktu saya sekolah, saya belum pernah mendengar tentang mahfudzot ini.

Baru baru saja saya mengetahuinya dan kemudian browsing kesana kemari untuk mencari mahfudzot kosakata kata mutiara bijak dalam bahasa arab berkenaan dengan ketidak sempurnaan sesuatu.

Baiklah langsung saja mari kita mencari teks tulisannya dalam bahasa Arab, monggo sampean simak.

Tulisan Arab idza tammal amru bada a naqshuhu

Kami membuat tulisan ini supaya bisa di copy paste alias copas.

Yang pertama dalam versi arab gundul atau tulisan huruf jawi tanpa harakat maupun syakalnya.

Ini dia tulisannya;

Selanjutnya, dalam versi berharakat lengkap dengan syakalnya untuk memudahkan dalam membaca huruf hijaiyah, ini dia in arabic text.

Jadi kalau anda baca tulisannya, mestinya tulisan arab dalam teks indonesia yang benar adalah idzaa tamma amrun, bukan amru.

Artinya idza tamma amrun bada a naqshuhu

Idza Tammal Amru. Selanjutnya adalah mengartikan mahfudzot tentang kesempurnaan sesuatu ini dalam Bahasa Indonesia masing-masing mufrodat atau kosakata dalam petuah.

Sebelum menerjemahkan satu persatu kosakatanya, arti إذا تمّ أمر بدأ نقصهsecara global adalah apabila telah selesai atau sempurna suatu urusan maka akan tampaklah kekurangannya.

Dalam versi lain menyebutkan mahfudat yang berbunyi;

Idzaa tamma syai an bada’a naqshuhu yang artinya jika selesai sesuatu, nampaklah kekurangannya.

Arti mufrodat perkata

Bahasa ArabTeks ArabArtinya Indonesia
IdzaaإذاJika/apabila
TammaتمّSelesai/rampung
AmrunأمرUrusan
Bada-aبدأmulai (tampak)
NaqshuhuنقصهKekurangannya

Sekilas penjelasan, bahwasanya meski suatu hal itu sudah di rancang di rencanakan dengan baik, namun apabila sudah selesai pengerjaannya atau pelaksanaannya akan tampak pula kekurangan yang ada.

Karena sesuatu kekurangan itu bisa saja diluar dugaan maupun karena keterbatasan manusia dalam merencanakan sesuatu hal atau apapun itu.

Sebagaimana mahfudzot ini yaitu kekurangan, kesalahan dan yang semisalnya baru akan tampak apabila uruan tersebut rampung, kemudian di sinilah fungsi evaluasi sebagai perbaikan untuk masa yang akan datang.

Akhirnya wilujeng enjang, selamat pagi dan wassalaamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.